Pengertian Lengkap Vaksin

Vaksinasi melindungi Anda dari penyakit tertentu yang bisa membuat Anda sangat sakit, menonaktifkan atau bahkan membunuh Anda. Vaksinasi dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh Anda sendiri, yang juga disebut sistem kekebalan tubuh atau imunitas.



Vaksin menciptakan kekebalan yang melindungi Anda dari infeksi tanpa menyebabkan penderitaan dari penyakit itu sendiri. Kadang-kadang disebut imunisasi, atau suntikan vaksin.
Vaksinasi adalah pemberian bahan antigenik (vaksin) untuk merangsang sistem kekebalan tubuh individu untuk mengembangkan kekebalan adaptif terhadap patogen.
Berikut adalah cara vaksin bekerja:
  • Sebagian besar vaksin mengandung sedikit kuman penyakit yang lemah atau mati. Vaksin TIDAK mengandung jenis kuman yang membuat Anda sakit. Beberapa vaksin tidak mengandung kuman.
  • Setelah sedikit kuman ini di masukan kedalam tubuh Anda, membuat tubuh Anda membangun sistem pertahanan antibodi untuk melawan jenis kuman. Antibodi membantu menjebak dan membunuh kuman yang dapat menyebabkan penyakit.
  • Tubuh Anda dapat membuat antibodi dalam dua cara: dengan mendapatkan penyakit atau dengan mendapatkan vaksin. Mendapatkan vaksin adalah cara yang lebih aman untuk membuat antibodi tanpa penderitaan dari penyakit itu sendiri dan risiko menjadi cacat atau bahkan kematian.
  • Antibodi tinggal bersama Anda untuk waktu yang lama. Mereka ingat bagaimana untuk melawan kuman. Jika kuman nyata yang menyebabkan penyakit ini (bukan vaksin) memasuki tubuh Anda di masa depan, sistem pertahanan Anda tahu bagaimana melawannya.
  • Seringkali, sistem pertahanan Anda akan ingat bagaimana untuk melawan kuman selama sisa hidup Anda. Kadang-kadang, sistem pertahanan Anda membutuhkan tembakan pendorong untuk mengingatkan itu bagaimana untuk melawan kuman ini.
  • Kadang-kadang vaksin mencegah satu penyakit. Kadang-kadang mereka digabungkan untuk melindungi Anda dari beberapa penyakit dengan satu tembakan.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/06/pengertian-vaksinasi-dan-cara-kerja-vaksin.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog