Perbedaan Sperma dan Air Mani

Meskipun kadang-kadang kesalahan penggunaan istilah saling dipertukarkan, kata-kata sperma dan air mani jelas merujuk objek berbeda, namun terkait. Perbedaan utama antara sperma dan air mani adalah bahwa sperma adalah sel-sel seks yang sebenarnya, sedangkan air mani adalah cairan dimana sperma berada.
Kedua hal ini diperlukan untuk kesuksesan reproduksi manusia.
Sperma adalah sel reproduksi laki-laki, yang bergabung dengan mitra perempuan mereka, telur, untuk memicu proses pembuahan yang pada akhirnya bertanggung jawab untuk reproduksi. Sel sperma manusia adalah haploid, yang berarti mengandung setengah kromosom sel yang khas. Hal ini memungkinkan kombinasi dari sperma dan telur, juga haploid, untuk memenuhi 46 kromosom khas sel diploid.
Dihasilkan dalam testis, sperma mengambil bulan untuk sepenuhnya matang. Mereka terdiri dari tiga wilayah utama, yang terdiri dari kepala, midpiece, dan ekor. Kepala mengandung materi genetis dan juga dirancang dengan cara yang memungkinkan untuk menembus sel telur wanita, sedangkan midpiece adalah rumah bagi organel yang memungkinkan produksi energi dalam sperma. Ekor terutama fungsional sebagai sarana untuk bergerak, karakteristik yang penting untuk navigasi air mani yang relatif kental.
Perbedaan Antara Sperma dan Air Mani
Perbedaan Antara Sperma dan Air Mani
Ada beberapa spesies yang memanfaatkan sperma nonmotile dalam reproduksi, dan organisme tersebut kemungkinan tidak memerlukan mobilisasi sperma. Tidak seperti sperma, air mani diproduksi di luar testis oleh vesikula seminalis yang terletak di daerah pinggul manusia. Sperma dan air mani menggabungkan kemudian menjadi soal reproduksi.
Komposisi air mani cenderung bervariasi berdasarkan sumber, dan faktor biologis dan gaya hidup orang itu dapat berkontribusi pada perbedaan cairan mani antara laki-laki manusia. Biasanya berbicara, komponen yang paling umum dari air mani adalah campuran asam amino, enzim, dan fruktosa dikombinasikan dengan phosphorylcholine, protein, dan vitamin C, di antara bahan lain. Campuran ini umumnya bertanggung jawab untuk 65% sampai 75% volume mani.
25% lainnya sampai 35% dari air mani terdiri dari tiga kategori yang berbeda dari komponen. Kategori pertama, bertanggung jawab atas 2% sampai 5% dari air mani adalah kumpulan sel-sel sperma. Sekitar 25% terdiri dari campuran asam termasuk seng, asam sitrat, dan asam fosfatase. Terakhir, kurang dari 1% dari air mani dibuat oleh kelenjar Cowper, yang menambah galaktosa dan lendir dan berfungsi untuk meningkatkan mobilitas. Semua komponen sperma dan air mani yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang tepat untuk reproduksi sukses.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/apa-perbedaan-antara-sperma-dan-air-mani.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog