Fungsi Hormon FSH dan Lh pada pria dan wanita

Hipotalamus melepaskan Hormon Releasing berikut yang merangsang pelepasan hormon yang berbeda dari adenohypophysis:
  1. Kortikotropin Releasing Hormone (CRH menyebabkan pelepasan ACTH)
  2. Thyrotropin releasing hormone (TRH menyebabkan pelepasan Thyroid Stimulating Hormone alias Thyrotropin)
  3. Gonadotropin releasing hormone (GnRH melepaskan LH dan FSH.)
  4. Hormon Pertumbuhan R.H. & Hormon Pertumbuhan I.H.
  5. Prolaktin R.H. & Prolaktin I.H.
Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH). Kedua hormon ini mempengaruhi organ-organ reproduksi baik perempuan dan laki-laki. Mereka diberi nama sesuai dengan apa yang mereka lakukan untuk ovarium seorang wanita, meskipun mereka mempengaruhi testis laki-laki juga. Kita akan berbicara dengan yang pertama, kemudian perempuan yang lebih rumit.

FSH dan LH pada pria

  • FSH merangsang produksi sperma di testis.
  • LH merangsang sekresi testosteron oleh testis.
Pada usia 13, kelenjar pituitari mulai memproduksi FSH dan LH dalam tubuh pria, untuk mendorong sperma dan testosteron dan proses ini terus berlanjut sampai hari dimana Anda mati. Tingkat sperma dan kadar testosteron turun seiring waktu tetapi berusia 95 tahun masih bisa menjadi ayah bagi anda yang ingin mencoba jika diberi kesempatan.
Regulasi umpan balik negatif:
Semakin banyak LH, semakin banyak testosteron disekresikan dan testosteron meningkat dalam aliran darah, hal ini akan menghambat hipofisis untuk tidak melepaskan LH dan pada tingkat lebih rendah akan menghambat GnRH.

Apakah sperma masuk ke dalam aliran darah dan apa umpan balik untuk adenohypophysis tersebut?

Tidak, sperma diejakulasi dari penis. Ada bahan kimia yang secara teoritis yang harus memberikan umpan balik negatif untuk bekerja tetapi ahli fisiologi tidak yakin apa itu atau cara kerjanya. Kita tidak memiliki pil KB untuk pria karena kita tidak yakin bagaimana sistem umpan balik ini bekerja. Jika kita memberikan testosteron seorang pria sehari-hari, yang terutama menghambat pelepasan LH yang berarti testis mereka sendiri tidak akan menghasilkan testosteron, tetapi itu tidak akan menghentikan produksi FSH yang menghasilkan sperma. Kita tidak memiliki cara untuk menghentikan produksi sperma. Itu sebabnya tidak ada kontrol kelahiran laki-laki. Binaragawan masih bisa menyebabkan kehamilan. Dua puluh tahun yang lalu mungkin ada pernyataan politik yang mengatakan bahwa pil KB pria tidak ada karena semua dokter adalah laki-laki, tapi itu tidak benar lagi dengan mayoritas dokter sekarang menjadi perempuan. Jika kontrol kelahiran laki-laki ada, laki-laki akan mengambilnya.

FSH dan LH pada wanita

Saya sangat mendorong Anda untuk meninjau fisiologi siklus menstruasi karena itu cukup penting untuk pembicaraan ini. Bagi wanita usia menstruasi, sistem ini yang paling penting dari sistem apa pun pada tubuh. Pokoknya, hormon ini bekerja benar-benar berbeda pada wanita. Pada wanita, FSH dilepaskan selama 2 minggu, LH selama 2 minggu. Ingat di laki-laki, ia melepaskan keduanya pada saat yang sama. Kita juga tahu bahwa pada sekitar usia 50, siklus menstruasi berhenti pada wanita, ini dikenal sebagai menopause, tetapi menopause tidak disebabkan oleh hipofisis tidak melepaskan LH atau FSH, bahkan seorang wanita melepaskan LH atau FSH seumur hidup mereka tetapi ovarium berhenti merespons! “Saya kira ovarium saya terbakar habis.” Wanita pasca menopause memiliki tingkat SANGAT tinggi LH dan FSH karena mereka tidak memiliki umpan balik negatif dari ovarium.
Selama usia 12-50, hipofisis melepaskan FSH dan LH secara siklis. FSH merangsang pertumbuhan folikel ovarium pada ovarium, dan juga sel-sel folikel di sekitarnya untuk melepaskan estrogen. Estrogen adalah hormon feminisasi yang mempengaruhi tubuh, kulit, payudara, tulang wanita dan menyebabkan sedikit penebalan lapisan endometrium. Ini 2 minggu pertama dikenal sebagai fase preovulasi (atau fase folikuler). Sekitar hari ke-14, setelah 2 minggu pertama, adenohypophysis yang mulai mensekresi semakin tinggi jumlah -LH dan yang menyebabkan telur untuk keluar. Setelah telur muncul keluar ke tuba falopi, sekarang seorang wanita bisa hamil dan telur dapat hidup hanya 3-5 hari sehingga hanya ada jendela 3-5 hari di mana seorang wanita bisa hamil selama siklus. LH akan dirilis selama 2 minggu, jadi kemudian kita sebut folikel ovarium, korpus luteum, dan folikel ovarium mensekresikan estrogen dan progesteron yang menyebabkan penebalan yang sangat kuat dari lapisan endometrium. Ini disebut luteal (fase postovulatory) karena pelepasan LH. Sekitar hari ke 28, LH akan berhenti dilepaskan. Penurunan tingkat LH menyebabkan korpus luteum berdegenerasi dan penurunan ini menyebabkan penumpahan lapisan endometrium. Itu peningkatan progesteron yang menyebabkan penebalan dan sekarang penurunan tingkat menyebabkan peluruhan keluar jalan lahir. Hari pertama seorang wanita mengetahui ini, dianggap sebagai hari pertama menstruasi dan siklus dimulai lagi.
siklus menstruasi
siklus menstruasi
Jika wanita SUDAH hamil, vili korionik sekitar embrio akan mengeluarkan HCG, yang meniru LH dan merangsang korpus luteum untuk terus mensekresi progesteron sehingga hormon dari hipofisis tidak lagi mengendalikan wanita tapi bayi.
Jadi untuk ringkasnya, kita memiliki GnRH yang menyebabkan adenohypophysis untuk mengeluarkan hormon gonadotropin ini secara siklis. FSH merangsang ovarium untuk menumbuhkan folikel ovarium dan menyebabkan sel-sel folikel untuk mengeluarkan estrogen. Apa yang dilakukan LH? LH menyebabkan ovulasi dan sel folikel korpus luteum untuk mensekresi progesteron. Jadi FSH mengontrol pelepasan estrogen dan LH mengontrol pelepasan progesteron.
loop Umpan balik negatif:
saat kadar hormon estrogen meningkat, yang menghambat pelepasan FSH, karena itulah yang biasanya menyebabkan sekresi estrogen.
Peningkatan progesteron menghambat pelepasan LH, karena itulah yang biasanya menyebabkan progesteron yang akan dikeluarkan.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/03/hormon-fsh-dan-lh-pada-pria-dan-wanita.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog