Metabolisme Hati

Metabolisme hati adalah serangkaian reaksi kimia yang terjadi dalam hati organisme. Ini adalah bagian dari biokimia dari semua spesies vertebrata, termasuk manusia, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka.



Hati adalah tempat banyak proses metabolisme penting, termasuk sintesis protein, detoksifikasi, dan produksi bahan kimia pencernaan. Metabolisme hati adalah sumber dari banyak zat penting untuk kesehatan lanjutan dan kelangsungan hidup.
Hati adalah penting untuk metabolisme karbohidrat. Sebuah proses yang disebut glikogenesis memetabolisme gula glukosa umum dan mengubahnya menjadi glikogen, yang disimpan sebagai cadangan energi kompak. Ketika energi yang dibutuhkan secara cepat karena meningkatnya aktivitas fisik atau gula darah rendah, hati mengubah glikogen menjadi glukosa kembali dalam proses yang disebut glikogenolisis. Yang lain jalur metabolisme, glukoneogenesis, memungkinkan hati untuk mensintesis glukosa dari zat lain seperti asam laktat dan asam amino glukogenik seperti glisin dan alanin.
Metabolisme hati juga penting untuk pengolahan tubuh lemak dan lipid lainnya. Proses metabolisme di hati mengubah kelebihan karbohidrat dan protein menjadi zat kimia yang disebut trigliserida, bentuk utama di mana hewan menyimpan lemak. Ketika tubuh membutuhkan energi, hati memecah trigliserida menjadi asam lemak bebas yang dilepaskan ke dalam aliran darah, di mana mereka dapat diambil dan digunakan sebagai sumber energi oleh jaringan lain.
Hati mensintesis kolesterol untuk melengkapi kolesterol makanan dan menghasilkan lipoprotein yang mengangkut kolesterol melalui aliran darah. Hal ini juga memetabolisme kolesterol untuk memproduksi asam empedu, yang digunakan untuk mencerna lemak dalam saluran usus dan menghapus produk sampingan metabolisme dari hati. Kolesterol sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan membran sel sehat.
Metabolisme hati juga memproduksi beberapa asam amino dan protein. Hal ini sangat penting sebagai sumber utama tubuh protein plasma darah seperti serum albumin, fibronektin plasma larut, dan beberapa jenis globulin. Hati juga memproduksi sebagian besar enzim yang terlibat dalam kaskade koagulasi, proses yang menyebabkan penggumpalan darah untuk menghentikan pendarahan, serta protein inhibitor. Banyak protein pembawa juga diproduksi oleh hati, termasuk ceruloplasmin, transcortin, dan haptoglobin.
Metabolisme hati sangat penting untuk melindungi tubuh dari zat-zat dari luar tubuh, yang disebut xenobiotik. Hati adalah lokasi yang paling penting bagi jalur metabolik yang menetralkan dan menghilangkan bahan kimia asing untuk biokimia sehat suatu organisme, seperti racun. Posisi hati itu di garis depan setiap kali bahan berbahaya yang tertelan membuatnya rentan terhadap kerusakan jika berulang terbebani, itulah sebabnya sirosis hati adalah efek umum dari alkoholisme.
Kebanyakan metabolisme obat juga terjadi di hati. Obat ditelan oleh pasien harus melalui hati sebelum mencapai aliran darah. Dalam beberapa kasus, metabolisme obat hati pada pasien dapat mencegah jumlah yang cukup obat memasuki aliran darah, fenomena yang disebut efek first-pass. Beberapa obat yang diberikan dengan cara lain, seperti inhalasi atau injeksi, untuk menghindari efek ini.
Banyak jalur metabolik yang merupakan bagian dari metabolisme hati tidak eksklusif untuk itu dan juga dilakukan di tempat lain di tubuh. Namun, sel-sel hati, yang disebut fagosit, yang khusus untuk fungsi ini. Hati adalah dengan demikian lokasi yang paling penting untuk proses ini, dan hilangnya total fungsi hati akan membunuh organisme.
fruktosa-glikogen
Credit: NuFS, San Jose State University
Banyak masalah kesehatan dapat terjadi jika metabolisme hati normal terganggu. Karena pentingnya hati untuk produksi protein darah, orang dengan kerusakan hati dapat menderita dari peningkatan perdarahan dan memar, sesak napas karena tingkat berkurang oksigen dalam darah, dan gagal ginjal yang berpotensi mematikan yang disebabkan oleh kekurangan darah ke ginjal. Gangguan kemampuan tubuh untuk proses dan mengeluarkan bahan kimia dapat memungkinkan zat berbahaya, seperti amonia, bilirubin, dan berbagai logam, untuk membangun ke tingkat beracun, menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit kuning dan ensefalopati.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/fungsi-metabolisme-hati.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog