Pengertian Lengkap Tekanan Atmosfer

Keberadaan tempat merupakan salah satu faktor yang menentukan terhadap tekanan atmosfer yang ada di tempat tersebut.


Tekanan atmosfer adalah tekanan pada titik manapun di atmosfer bumi. Umumnya, tekanan atmosfer hampir sama dengan tekanan hidrostatik yang disebabkan oleh berat udara di atas titik pengukuran. Massa udara dipengaruhi tekanan atmosfer umum di dalam massa tersebut, yang menciptakan daerah dengan tekanan tinggi (antisiklon) dan tekanan rendah (depresi). Daerah bertekanan rendah memiliki massa atmosfer yang lebih sedikit di atas lokasinya, di mana sebaliknya, daerah bertekanan tinggi memiliki massa atmosfer lebih besar di atas lokasinya.
Meningkatnya ketinggian menyebabkan berkurangnya jumlah molekul udara secara eksponensial. Karenanya, tekanan atmosfer menurun seiring meningkatnya ketinggian dengan laju yang menurun pula. Berikut adalah rumus pendekatan untuk tekanan atmosfer:
log10 P » 5 – h/15500
di mana P adalah tekanan dalam pascal dan h adalah ketinggian dalam meter. Persamaan ini menunjukkan bahwa tekanan pada ketinggian 31 km adalah sekitar 10(5-2) Pa = 1000 Pa, atau 1% dari tekanan pada permukaan laut. Secara kasar, untuk beberapa kilometer di atas permukaan laut, tekanan berkurang 100 hPa per kilomet
Tekanan atmosfir merupakan tekanan yang diakibatkan oleh adanya gaya gravitasi bumi. Besarnya tekanan atmosfir dipermukaan bumi berbeda-beda tergantung dari ketinggian tempat tersebut dipermukaan bumi. Semakin dekat posisi tempat tersebut dengan permukaan bumi, maka akan semakin besar tekanannya.

Berapa besarnya tekanan atmosfir di tempat kita?

Sebelumnya, sebagai orang awam, kita hanya menduga-duga tekanan disuatu tempat. Misalnya ketika kita berada di puncak gunung, kita meyakini bahwa tekanan di tempat itu rendah karena tempatnya cukup tinggi. Berkat jasa ilmuan saat ini kita bisa memperkirakan besarnya tekanan atmosfir dimanapun dipermukaan bumi. Syaratnya, kita harus mengetahui posisi ketinggian tempat tersebut dari permukaan air laut. Berdasarkan hand book ASHRAE, persamaan untuk menentukan tekanan atmosfir yaitu:
P = 101,325 ((1 – (2,25577 x Z))5,2559
Dari persamaan tersebut dapat kita ketahui bahwa tekanan di permukaan air laut adalah 101,325 kPa, karena nilai Z = 0.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/pengertian-tekanan-atmosfer.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog