Struktur dan peran Paru-Paru Manusia

Paru-paru adalah organ pernapasan terdapat di semua hewan yang menghirup udara. Pada manusia sepasang paru-paru yang terletak di daerah dada di kedua sisi jantung. Paru-paru membantu tubuh manusia untuk mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Paru-paru manusia dipenuhi dengan sekitar 90% udara dan jaringan 10%.
Pada manusia mereka dibagi menjadi lobus. Paru-paru manusia kanan memiliki tiga lobus dan lobus atas dan tengah paru-paru kanan dipisahkan oleh fisura transversus. Bagian lobus tengah dan bawah paru-paru kanan dipisahkan oleh fisura oblikus.
Paru-paru manusia kiri hanya dua lobus, lobus kanan dan lobus kiri dan lobus ini dipisahkan oleh celah yang disebut fisura oblikus.

Paru-paru kiri pada manusia yang sedikit lebih kecil dari paru-paru kanan. Ruang yang terdapat antara paru-paru kanan dan kiri manusia dikenal sebagai mediastinum. Paru-paru adalah organ berbentuk kerucut dengan puncak dan dasar. Puncak paru bulat dan dasar lebih luas dari puncak dan memiliki bentuk cekung. Paru-paru adalah struktur berpori dengan tekstur kenyal dan sangat elastis secara alami. Permukaan paru halus dan tampak mengkilat.
Udara yang dihirup melalui hidung melewati trakea dan masuk ke dalam bronkus. Bronkus adalah dua tabung yang membawa udara ke paru-paru. Lanjut bronkus dipecah menjadi cabang-cabang yang lebih kecil disebut bronkiolus.
Bronkiolus lanjut membagi lagi dalam struktur kecil untuk membentuk bronkiolus pernapasan yang akan mengarah pada saluran alveolar. Ini akhirnya mengarah pada kantung udara kecil disebut alveoli unit struktur paru-paru. Alveoli adalah unit fungsional dasar paru-paru dan dilapisi dengan sel epitel skuamosa sederhana. Alveoli mencakup wilayah sekitar 60-70m.
Alveoli adalah struktur mikroskopis dari paru-paru atau unit di mana oksigen ditukar dengan karbon dioksida dari aliran darah. Paru-paru dijaga oleh sistem bantalan fluida yang dikenal sebagai pleura yang juga memisahkan paru-paru dari rongga dada.
Diafragma adalah otot yang ditemukan di bawah paru-paru. Selama inspirasi (pernapasan di udara) kontraksi diafragma yang memungkinkan rongga dada untuk memperluas paru-paru yang akan diisi dengan udara. Otot antara tulang rusuk dikenal sebagai otot interkostalis. Mereka bekerja di bersama dengan diafragma untuk melebarkan tulang rusuk dari rongga dada sehingga paru-paru diisi dengan udara.
Otot perut juga membantu dengan fungsi paru-paru. Ketika seseorang bernafas akibat aktivitas fisik otot menekan perut terhadap diafragma untuk meningkatkan kecepatan pernafasan. Paru-paru juga tergantung pada otot-otot yang ada di wilayah leher dan tulang selangka.
Berikut ini adalah diagram untuk struktur paru-paru.
Struktur dan fungsi paru-paru
Struktur dan fungsi paru-paru
Fungsi utama dari paru-paru Anda untuk mengangkut oksigen dari udara yang Anda hirup ke dalam aliran darah Anda saat mengambil kelar karbon dioksida, yang dilepaskan ke udara saat Anda mengeluarkan napas.
  1. Kebanyakan hewan vertebrata (hewan dengan tulang belakang) memiliki dua paru-paru.
  2. paru-paru kiri dan kanan Anda tidak persis sama. Paru-paru di sisi kiri tubuh Anda terbagi menjadi dua lobus sedangkan paru-paru di sisi kanan dibagi menjadi tiga. Paru-paru kiri juga sedikit lebih kecil, sehingga membagi ruang jantung Anda.
  3. Dapatkah Anda hidup tanpa satu paru-paru? Ya Anda bisa, membatasi kemampuan fisik Anda tetapi tidak menghentikan Anda dari hidup relatif normal. Banyak orang di seluruh dunia hidup dengan hanya satu paru-paru.
  4. Orang-orang yang memiliki kapasitas paru-paru yang besar dapat mengirim oksigen ke seluruh tubuh mereka lebih cepat. Anda dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda dengan olahraga teratur.
  5. Saat beristirahat, orang dewasa rata-rata bernafas sekitar 12 sampai 20 kali per menit.
  6. Rata-rata orang bernafas dalam sekitar 11.000 liter udara setiap hari.
  7. Studi tentang penyakit paru-paru yang dikenal sebagai pulmonologi.
  8. Serta bagian lain dari tubuh Anda dan kesehatan umum, merokok adalah buruk bagi paru-paru Anda. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru di kalangan penyakit paru-paru yang mempengaruhi lainnya.
  9. Asma adalah penyakit umum yang mempengaruhi paru-paru. Serangan asma terjadi ketika saluran udara Anda mempersempit saat ada rangsangan. Saluran udara yang sempit membuat sulit bagi Anda untuk menghirup udara.
  10. Pneumonia adalah penyakit berbahaya yang membuat lebih sulit bagi paru-paru Anda untuk menyerap oksigen dari udara yang Anda hirup.
  11. Penyakit paru-paru lainnya termasuk emfisema, TBC dan bronchitis.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/03/struktur-dan-fungsi-paru-paru-manusia.html
halaman utama website: http://budisma.net
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog