Pengertian Lengkap Air Liur dan Kegunaanya pada Manusia

Air liur adalah suatu cairan  jernih yang dibuat oleh beberapa kelenjar di daerah mulut Manusia.
Air liur merupakan bagian penting dari tubuh yang sehat. Hal ini karena air liur  terbuat dari banyak air. Air liur ini juga mengandung zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan dan menjaga gigi manusia supaya kuat.

Air liur manusia
Air liur manusia


Air liur sangat penting bagi manusia karena mempunyai fungsi sebagai berikut:
  • Menjaga kelembaban dan kenyamanan mulut Manusia.
  • Membantu Manusia mengunyah, merasakan, dan menelan makanan.
  • Membunuh kuman di mulut manusia dan mencegah bau mulut.
  • Melindungi enamel gigi, mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi karena memiliki protein dan mineral.
  • Membantu menjaga gigi palsu supaya aman dan kuat di tempatnya.
Manusia membuat air liur ketika manusia melakukan aktivitas mengunyah. Semakin keras manusia mengunyah, semakin banyak air liur yang manusia buat. Mengisap permen atau ketika  batuk keras juga membantu manusia membuat air liur.
Kelenjar yang membuat air liur disebut kelenjar ludah. Kelenjar ludah berada di dalam setiap pipi, di bagian bawah mulut manusia, dan dekat gigi depan manusia dengan tulang rahang.
Ada enam kelenjar ludah utama dan ratusan yang kecil. Air liur bergerak melalui tabung yang disebut saluran saliva. Biasanya, tubuh selalu membuat air liur, hingga 2 sampai 4 liter per hari. Biasanya, tubuh membuat sebagian air liur di sore hari. Itu membuat paling sedikit pada malam hari.
Tapi setiap orang berbeda dengan jumlah air liurnya. Jumlah normal saliva bervariasi cukup sedikit. Penyakit tertentu dan obat-obatan dapat mempengaruhi berapa banyak air liur yang manusia buat. Jika manusia tidak membuat cukup air liur, mulut manusia bisa menjadi sangat kering. Kondisi ini disebut mulut kering (xerostomia).
Mulut kering menyebabkan gusi, lidah, dan jaringan lain di mulut menjadi bengkak dan tidak nyaman. Kuman berkembang  sehingga  mulut kering menyebabkan bau mulut.
Mulut kering juga membuat manusia lebih mungkin untuk mengembangkan kerusakan gigi yang cepat dan penyakit gusi (periodontal) . Itu karena air liur membantu partikel makanan yang jelas dari gigi manusia. Hal ini membantu mengurangi risiko gigi berlubang.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/pengertian-air-liur-dan-fungsi-air-liur-bagi-manusia.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog