Penyebab Trombosit Turun

Jika untuk alasan apapun jumlah trombosit darah turun di bawah normal, kondisi ini disebut trombositopenia. Biasanya, Anda memiliki antara 150.000 sampai 450.000 trombosit per mikroliter darah yang beredar.
Karena setiap trombosit hanya hidup sekitar 10 hari, tubuh Anda terus-menerus memperbaharui pasokan trombosit Anda dengan memproduksi trombosit baru dalam sumsum tulang Anda.

Trombositopenia memiliki banyak kemungkinan penyebab.
Tujuh Contoh Penyebab Trombosit Turun
Tujuh Contoh Penyebab Trombosit Turun

Trombosit terjebak di limpa

Limpa adalah organ kecil seukuran kepalan tangan Anda berada tepat di bawah tulang rusuk di sisi kiri perut Anda. Biasanya, limpa Anda bekerja untuk melawan infeksi dan bahan yang tidak diinginkan difilter dari darah Anda. Pembesaran limpa – yang dapat disebabkan oleh sejumlah gangguan – dapat menyokong terlalu banyak trombosit, menyebabkan penurunan jumlah trombosit dalam sirkulasi.

Pengurangan produksi trombosit

Trombosit diproduksi pada sumsum tulang. Sebuah penyakit atau kondisi yang melibatkan sumsum tulang Anda, seperti leukemia dan beberapa jenis anemia, dapat menyebabkan penurunan jumlah trombosit baru yang diproduksi. Infeksi virus, termasuk infeksi HIV, dapat mengurangi kemampuan sumsum tulang untuk membuat trombosit. Bahan kimia beracun, obat kemoterapi dan konsumsi alkohol berat juga dapat mengurangi produksi trombosit.

Peningkatan kerusakan trombosit

Sejumlah kondisi dapat menyebabkan tubuh Anda untuk menggunakan naik atau menghancurkan trombosit lebih cepat dibandingkan dengan produksi mereka, menyebabkan kekurangan trombosit dalam aliran darah Anda. Contoh termasuk:
  1. Kehamilan. Bersama dengan hamil dapat menyebabkan trombositopenia ringan.
  2. Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP). Pada ITP, sistem kekebalan tubuh Anda keliru mengidentifikasi trombosit sebagai ancaman dan membentuk antibodi yang menyerang mereka.
  3. Penyakit autoimun. Penyakit lain di mana sistem kekebalan tubuh Anda menyerang jaringan sehat dapat menyebabkan trombositopenia. Contohnya termasuk lupus dan rheumatoid arthritis.
  4. Bakteri dalam darah. Infeksi bakteri parah yang melibatkan darah (bakteremia) dapat menyebabkan kerusakan trombosit.
  5. Thrombotic thrombocytopenic purpura (TTP). TTP adalah suatu kondisi langka yang terjadi ketika gumpalan darah kecil tiba-tiba terbentuk di seluruh tubuh Anda, dengan menggunakan sejumlah besar trombosit.
  6. Sindrom uremik hemolitik. Gangguan ini jarang menyebabkan penurunan tajam dalam trombosit, penghancuran sel darah merah dan gangguan fungsi ginjal. Kadang-kadang dapat terjadi dalam kaitannya dengan infeksi bakteri Escherichia coli (E. coli), seperti dapat diperoleh dari makan daging mentah atau setengah matang.
  7. Obat-obatan. Obat-obat tertentu dapat mengurangi jumlah trombosit dalam darah Anda dengan membingungkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan ia menghancurkan trombosit. Contohnya termasuk heparin, quinidine, kina, antibiotik sulfa yang mengandung interferon, antikonvulsan dan garam emas.

Tanda-tanda jumlah trombosit yang rendah pada anak

Jika anak Anda memiliki jumlah trombosit yang rendah, Anda mungkin melihat satu atau lebih dari tanda-tanda berikut:
  • Memar (kecil, merah, bintik-bintik pada kulit)
  • Perdarahan dari hidung, gusi atau perangkat akses vena sentral yang tidak berhenti setelah menerapkan tekanan selama 5 – 10 menit
  • Tinja berwarna hitam atau muntah (ini bisa berarti darah di lambung atau usus)
Setiap anak dengan jumlah trombosit yang rendah tidak harus bermain olahraga yang terjadi kontak (sepak bola, rugby), dan menggunakan sikat gigi lembut ketika menyikat gigi untuk mencegah pendarahan pada gusi.
Jika anak Anda mendapatkan hidung berdarah, dudukan anak Anda tegak saat Anda menerapkan tekanan pada sisi luar masing-masing lubang hidung, tepat di bawah hidung. Jepit daerah dengan ibu jari dan jari dan tahan tekanan selama 10 menit. Jika pendarahan tidak berhenti, hubungi dokter Anda.

Masalah Perdarahan Lainnya

Secara umum, Anda perlu berhati-hati dari apa pun yang mungkin menyebabkan perdarahan pada anak Anda.
Jangan memberikan anak Anda enema atau supositoria (obat dimasukkan ke dalam rektum), dan tidak memeriksa suhu rektal. Juga, jangan memberikan Anda anak aspirin (salisilat) atau ibuprofen (Motrin®, Advil®, atau Pediaprofen) kecuali jika Anda diminta untuk melakukannya oleh tim kesehatan Anda. Obat-obatan ini menyebabkan trombosit tidak mampu untuk membentuk bekuan, yang menghentikan pendarahan. Beberapa obat yang dijual bebas di warung seperti obat flu dan pilek mengandung aspirin atau ibuprofen. Baca label dan periksa dengan dokter Anda sebelum memberikan anak Anda setiap obat-obatan yang dijual bebas di warung.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/penyebab-trombosit-turun.html#comment-373173
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog