Pengertian Lengkap Lemak serta Fungsinya dalam Tubuh

Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam ukuran yang berbeda-beda, terutama untuk orang yang tinggal di daerah yang bersuhu dingin dan orang yang bekerja berat sangat membutuhkan lemak.
 

Pengertian Lemak

Lemak atau Lipid adalah zat organik hidrofobik (hidro : air, fobik : takut) yang bersifat sukar larut dalam air. Namun, lemak dapat larut dalam pelarut organik seperti kloroform, eter, dan benzen.

 


Fungsi Lemak

Lemak memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita diantaranya :

  1. Pembawa zat-zat makan esensial.
  2. Penahan rasa lapar karena adanya lemak akan memperlambat pencernaan.
  3. Sebagai penghasil energi tertinggi.
  4. Sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K.
  5. Sebagai pelindung alat-alat tubuh vital seperti jantung dan lambung yaitu sebagai bantalan lemak.
  6. Sebagai salah satu bahan penyusun membran sel.
  7. Sebagai salah satu bahan penyusun hormon dan vitamin.
  8. Sebagai salah satu bahan penyusun empedu, asam kolat, dan hormon seks.

Metabolisme Lemak

Pencernaan lemak terjadi di dalam usus, karena usus mengandung lipase. Lemak keluar dari lambung masuk ke dalam usus sehingga merangsang hormon kolesistokinin. Hormon kolesistokinin menyebabkan kantung empedu berkontraksi sehingga mengeluarkan cairan empedu ke dalam duodenum (usus dua belaas jari). Empedu mengandung garam empedu yang memegang peranan penting dalam mengemulsikan lemak. Emulsi lemak merupakan pemecahan lemak yang berukuran besar menjadi butiran lemak yang berukuran lebih kecil. Ukuran lemak yang lebih kecil (trigliserida) yang teremulsi akan memudahkan hidrolisis lemak oleh lipase yang dihasilkan dari pankreas. Lipase pankreas akan menghidrolisis lemak teremulsi menjadi campuran asam lemak dan monoligserida (gliserida tunggal). Pengeluaran cairan pankreas dirancang oleh hormon sekretin yang berperan dalam meningkatkan jumlah elektrolit (senyawa penghantar listrik) dan cairan pankreas, serta pankreoenzim yang berperan untuk merangsang pengeluaran enzim-enzim dalam cairan pankreas.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.gudangbiologi.com/2015/10/pengertian-fungsi-lemak-dan-metabolisme-lemak.html
halaman utama website: http://www.gudangbiologi.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog