Ciri-Ciri Protista yang Mirip Tumbuhan

Protista mirip tumbuhan biasa kita kenal sebagai ganggang atau alga. Ganggang atau alga ini adalah organisme kelompok besar yang beragam jenisnya dan mereka merupakan organisme autotrof yang berarti mereka menghasilkan makanan mereka sendiri.

CIRI – CIRI GANGGANG/ALGA

  1. Ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler.
  2. Habitat di perairan tawar dan laut. Ada yang menempel pada batuan (epilitik), tanah/lumpur/pasir (epipalik), menempel pada tumbuhan sebagai (epifitik), dan menempel pada tubuh hewan (epizoik).
  3. Memiliki klorofil, sehingga bersifat autotrof. Selain klorofil, alga juga memiliki pigmen lain, seperti fikosianin (warna biru), fikoeritrin (warna merah), fikosantin (warna coklat), xantofil (warna kuning) dan karoten (warna keemasan).
  4. Merupakan organisme eukariotik.
  5. Reproduksi secara aseksual dengan fragmentasi, pembelahan atau pembentukan spora dan secara seksual dengan oogami dan isogami.
  6. Tubuh tidak dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Tubuhnya berupa thalus, sehingga dimasukkan ke dalam golongan thalophyta.

KLASIFIKASI GANGGANG/ALGA

Klasifikasi Protista mirip tumbuhan berdasarkan pigmen warna, antara lain :

Euglenophyta
Euglenophyta merupakan kelompok protista yang unik karena dia memiliki sifat mirip tumbuhan dan hewan. Contoh : Euglena viridis.
Dinoflagellata
Memiliki 2 flagel, bersifat uniseluler, memiliki pigmen berupa klorofil a dan c. Contoh : Noctiluca sp, Ceratium sp, Gonyaulax sp, Perridium sp.
Chlorophyta (Alga Hijau)
Hidup secara soliter maupun koloni. Tubuhnya mengandung klorofil a dan b Contoh : Chlorococcum sp, Chlorella sp, Spirogyra s,  Chlamydomonas sp, Ulva sp.

KLASIFIKASI GANGGANG/ALGA


Chrysophyta (Alga cokelat-keemasan)
Memiliki pigmen warna yang dominan yaitu karoten, fikosantin (coklat kuning) dan pigmen warna lain berupa  klorofil a dan b. Contoh : Diatom, Navicula, Cyclotella, dan Pinnularia.

Phaeophyta (Alga Coklat)
Memiliki pigmen berupa xantofil, fikosantin, klorofil a dan c. Contoh : Laminaria sp,  Sargassum sp, Fucus sp ,Turbinaria sp, Macrocystis sp.

KLASIFIKASI GANGGANG/ALGA


Rodophyta (Alga Merah)
Bersifat multiseluler, memiliki pigmen fikobilin yang terdiri dari fikoeritrin (merah) dan fikosianin (biru). Contoh : Euchema spinosum, Glacilaria sp, Gelidium sp, Gigartina mammilosa, Erytrophylum sp, Macrocladia sp.

KLASIFIKASI GANGGANG/ALGA


artikel ini disalin lengkap dari: http://www.gudangbiologi.com/2015/11/ciri-ciri-dan-contoh-protista-mirip-tumbuhan-ganggang-alga.html
halaman utama website:
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog