Pengertian lengkap Tungsten Diselenida

TUNGSTEN DISELENIDA ialah suatu senyawa anorganik dengan rumus WSe2. Senyawa ini mengadopsi struktur kristal heksagonal yang mirip dengan molibdenum disulfida. Setiap atom tungsten berikatan secara kovalen dengan enam ligan selenium dalam lingkaran koordinasi trigonal prismatik sambil setiap selenium terikat dengan tiga atom tungsten dalam geometri piramida.
Ikatan tungsten – selenium memiliki jarak ikatan 2,526 Å dan jarak antara atom-atom selenium adalah  3,34 Å. Lapisan tumpukan bersama melalui interaksi gaya van der Waals. WSe2 adalah semikonduktor sangat stabil dalam dikhalkogenida logam transisi Golongan-VI.
Adapun sifat-sifat senyawa tungsten selenida ini adalah:
  • Rumus molekul: WSe2
  • Berat molekul: 341,76 gr/mol
  • Penampilan: Abu-abu
  • Densitas: 9,32 gr/mL
  • Bahaya utama: MSDS eksternal
SINTESIS
Pemanasan film tipis tungsten di bawah tekanan dari gas selenium dan suhu tinggi (>800 K) menggunakan teknik sputter deposition yang menyebabkan kristalisasi film dalam struktur heksagonal dengan rasio stoikiometri yang tepat.
W + 2 Se → WSe2
KEGUNAAN
Dikhalkogenida logam transisi adalah semikonduktor yang mempunyai aplikasi praktis seperti perangkat foto-konversi pada sel-sel surya. WSe2 memiliki celah-pita sekitara 1,35 eV dengan ketergantungan suhu dari -4,6 E-4 eV/K. Foto-elektroda WSe2 stabil baik dalam kondisi asam maupun basa, yang membuatnya berguna dalam sel surya elektrokimia. Lapisan tunggal Wse2 yang terkelupas secara mekanis dapat digunakan untuk membuat perangkat fotovaotaik tembus pandang dan LED ultra-tipis.

artikel ini disalin lengkap dari: https://wawasanilmukimia.wordpress.com/2014/05/16/tungsten-diselenida-bahan-semikonduktor-yang-stabil/
halaman utama website: https://wawasanilmukimia.wordpress.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog