Pengertian Lengkap Glukosa dan Regulasi

Molekul glukosa adalah karbohidrat penting dan esensial untuk produksi ATP, atau molekul energi dalam tubuh. Glukosa diatur secara ketat, dan kedua kadar glukosa yang berlebihan dan tidak memadai mengakibatkan kondisi penyakit.


Apa itu Glukosa?

Asal usul nama glukosa berasal dari kata Yunani untuk ‘manis’, yang merupakan glukus. Glukosa adalah monosakarida, yang merupakan istilah lain untuk gula sederhana. Ini adalah salah satu dari tiga monosakarida yang digunakan oleh tubuh, tetapi itu adalah satu-satunya yang dapat digunakan langsung untuk menghasilkan ATP. ATP digunakan oleh tubuh untuk energi, bahkan, ATP adalah satu-satunya molekul yang dapat digunakan untuk energi. Dengan demikian, kadar glukosa yang memadai sangat penting.
Glukosa adalah membantu dan berbahaya bagi organisme. Seperti disebutkan, glukosa digunakan oleh sel untuk membuat ATP dan daya tubuh. Hiperglikemia (gula darah tinggi), bagaimanapun, adalah sitotoksik (membunuh sel-) dan dapat menyebabkan peradangan yang parah di seluruh tubuh. Hipoglikemia (gula darah rendah) terjadi ketika tidak ada cukup glukosa dalam darah. Ini juga berbahaya dan berpotensi mematikan.
Tubuh memiliki beberapa cara untuk mendeteksi perubahan kadar glukosa dan mekanisme untuk memperbaiki situasi berbahaya. Ketika tubuh tidak dapat mengatur kadar glukosa, penyakit seperti diabetes terjadi.

Regulasi

Ketika Anda makan, karbohidrat dalam makanan Anda baik gula sudah sederhana atau kembali dipecah menjadi gula sederhana. Gula sederhana yang mudah diserap ke dalam aliran darah Anda dari sistem pencernaan Anda, yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Pankreas mendeteksi kenaikan glukosa darah dan merespon dengan mengeluarkan insulin. Insulin adalah molekul peraturan yang tujuannya adalah untuk mengontrol metabolisme karbohidrat dan lemak.
Setelah dilepaskan ke dalam darah, insulin mengarahkan sel-sel hati, otot rangka, dan jaringan lemak untuk menyerap glukosa dari darah. Setelah kadar glukosa darah menurun ke tingkat yang aman, sekresi insulin dari pankreas berhenti.
Dapatkah Anda merasa hiperglikemia? Biasanya Anda tidak bisa merasakan bahwa gula darah Anda di atas tingkat normal. Namun, dalam kasus yang ekstrim, Anda bisa merasa sangat haus, sangat lapar, sering buang air kecil, dan bahkan kehilangan kesadaran. Tiba-tiba mengalami hiperglikemia adalah situasi darurat yang biasanya hanya mempengaruhi penderita diabetes yang bergantung pada insulin.
Atau, ketika Anda pergi untuk sementara waktu tanpa makan, kadar glukosa dalam darah Anda turun. Situasi ini juga dirasakan oleh pankreas, yang melepaskan molekul berbeda yang disebut glukagon. Glukagon merangsang hati untuk mengubah glikogen (bentuk disimpan pati seperti glukosa) menjadi glukosa dan melepaskannya ke dalam darah. Rilis glukagon berhenti bila kadar glukosa darah naik kembali ke kisaran yang aman. Dapatkah Anda merasa hipoglikemia? Ya. Ketika gula darah Anda turun di bawah ambang batas kritis Anda dapat merasa pusing, mengalami kesulitan berpikir, tangan gemetar, dan Anda dapat kehilangan kesadaran.
Insulin dan glukagon bekerja malah tapi dengan cara yang terkoordinasi untuk mengatur kadar glukosa darah. Fungsi mereka adalah untuk mempertahankan kadar glukosa darah dalam rentang yang dapat diterima. Gejala dan komplikasi hipoglikemia adalah sebagai ringan sebagai disforia (merasa tidak enak), untuk seserius kejang, tidak sadar, kerusakan otak, dan kematian. Gejala dan komplikasi hiperglikemia adalah kerusakan ginjal, kerusakan otak, kerusakan jantung, kerusakan mata, dan kerusakan saraf di kaki dan tangan. Komplikasi hipoglikemia terjadi dalam beberapa menit sampai beberapa jam setelah terjadinya hipoglikemia. Sebaliknya, komplikasi hiperglikemia dapat mengambil bulan untuk tahun paparan glukosa darah kronis yang berlebihan untuk berkembang.

Rumus

Formula molekul glukosa adalah C6H12O6. Ini berarti bahwa ada 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen terikat bersama-sama untuk membuat satu molekul glukosa. Atom tersebut diatur dalam urutan yang sangat spesifik dan orientasi dalam ruang tiga dimensi. Orientasi ini dikenal sebagai struktur molekul.
Glukosa memiliki beberapa struktur molekul, tetapi hanya salah satu dari mereka ditemukan di alam dan disebut D-glukosa. Glukosa dapat ditemukan dalam struktur lurus atau cincin.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/pengertian-glukosa-dan-regulasi.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog