Pengertian Lengkap Seng Oksida Eugenol

Seng oksida eugenol (ZOE) adalah bahan yang dibuat oleh kombinasi seng oksida dan eugenol yang terkandung dalam minyak cengkeh. Reaksi asam-basa terjadi dengan pembentukan khelat seng eugenolat. Reaksi ini dikatalisis oleh air dan dipercepat oleh kehadiran garam logam. ZOE dapat digunakan sebagai pengisi atau bahan semen di kedokteran gigi.

Senyawa ini sering digunakan dalam kedokteran gigi saat kerusakan sangat dalam atau sangat dekat dengan saraf atau ruang pulpa. Karena jaringan di dalam gigi, yaitu pulpa, bereaksi buruk dengan stimulus pengeboran (panas dan getaran), sering menjadi sangat meradang dan endapan kondisi yang disebut pulpitis akut atau kronis.
Kondisi ini biasanya menyebabkan sensitivitas gigi kronis yang parah atau sakit gigi yang sebenarnya dan kemudian hanya dapat diobati dengan penghilangan saraf (pulpa) yang disebut terapi saluran akar. Penempatan ZOE “sementara” selama beberapa beberapa hari sebelum penempatan pengisi akhir biasanya mencegah sensitivitas atau sakit gigi dan karena itu, sering kali, menghalangi kebutuhan untuk prosedur saluran akar yang mahal dan memakan waktu.
ZOE diklasifikasikan sebagai material restoratif perantara dan memiliki sifat-sifat anaestetik dan antibakteri.ZOE terkadang digunakan dalam manajemen karies gigi sebagai “pengisi sementara”. Semen ZOE diperkenalkan sejak akhir abad-18, tepatnya tahun 1890-an.
Seng oksida eugenol juga digunakan sebagai bahan cetak selama konstruksi gigi palsu lengkap dan digunakan dalam teknik mucostatic mengambil tayangan, biasanya dalam nampan khusus, (akrilik) diproduksi setelah tayangan alginat primer. Namun, ZnO / E ini biasanya tidak digunakan jika pasien memiliki undercut atau tuberositas besar, dimana bahan impresi silikon akan lebih cocok.
Seng oksida eugenol juga digunakan sebagai aditif antimikroba dalam cat.
Jenis-jenis menurut ANSI / ADA Keterangan no: 30 (ISO 3107) Tergantung pada penggunaan yang dimaksudkan dan formulasi individu yang dirancang untuk setiap tujuan tertentu. Tipe I: ZOE Luting cement sementara. Tipe II: ZOE Luting cement jangka-panjang. Tipe III: ZOE Restorasi sementara. Tipe IV: ZOE Restorasi menengah.
Komposisi
Komposisi kimia ZOE sebenarnya adalah:
  • Seng oksida,  ~69,0%
  • Resin putih,  ~29,3%
  • Seng asetat, ~1.0% (memperbaiki kekuatan)
  • Seng stearat, ~0.7% (berfungsi sebagai akselerator)
  • Cairan (Eugenol, ~85%, minyak zaitun ~15%)
Pasta impresi ZOE terdispersi sebagai dua pasta yang terpisah. Tabung yang satu mengandung seng oksida dan minyak nabati atau mineral; tabung yang lain mengandung eugenol dan rosin. Minyak nabati atau mineral berfungsi sebagai plasticizer dan membantu dalam mengimbangi aksi eugenol sebagai iritan.
Minyak cengkeh, yang mengandung 70% – 85% eugenol, kadang kala digunakan dalam preferensi untuk eugenol karena menghasilkan rasa terbakar lebih sedikit untuk pasien ketika kontak dengan jaringan lunak. Penambahan rosin ke dalam pasta dalam tabung kedua memfasilitasi kecepatan reaksi dan menghasilkan produk lembut, yang lebih homogen.
Balsem Kanada dan balsem Peru sering digunakan untuk meningkatkan aliran dan memperbaiki sifat-sifat campuran. Bila pasta dicampur terlalu encer atau  tidak memiliki badan sebelum set, pengisi (seperti lilin) atau bubuk lembam (seperti kaolin, talc, atau tanah diatom) dapat ditambahkan ke salah satu atau kedua pasta asli.
Set bahan mengandung seng oksida yang tidak bereaksi dan eugenol. Setiap gerakan dari baki sebagai pasta adalah pengerasan akan menyebabkan cacat, terkesan tidak akurat.
Mengatur waktu tergantung pada:
1.  Aditif Accelerator (misalnya seng asetat, asam asetat).
2.  Paparan pada kelembaban pada pencampuran atau penambahan air akan mempercepat reaksi.
3.  Peningkatan suhu menyebabkan reaksi pengaturan lebih cepat.
Mengatur waktu biasanya 4-5 menit.
Sifat-sifat ZOE
  • Tidak beracun
  • Tunduk pada jaringan
  • Mucostatic atau mucocodisplacive (tergantung pada merek yang digunakan)
  • Detil permukaan baik di bagian tipis
  • Stabilitas dimensional baik (sedikit atau tidak berubah dimensi pada pengaturan, 0,1% perubahan dimensi selama pengaturan)
  • Dapat ditambahkan pada dengan seng oksida eugenol segar
  • Stabil pada penyimpanan dan daya tahan yang baik.
Keuntungan
Setidaknya ada empat keuntungan yang diperoleh dari penggunaan zat ini:
1. Stabilitas dimensional
2. Detil permukaan yang baik
3. Dapat ditambahkan pada seng oksida eugenol segar
4. Mucostatic atau mucocodisplacive
Kerugian
1. Tidak dapat digunakan dalam undercut yang sangat dalam
2. Hanya set cepat di bagian tipis
3. Alergi eugenol pada beberapa pasien.

artikel ini disalin lengkap dari: https://wawasanilmukimia.wordpress.com/2014/02/19/seng-oksida-eugenol-semen-penambal-gigi-berlubang/
halaman utama website: https://wawasanilmukimia.wordpress.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog