Pengertian Lengkap Ganggang Coklat (Phaeophyta)

Phaeophyta (Ganggang Coklat) merupakan organisme autotrof dan multiseluler yang kebanyakan hidup di air laut dan sebagian ada yang hidup di air tawar. Ciri–Ciri khususnya adalah warna coklat atau pirang yang dimiliki oleh Phaeophyta.

Phaeophyta berasal dari bahasa Yunani “Phaios” yang artinya cokelat adalah jenis ganggang yang hidup di laut, berwarna cokelat karena mengandung pigmen dominan fukosantin (cokelat) yang menutup pigmen lainnya, yaitu klorofil a, klorofil c, dan xantofil. Phaeophyta menyimpan cadangan makanan berupa minyak laminarin. Dinding selnya mengandung pektin dan asam alginat. Phaeophyta merupakan ganggang multiseluler yang berbentuk benang atau talus (menyerupai tumbuhan tingkat tinggi). Ukuran Phaeophyta bervariasi ada yang makroskopik dan mikroskopik. Contoh spesies dari Phaeophyta yaitu Fucus spiralis :
Ciri – Ciri Phaeophyta atau Ganggang Coklat
Seperti ganggang lainnya, penyebaran Phaeophytae (Ganggang Coklat) sangat luas, dari iklim tropis sampai ke zona kutub. Di laut dan samudera di daerah iklim sedang dan dingin, talusnya dapat mencapai ukuran yang amat sangat besar dan berbeda-beda bentuknya. Ganggang coklat dapat ditemukan di zona pasang surut, dekat terumbu karang dan perairan yang lebih dalam. Mereka melekat pada batuan atau kayu dengan bantuan holdfast, atau mengapung karena memiliki semacam alat pelampung untuk membantunya mengambang sehingga bisa mendapatkan sinar matahari untuk fotosintesis.
Reproduksi Phaeophytae (Ganggang Coklat) ini berlangsung secara aseksual yaitu dengan fragmentasi dan secara seksual dengan isogami atau anisogami. Ganggang coklat juga menghasilkan asam alginat untuk membuat alginat atau gel koloid, digunakan sebagai emulsifier, stabilisator, dan pengikat dalam berbagai aplikasi industri.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.gudangbiologi.com/2015/12/ciri-ciri-phaeophyta-atau-ganggang-coklat.html
halaman utama website: http://www.gudangbiologi.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog