Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

Dari tiga makronutrien utama – protein, karbohidrat dan lemak – karbohidrat mungkin memiliki reputasi buruk karena maraknya diet rendah karbohidrat. Tapi karbohidrat tidak pantas mendapat reputasi buruk mereka. Mereka benar-benar penting untuk kesehatan yang baik. Membuat pilihan cerdas dengan makan karbohidrat yang relatif belum diproses dan Anda akan menikmati beberapa manfaat kesehatan.


Bahan bakar untuk Organ Anda

Selama pencernaan, tubuh Anda memecah karbohidrat kompleks menjadi gula dan menggunakan gula ini sebagai sumber energi bagi organ-organ Anda. Ginjal Anda – organ yang membantu detoksifikasi tubuh Anda – menggunakan karbohidrat untuk energi, dan jantung Anda bergantung pada karbohidrat untuk berfungsi. Karbohidrat juga berfungsi sebagai sumber utama bahan bakar untuk otak Anda, dan menjaga kadar gula otak yang sehat adalah penting untuk fungsi kognitif. Makan karbohidrat sangat penting pada orang tua, karena makan yang kaya karbohidrat meningkatkan memori, penjelaskan Franklin Institute.

Dukungan untuk Gaya Hidup Aktif

Jika Anda menjalani gaya hidup aktif – atau Anda mencoba untuk – karbohidrat membuat bagian penting dari diet Anda. Karena tubuh Anda dapat menggunakannya untuk energi, tidak harus memecah protein – yang melimpah di otot Anda – sebagai sumber bahan bakar. Akibatnya, karbohidrat membantu Anda menahan massa otot. Karbohidrat juga penting dalam diet atlet karena mereka sebagai bahan bakar olahraga yang panjang dan intensif. The Iowa State University Extension merekomendasikan mengkonsumsi karbohidrat sebelum dan sesudah latihan, serta selama latihan intens.

Serat – Sebuah Karbohidrat Khusus

Serat juga memainkan peran penting dalam kesehatan Anda. Tidak melayani sebagai sumber bahan bakar – tubuh Anda tidak dapat memecahnya menjadi gula – melainkan melewati saluran pencernaan Anda relatif tidak berubah. Hal ini menambah jumlah besar limbah yang anda harus buang, sehingga Anda cenderung untuk menderita sembelit. Beberapa jenis serat, terutama jenis yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda, yang melindungi Anda dari penyakit jantung koroner. Anda membutuhkan sejumlah besar serat setiap hari – 25 gram untuk perempuan dan 38 untuk laki-laki, laporan Ekstensi Universitas Colorado State.

Pilih Bijak

Ketika Anda menambahkan makanan kaya karbohidrat untuk diet Anda, yang pilih dengan serat untuk manfaat kesehatan yang optimal. Itu berarti mendapatkan sebagian besar karbohidrat Anda dari buah, sayuran, kacang, kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian – seperti roti gandum atau pasta gandum. Menjauhi lebih banyak makanan olahan, seperti permen, nasi putih, pasta biasa atau roti putih. Memilih gandum akan mengurangi risiko diverticulosis, catatan Linus Pauling Institute, serta risiko penyakit kardiovaskular. Hindari gula ditambahkan – yang ditambahkan untuk rasa manis, tidak ditemukan secara alami dalam makanan – dan hati-hati untuk sumber tambahan gula”sehat”, seperti granola bar dan yogurt.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/06/apakah-fungsi-karbohidrat-bagi-tubuh.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog