Pengertian Lengkap Biosintesi asam lemak

Biosintesis asam lemak adalah proses dimana tubuh mengubah asetil-CoA dan malonil-CoA menjadi asam lemak. Proses yang panjang mungkin tergantung pada apakah asam lemak yang terbentuk rantai lurus atau bercabang dan berapa lama itu. Proses ini terjadi di luar mitokondria dalam sitosol sel atau sitoplasma. Akibatnya, proses ini kebalikan dari degradasi asam lemak.


Asam lemak adalah asam karboksilat dan senyawa organik. Senyawa organik muncul dalam dua bentuk yaitu: jenuh dan tak jenuh. Sebuah asam lemak jenuh hanya memiliki ikatan elektron tunggal antara masing-masing atom karbon. Asam lemak tak jenuh akan memiliki satu atau lebih ikatan ganda atau tiga antara dua atom karbon. Asam lemak yang diambil dari jaringan adiposa dan diubah menjadi asetil-CoA untuk menghasilkan energi bagi sel sebagai bagian dari siklus asam sitrat.
Langkah pertama dari biosintesis asam lemak adalah untuk mengkonversi piruvat menjadi asetil-CoA. Asetil-CoA adalah molekul yang digunakan untuk membawa atom karbon ke dalam mitokondria sel. Ini adalah bagian penting dari respirasi selular. Dalam proses sebaliknya, asetil-CoA mengangkut atom karbon kembali keluar dari mitokondria. Piruvat ditemukan dalam mitokondria.
Malonil-CoA merupakan turunan dari koenzim A dan terbentuk selama biosintesis asam lemak ketika molekul karbon dioksida (CO2) ditambahkan ke molekul asetil-CoA. Hal ini digunakan untuk memperpanjang rantai karbon dari asam lemak selama biosintesis asam lemak, tetapi juga dapat digunakan untuk mengangkut ketoglutarat alpha ke dalam mitokondria dan merupakan elemen penting dari biosintesis polipeptida. Penambahan molekul karbon dioksida menjadi asetil-CoA adalah proses ireversibel.
Pembentukan asam lemak dengan rantai lurus selama biosintesis asam lemak mirip dengan yang dihasilkan oksidasi selama siklus asam sitrat. Molekul berjalan melalui proses empat tahap kondensasi, reduksi, dehidrasi dan degradasi. Setiap selesai siklus menambahkan dua atom karbon ke molekul. Proses ini diulang terus menerus sampai molekul menjadi asam palmitat 16-karbon. Setiap tahap proses ini dilakukan oleh enzim yang disebut sintase Asam Lemak.
Pada tahap berikutnya dari biosintesis asam lemak, asam palmitat diubah menjadi PALMITOIL-CoA. Hal ini dilakukan menggunakan sistem enzim dalam sitoplasma sel. Asam lemak tak jenuh disintesis oleh enzim desaturase Asam Lemak CoA, yang menghasilkan ikatan ganda. Setiap ikatan ganda dibuat pada titik dalam rantai khusus sampai asam lemak diproduksi, dan masing-masing ikatan diproduksi oleh enzim spesifik ke lokasi tersebut.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/pengertian-dan-proses-biosintesis-asam-lemak.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog