Pengertian Solstice (Titik balik Matahari)

Dalam bidang penelitian geografis, istilah ‘solstice’ mengacu pada salah satu dari dua kali dalam tahun tertentu dimana matahari berada paling jauh dari langit Khatulistiwa. Sementara definisi ini adalah benar, ada lebih banyak pengetahuan tentang hal itu. Apakah Anda, misalnya, tahu bahwa titik balik matahari bulan Desember, yang menandai awal musim dingin di belahan bumi utara, dan sebenarnya juga menandai awal musim panas di belahan bumi selatan? Tidak banyak orang yang menyadari fakta tentang fenomena ini, dan itu telah menghasilkan mitos luas tentang hal itu.
Solstice Juni - Desember
Solstice Juni – Desember

Penjelasan Solstice
Faktor pendorong ketika datang ke Solstice adalah revolusi bumi mengelilingi matahari dan rotasi bumi sepanjang sumbu, yang dimiringkan pada 23,5 o. Menariknya, ini juga merupakan faktor pendorong ketika datang ke musim yang berbeda di planet ini. Sebagai hasil dari revolusi dan rotasi Bumi, Matahari tepat di atas kepala di tropis Cancer dan tropis Capricorn.
Perjalanan Matahari ini dapat ditelusuri dari khatulistiwa ke tropis Cancer pada 23,5 ° Lintang Utara, kembali ke Khatulistiwa, dan kemudian ke selatan ke tropis Capricorn di 23,5 ° Selatan sepanjang tahun. Ketika mencapai yang paling utara atau selatan , Matahari tampak diam untuk beberapa waktu, sebelum dilanjutkan perjalanannya. Periode ketika matahari masih di atas kepala kanan tropis Cancer atau tropis Capricorn, dikenal sebagai titik balik matahari.
Bahkan, istilah titik balik matahari berasal dari gabungan dua kata Latin yang berarti sol Matahari dan sistere berarti diam. Demikian pula, ketika matahari berada tepat di Khatulistiwa, ini disebut sebagai equinox. Sebagai hasil dari sumbu miring bumi, daerah dekat kutub selatan berada dalam kegelapan selama 24 jam ketika matahari berada di utara. Demikian pula, ketika matahari berada di selatan , daerah dekat kutub utara berada dalam keadaan gelap selama 24 jam.
Nama lain untuk Solstice
Meskipun solstice dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai belahan dunia, penamaan yang berdasarkan bulan dan belahan bumi telah mendapat penerimaan di seluruh dunia. Pada dasarnya, fenomena astronomi ini terjadi dua kali setahun-sekali pada bulan Juni, karena yang disebut titik balik matahari Juni, dan kemudian pada bulan Desember, sehingga solstice Desember. Sementara nama-nama ini diberikan atas dasar bulan di mana fenomena tersebut terjadi, dapat juga bernama atas dasar belahan di mana Matahari. Ketika matahari berada di utara, ini disebut sebagai titik balik matahari di utara, dan saat berada di selatan ini disebut sebagai titik balik matahari selatan.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/apa-itu-titik-balik-matahari-solstice.html#comment-372088
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog