Pengertian Lengkap Dendrit Beserta Fungsinya

Dendrit adalah segmen neuron yang menerima stimulasi agar sel menjadi aktif. Mereka menjalankan pesan listrik ke sel tubuh neuron bagi sel untuk berfungsi. Pelajaran ini membahas dendrit, fungsi mereka, dan pentingnya mereka dalam aktivitas neuron.

Pengantar Dendrit

Fungsi Dendrit
Fungsi Dendrit

Sistem saraf berfungsi sebagai pengelola tubuh, karena mengontrol fungsi setiap sistem lainnya. Ini berkomunikasi dengan sistem tubuh dalam upaya untuk mengkoordinasikan kinerja dan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dari waktu ke waktu.
Sistem saraf menggunakan sel-sel khusus, yang disebut neuron, untuk menghasilkan listrik dan mengirim pesan (yang disebut potensial aksi) untuk mengontrol fungsi-fungsi. Neuron memiliki beberapa struktur kunci yang diperlukan untuk fungsi mereka, dan salah satu struktur yang paling penting dalam sel adalah dendrit.

Fungsi Dendrit

Agar neuron menjadi aktif, mereka harus menerima potensial aksi atau rangsangan lain. Dendrit adalah struktur pada neuron yang menerima pesan listrik. Pesan-pesan ini datang dalam dua bentuk dasar: rangsang dan penghambatan.
Potensial aksi rangsang meningkatkan stimulasi neuron, sedangkan potensial aksi penghambatan menurunkan aktivitas neuron. Sinyal-sinyal ini akan terakumulasi dalam sel tubuh, atau soma dari neuron setelah diterima oleh dendrit. Setelah potensial aksi diterima oleh dendrit, mereka akan dikirim ke bagian soma dikenal sebagai bukit akson (wilayah leher sel tubuh). Setelah sel menerima cukup potensial aksi rangsang, itu akan menjadi aktif dan menghasilkan potensial aksi sendiri.

Neurotransmitter

Dalam sistem saraf, komunikasi sel-sel memerlukan penggunaan messenger kimia yang disebut neurotransmitter. Para pengrim pesan ini dirancang untuk mengikat dendrit dari neuron untuk merangsang pembentukan tindakan potensial. Neurotransmitter, bagaimanapun, harus menggunakan reseptor (struktur pengenalan) pada dendrit untuk berkomunikasi. Hal ini penting dalam dendrit, dan jenis reseptor yang dikandungnya, akan menentukan neurotransmiter dapat merangsang setiap neuron.

Ringkasan

Neuron adalah sel sistem saraf yang digunakan untuk mengkoordinasikan fungsi dalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan menghasilkan potensial aksi, atau pesan listrik. Pembangkitan pesan listrik akan tergantung pada jumlah potensial aksi yang diterima oleh dendrit. Dendrit menerima potensial aksi dan mengirimnya ke sel tubuh, dan memiliki reseptor yang mengikat neurotransmitter untuk mengontrol proses ini.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/pengertian-dan-fungsi-dendrit.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog