Pengertian Lengkap Ikatan Kovalen

Pengertian ikatan kovalen. Ikatan kovalen yaitu ikatan yang terbentuk ketika elektron dibagi diantara atom-atom. Artinya masing-masing atom tidak ada yang benar-benar memiliki elektron tersebut (seperti yang terjadi pada atom yang membentuk ikatan ion). Ikatan kovalen tunggal terjadi ketika dua elektron dibagi (satu dari setiap atom). Ikatan kovalen ganda terbentuk ketika empat elektron dibagikan sedangkan ikatan kovalen tripel terjadi ketika enam elektron dibagikan.
Pengertian Ikatan Kovalen

Apabila kedudukan atom yang berbagi elektron sifatnya sama, seperti pada molekul gas oksigen (dua atom oksigen menbentuk O2), elektron dibagi secara merata dan ikatan yang terjadi adalah ikatan kovalen nonpolar.
Apabila atom-atomnya berbeda, seperti pada molekul air (H2O), inti yang lebih besar dari atom oksigen mengeluarkan daya tarik yang lebih besar pada elektron yang dibagikan daripada satu proton yang membentuk inti hidrogen. Dalam hal ini, ikatan kovalen polar terbentuk karena adanya penyebaran elektron yang tidak sama, membentuk daerah-daerah didalam molekul yang mempunyai muatan positif maupun negatif (atau kutub).
ikatan kovalen polar
ikatan kovalen polar

Jenis Ikatan Kovalen

Ikatan Kovalen Tunggal

Ikatan kovalen tunggal adalah ikatan kovalen yang melibatkan penggunaan 1 pasangan elektron (2 elektron) oleh dua atom yang saling berikatan. Dengan kata lain, hanya terdapat 1 pasangan elektron ikatan. Penggunaan pasangan elektron dalam ikatan kovalen dapat digambarkan dengan struktur Lewis. Struktur Lewis menggambarkan jenis atom-atom dalam molekul dan caranya atom-atom tersebut terikat satu sama lain. contoh : Ikatan yang terjadi pada HF.
Contoh Soal :
1. Tuliskan pembentukan ikatan yang terjadi pada zat-zat berikut.
a. Antara atom 1H dan 6C pada senyawa CH4
Solusi 1a.
Konfigurasi elektron 1H: 1 sehingga elektron valensinya = 1. Untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil (sesuai kaidah duplet), diperlukan 1 elektron. 6C: 2,4 sehingga elektron valensinya =4. Untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil (sesuai kaidah oktet), diperlukan 4 elektron. Maka struktur lewis pembentukan CH4:
ch4

Ikatan Kovalen Rangkap

Ikatan kovalen rangkap adalah ikatan kovalen yang melibatkan penggunaan bersama 2 pasangan elektron (4 elektron) oleh dua atom yang saling berikatan. Dengan kata lain, terdapat dua pasangan elektron ikatan.
Contoh : Pembentukan ikatan pada molekul O2
o2
Contoh Soal:
1. Tuliskan pembentukan ikatan yang terjadi pada molekul CO2.
solusi :
6C: 2,4 sehingga elektron valensinya =4. Untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil (sesuai kaidah oktet), diperlukan 4 elektron. 8O: 2, 6; sehingga elektron valensinya= 6. Untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil (sesuai kaidah oktet), diperlukan 2 elektron. Maka struktur lewis pembentukan CO2 dapat juga digambarkan sebagai berikut:
co2

Ikatan Kovalen Rangkap Tiga

Ikatan kovalen rangkap tiga terbentuk jika terjadi penggunaan bersama 3 pasangan elektron (6 elektron) oleh dua atom yang berikatan. Dengan kata lain, terdapat tiga pasangan elektron ikatan.
contoh : Pembentukan ikatan yang terjadi pada molekul N2

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/pengertian-ikatan-kovalen.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog