Pengertian Lengkap Air Mani

Semen, atau cairan mani, adalah cairan alami yang dihasilkan oleh sistem reproduksi laki-laki. Ini termasuk sekresi dari organ seperti testis, kelenjar prostat, dan vesikula seminalis. Cairan mani, yang sangat terkonsentrasi dengan protein dan gula, dapat ditemukan dalam keadaan seperti jelly atau cair.
Fungsi utama dari cairan ini adalah untuk mengangkut sperma dengan sistem reproduksi wanita. Hal ini juga mengandung nutrisi yang berkontribusi terhadap sperma yang sehat.

Adalah umum bagi individu untuk percaya bahwa sperma dan air mani adalah sama. Sebenarnya, air mani adalah cairan yang melewati uretra dan transportasi sperma, yaitu sel-sel reproduksi laki-laki. Tujuan utama cairan mani adalah untuk membantu sel-sel reproduksi laki-laki, atau sperma, untuk berhasil menavigasi jalan melalui sistem reproduksi wanita untuk membuahi sel telur wanita.
Cairan umumnya digambarkan sebagai putih. Hal ini juga mungkin memiliki semburat abu-abu atau kuning dan masih dianggap normal. Jika muncul merah muda atau merah, yang biasanya merupakan indikasi bahwa cairan tercemar dengan darah.
Selain sperma, yang berkembang di testis, ada organ lain yang berkontribusi terhadap sekresi komposisi semen. Salah satu contoh adalah vesikula seminalis, yang merupakan sepasang struktur kecil yang terletak di belakang kandung kemih. Kelenjar ini menghasilkan sekresi yang dapat menjelaskan lebih dari setengah dari makeup semen itu. Sekresi ini sangat sarat dengan gula fruktosa, yang mendorong sel sperma yang sehat. Sekresi ini juga merupakan komponen yang diperlukan untuk memberikan sperma konsistensi seperti jelly.
semen
Bagian lain besar air mani terdiri dari sekresi dari kelenjar prostat. Ini membantu untuk membuat cairan mani yang efektif dalam melindungi sel sperma terhadap kondisi asam dari sistem reproduksi wanita. Salah satu bahan kimia dicatat bahwa kelenjar prostat memberikan kontribusi untuk cairan mani adalah enzim yang dikenal sebagai antigen prostat spesifik (PSA).
Setelah seorang pria berejakulasi, air mani dikonversi ke keadaan seperti jelly. Hal ini diyakini bahwa terjadi karena konsistensi seperti hal ini memungkinkan untuk lebih efektif mengikuti rahim wanita. Namun, Cairan tidak tetap pada keadaan ini. Ini akhirnya akan kembali ke keadaan cair. PSA dipercaya untuk menyebabkan tindakan mencair ini. Jumlah waktu yang akan dilalui sebelum terjadi dapat bervariasi dari beberapa menit sampai lebih dari setengah jam.
Kelenjar Cowper adalah kontributor lain untuk pembuatan air mani. Sekresi dari kelenjar ini ditemukan dalam bentuk pelumas alami bening. Kadang-kadang pelumas ini dapat dilepaskan dari penis sebelum ejakulasi terjadi.
Jumlah cairan mani yang dilepaskan seorang pria dapat dipengaruhi oleh frekuensi ejakulasinya. Jika seorang pria sering berejakulasi atau baru telah melakukannya, ia dapat menghasilkan jumlah cairan mani di bawah rata-rata. Sebaliknya, jika ia telah pergi untuk jangka lama tanpa ejakulasi, ia mungkin menghasilkan jumlah cairan di atas rata-rata.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/pengertian-semen-air-mani.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog