Cara Protista Memperoleh Makanan

Apa Anda dapat berfotosintesis dan sekaligus berburu makanan? Tidak, tidak ada mansuia yang memakan tumbuhan seperti hewan sekaligus melakukan fotosintesis. Gagasan dari suatu organisme yang baik dapat berfotosintesis dan berburu untuk makanan mungkin tampak aneh, tapi ini bukan fiksi ilmiah. Organisme ini, contoh Euglena, adalah protista yang dapat makan seperti binatang atau menggunakan energi matahari untuk membuat makanan layaknya tanaman.

Nutrisi protista

Sel-sel protista perlu melakukan semua fungsi seperti sel-sel lain lakukan, seperti tumbuh dan berkembang biak, mempertahankan homeostasis, dan memperoleh energi. Mereka juga perlu untuk mendapatkan “makanan” untuk menyediakan energi untuk melakukan fungsi-fungsi ini.
Ingat bahwa protista bisa jadi tumbuhan, seperti jamur, atau seperti hewan. Itu berarti bahwa protista dapat memperoleh makanan seperti tumbuhan, jamur, atau seperti yang hewan lakukan. Ada banyak tanaman seperti protista, seperti ganggang, yang mendapatkan energi dari sinar matahari melalui fotosintesis. Beberapa protista seperti jamur, seperti jamur lendir (Gambar di bawah), menguraikan dari material yang membusuk. Protista seperti hewan harus “makan” atau menelan makanan.
Beberapa protista seperti hewan menggunakan “ekor” untuk mereka makan. Protista ini disebut filter-feeders (atau Hewan penyaring). Mereka memperoleh nutrisi dengan terus-menerus mencambuk ekornya, yang disebut flagela, bolak-balik. Mencambuk flagel menciptakan arus yang membawa makanan ke dalam protista.
Disisi lain Protista mirip hewan harus “menelan” makanan mereka melalui proses yang disebut endositosis. Endositosis terjadi ketika sel mengambil zat melalui membran. Proses ini dijelaskan di bawah ini:
  1. Protista memulai dengan membungkus di sekitar mangsanya, yang biasanya bakteri.
  2. Ini menciptakan vakuola makanan, semacam “wadah penyimpanan makanan,” di sekitar bakteri.
  3. Protista menghasilkan racun yang melumpuhkan mangsanya.
  4. Setelah dicerna, bahan makanan bergerak melalui vakuola dan ke dalam sitoplasma protista tersebut.
jamur lendir
Jamur lendir hidup di kehidupan tanaman yang membusuk dan di dalam tanah.

Juga, beberapa protista mirip hewan dan seperti jamur bertindak seperti parasit dan menyerap nutrisi yang diperuntukkan bagi inang mereka, tnetu saja dalam prosesnya merugikan inang mereka.
Kosa kata
  • endositosis: Proses membawa makanan ke dalam sel di mana membran plasma melipat ke dalam untuk membentuk vesikel sekitar mangsa.
  • filter-feeder: Protista seperti Hewan yang memperoleh bahan organik untuk nutrisi dengan menyaring partikel-partikel dari air.
  • flagellum (jamak flagella): struktur tonjolan seperti ekor dari tubuh sel sel prokariotik dan eukariotik tertentu; berfungsi dalam membantu bergerak sel.
  • vakuola makanan: wadah penyimpanan makanan yang ditemukan pada protista.
  • Protista: eukariota yang bukan tanaman, hewan, atau jamur.
Ringkasan
Beberapa protista adalah seperti tanaman dapat melakukan fotosintesis.
Beberapa protista menyerap nutrisi dari pembusukan bahan seperti jamur.
Beberapa protista berburu makanan atau mereka bertindak sebagai parasit.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/cara-protista-memperoleh-makanannya.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog