Massa dan Berat dalam SI

astronot mengambang

Bagaimana dia dapat melayang? Salah satu dari banyak hal yang menarik tentang perjalanan di luar angkasa adalah tentang konsep berat. Jika ada sesuatu yang tidak diikat ke bawah, itu akan mengapung di udara. Astronot awal belajar bahwa berat memiliki efek buruk pada struktur tulang.
Jika tidak ada tekanan pada kaki, tulang-tulang akan mulai kehilangan massa. Berat yang ditimbulkan oleh gravitasi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Peralatan yang dirancang khusus sekarang menjadi bagian dari setiap misi ruang sehingga para astronot dapat menjaga kebugaran tubuh dengan baik.

Massa dan Berat

Massa adalah ukuran jumlah materi yang mengisi obyek. Massa suatu benda dibuat dengan membandingkan dengan massa standar 1 kilogram. Kilogram ini awalnya didefinisikan sebagai massa 1 L air cair pada suhu 4 ° C (volume dari air yang mengalami sedikit perubahan suhu). Di laboratorium, massa diukur dengan neraca analitis (Gambar di bawah), yang harus dikalibrasi dengan massa standar sehingga ukurannya menjadi akurat.

Neraca analitis
Neraca analitis membuat pengukuran massa sangat sensitif di laboratorium, biasanya dalam gram.
Satuan umum lainnya massa adalah gram dan miligram. Gram adalah 1/1000 per kilogram, yang berarti bahwa ada 1000 g dalam 1 kg. Sebuah miligram adalah 1/1000 gram, jadi ada 1000 mg dalam 1 g.
Massa sering keliru dengan istilah berat. Berat adalah ukuran kekuatan yang sama akibat tarikan gravitasi pada objek. Berat suatu benda tergantung pada lokasi. Di bulan, gaya gravitasi adalah sekitar seperenam yang dari gaya gravitasi di Bumi. Oleh karena itu, benda yang sama akan memiliki berat lebih besar enam kali di bumi daripada di bulan. Karena massa tergantung hanya pada jumlah materi yang hadir dalam suatu benda, massa tidak berubah karena lokasi. Pengukuran berat sering dibuat dengan pegas skala dengan membaca jarak tertentu yang ditarik oleh benda ke bawah yang membentang pegas.

Ringkasan

Massa adalah ukuran jumlah materi yang mengisi benda. Berat adalah ukuran kekuatan yang sama dengan tarikan gravitasi pada benda. Massa tidak terpengaruh oleh lokasi, sementara berat tergantung pada lokasi.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/05/satuan-massa-dan-berat-dalam-si.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog