Pengertian Lengkap Sitokin

Sitokin berfungsi sebagai pembawa pesan molekuler antara sel-sel. Berkaitan dengan arthritis, sitokin mengatur berbagai respon inflamasi. Sitokin sering dibahas dalam penelitian arthritis tetapi tidak dipahami oleh sebagian besar pasien.


Sitokin adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel. Sitokin berinteraksi dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk mengatur respon tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Sitokin juga memediasi proses seluler normal dalam tubuh. Sitokin adalah kategori yang luas dari protein kecil yang penting dalam penanda sel – mereka dilepaskan oleh sel-sel dan mempengaruhi perilaku sel-sel lain, dan kadang-kadang sel melepaskannya sendiri. Sitokin termasuk kemokin, interferon, interleukin, limfokin, faktor tumor nekrosis tetapi umumnya bukan hormon atau faktor pertumbuhan. Sitokin diproduksi oleh berbagai sel, termasuk sel-sel kekebalan tubuh seperti makrofag, limfosit B, limfosit T dan sel mast, serta sel endotel, fibroblas, dan berbagai sel stroma; sitokin tertentu dapat dihasilkan oleh lebih dari satu jenis sel.

Jenis Sitokin

Sitokin sangat beragam, yang berarti, mereka tidak semua sama. Tubuh memproduksi berbagai jenis sitokin:
  • faktorkoloni yang merangsang(menstimulasi produksi sel darah)
  • faktorpertumbuhan dan diferensiasi(fungsi terutamadalam pengembangan)
  • regulasi imundanproinflamasisitokin(interferon, interleukin, danTNF-alpha yang berfungsidalam sistem kekebalan tubuh)

Bagaimana Sitokin Bekerja

Sistem kekebalan tubuh adalah sangat kompleks – berbagai jenis sel kekebalan tubuh dan protein melakukan pekerjaan yang berbeda. Sitokin adalah protein antara mereka. Menjelaskan bagaimana sitokin bekerja adalah sulit. Ini adalah pelajaran dalam fisiologi sel. Tapi untuk memahami peradangan, Anda harus memahami peran yang sitokin mainkan.
Sitokin yang dilepaskan oleh sel-sel ke dalam sirkulasi atau langsung ke dalam jaringan. Sitokin menemukan sel-sel kekebalan target dan berinteraksi dengan reseptor pada sel-sel kekebalan target dengan mengikat mereka. Interaksi memicu atau menstimulasi tanggapan khusus oleh sel target.

Kelebihan Sitokin

Kelebihan produksi atau sitokin yang tidak semestinya oleh tubuh dapat menyebabkan penyakit. Sebagai contoh, telah ditemukan bahwa interleukin-1 (IL-1) dan tumor necrosis factor-alpha (TNF-alpha) yang diproduksi secara berlebih pada rheumatoid arthritis di mana mereka terlibat dalam peradangan dan kerusakan jaringan.

Apa itu Obat biologis Inhibitor Sitokin

Obat biologis telah dikembangkan untuk menghambat IL-1 atau TNF-alpha. Kineret (anakinra) dikembangkan sebagai pengobatan untuk rheumatoid arthritis yang bekerja dengan menghambat IL-1 berikatan dengan reseptor. Inhibitor TNF-alpha (TNF juga disebut blocker) mengikat TNF dan mencegah TNF dari melekat pada sel reseptor permukaan. Enbrel (etanercept), Remicade (infliximab), dan Humira (adalimumab) adalah TNF blockers. Terapi anti-sitokin lainnya adalah dalam pembangunan.

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog