Ciri Bakteri Mycroplasma

Mycoplasma adalah genus bakteri yang terdiri dari sejumlah spesies yang berbeda. Menurut Mayo Clinic, Mycoplasma pneumoniae merupakan salah satu spesies bakteri yang bertanggung jawab untuk bentuk ringan dari pneumonia infeksi paru-paru. Orang yang terinfeksi dengan bakteri Mycoplasma mungkin juga mengalami sakit tenggorokan atau bronkitis.

Klasifikasi

Bakteri genus Mycoplasma dikelompokkan dalam filum Tenericutes, kelas Mollicutes, ordo Mycoplasmatales dan famili Mycoplasmataceae. Semua anggota Mollicutes tidak memiliki dinding sel dan memiliki genom khas kecil. Genom, yang berisi semua DNA organisme, kode untuk protein yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Kurangnya Sel Dinding

Karakteristik yang paling mencolok dari bakteri dalam genus Mycoplasma adalah kurangnya dinding sel. Dinding sel bakteri membantu memberikan struktur sel. Kelangsungan hidup bakteri Mycoplasma terhadap antibiotik tertentu adalah kuat, karena banyak antibiotik menargetkan dinding sel bakteri untuk membantu membunuh infeksi. Kurangnya dinding sel juga membuat Mycoplasma lebih rentan terhadap lisis, atau ledakan sel, ketidakseimbangan osmotik. Dalam ketidakseimbangan osmotik, jumlah yang lebih tinggi dari partikel di kedua sisi luar atau di dalam sel menyebabkan air mengalir ke dalam atau keluar dari sel, sehingga deformasi dan kemungkinan kerusakan sel.

Morfologi Sel

Diameter sekitar 100 sampai 200 mikrometer, sel Mycoplasma adalah beberapa bakteri terkecil yang pernah ditemukan. Dengan ukuran kecil tapi dapat menimbulkan masalah dalam teknik penyaringan sterilisasi. Mycoplasma membutuhkan sumber kolesterol luar, biasanya diperoleh dari makanan yang dicerna manusia, untuk biosintesis sel. Kolesterol dalam membran plasma memiliki kepentingan khusus pada bakteri yang tidak memiliki dinding sel, untuk membantu menjaga kekakuan sel.
Ciri-ciri bakteri Mycoplasma
Mycoplasmas secara struktural tidak seperti bakteri lain

Infeksi

Selain pneumonia yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae, spesies Mycoplasma lainnya menyebabkan infeksi pada manusia. Mycoplasma genitalium menyebabkan infeksi urogenital yang mungkin bisa diteruskan ke pasangan saat berhubungan seks tanpa kondom. Mycoplasma gallisepticum menyebabkan penyakit pernapasan kronis pada berbagai jenis burung tapi bukan biro penyebab infeksi manusia. Agen lain bukan infeksi pada manusia tapi hewan, Mycoplasma hyopneumoniae, menyebabkan pneumonia enzootik babi, atau pneumonia pada babi dan ternak lainnya.

Studi genetik

Mycoplasma memiliki kehormatan yang berbeda karena memiliki genom pertama yang sepenuhnya buatan ditanamkan ke dalam sel bakteri yang dapat berfungsi. Para ilmuwan di J. Craig Venter Institute synthesized a sequence of DNA menanamkan ke dalam sel Mycoplasma yang tidak mengandung DNA. Sel kemudian dapat menggunakan informasi yang dikodekan pada DNA buatan untuk menyelesaikan replikasi DNA dan pembelahan sel.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/ciri-ciri-bakteri-mycoplasma.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog