Fungsi Lengkap Enzim Protease

Protease merupakan komponen penting dari setiap sel hidup. Mereka memecah rantai protein. Ada banyak alasan mengapa sel ingin menghancurkan protein yang sangat mereka hasilkan, tapi protease mencapai lebih dari sekedar menjaga sel rapi dan teratur.


fungsi

Protease menggunakan molekul air dan residu asam amino spesifik untuk protein membelah secara spesifik lokasi. Sel hidup menggunakan protease dalam berbagai cara. Fungsi pertama adalah pergantian protein, di mana protein tua atau rusak diganti dan terdegradasi oleh protease. Fungsi kedua adalah kontrol kualitas. Salah diterjemahkan atau lipatan protein ditandai untuk degradasi oleh molekul ubiquitin, dimana sinyal protein untuk memasuki proteosome, sebuah kompleks besar yang mengandung beberapa protease. Protease bekerja sama untuk memecah protein menjadi asam amino yang tidak diinginkan. Fungsi terakhir dari protease adalah pengolahan protein pasca-translasi. Kedua sel dan penjajah mereka, seperti virus, menggunakan mekanisme ini. Virus HIV, misalnya, menggunakan protease aspartat untuk memproses protein yang sangat penting untuk infeksi. (Tidak mengherankan, protease ini mungkin. merupakan target obat) Pembekuan darah adalah proses lain yang melibatkan banyak protease untuk memproses protein yang diperlukan untuk menghentikan keluarnya darah dari sistem peredaran darah.

jenis

Saat ini, ada enam kelas protease yang dikenal. Protease serin dan protease treonin menggunakan mekanisme serupa yang masing-masing melibatkan histidin dan serin atau treonin. Protease Sistein juga mirip, tetapi mereka melibatkan gugus tiol bukan gugus hidroksil. Protease aspartat dan protease glutamat menggunakan mekanisme yang sama sekali berbeda, yang melibatkan dua residu asam dengan molekul air untuk memproses protein. Jenis terakhir dari protease adalah keluarga metalloprotease, menggunakan ion logam untuk mengkoordinasikan situs aktif di mana rantai asam amino yang rusak.

spesifisitas

Protease biasanya membelah rantai asam amino sebelum atau setelah residu tertentu. Tiga protease serin utama, tripsin, kimotripsin dan elastase, memiliki kekhasan berbeda karena saluran pada permukaan protein yang mengarah ke tiga situs aktif yang berbeda. Tripsin memotong protein setelah lisin atau arginin karena salurannya sempit dan panjang. Kimotripsin berisi lebih dari penurunan, yang dapat memfasilitasi pembelahan setelah yang besar, tebal, asam amino aromatik seperti tirosin dan triptofan. Elastase memiliki penurunan jauh lebih kecil, yang hanya bisa menampung terkecil asam amino nonpolar seperti glisin, alanin dan valin.

makna

Tanpa protease, protein yang tidak diinginkan akan mengagregasi bersama-sama dan merontokan larutan, yang merugikan kesehatan selular. Juga, protein yang membutuhkan proteolisis selama pemrosesan tidak akan pernah mencapai kematangan penuh, yang akan menyebabkan gangguan dalam fungsi selular.

pertimbangan

Bagi peneliti melakukan percobaan biokimia yang melibatkan protein seluler, protease dapat menyebabkan komplikasi serius. Ketika sebuah sel pecah, protease yang dilepaskan ke dalam larutan bersama dengan protein yang menarik, dan inhibitor protease yang tepat sehingga harus ditambahkan ke protokol eksperimental untuk membatasi kegiatan mereka.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/06/fungsi-enzim-protease-di-dalam-tubuh.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog