Pengertian Lengkap Insulin

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas dan yang mengatur tingkat glukosa – gula sederhana yang memberikan energi – dalam darah. Tubuh manusia memerlukan jumlah mantap glukosa sepanjang hari, dan glukosa yang berasal dari makanan yang orang makan.
Orang tidak menghabiskan seluruh glukosa yang ia makan dari makanan sekaligus, tetapi harus membuat persediaan ketika sedikit makanan untuk menjaga aliran tetap glukosa. Di sinilah insulin datang masuk kedalam permainan, memungkinkan tubuh manusia untuk menyimpan glukosa sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan.
Pengertian Insulin
Insulin dan glukagon bekerja sama untuk mengontrol kadar glukosa darah tubuh, atau tingkat gula darah.

Peran insulin di dalam tubuh

Insulin adalah hormon yang memainkan sejumlah peran dalam metabolisme tubuh. Insulin mengatur bagaimana tubuh menggunakan dan menyimpan glukosa dan lemak. Banyak dari sel-sel tubuh bergantung pada insulin untuk mengambil glukosa dari darah untuk energi.

Insulin dan tingkat glukosa darah

Insulin membantu mengontrol kadar glukosa darah dengan memberi sinyal pada hati dan sel-sel otot dan lemak untuk mengambil glukosa dari darah. Oleh karena itu Insulin membantu sel-sel untuk mengambil glukosa yang akan digunakan untuk energi.
Jika tubuh memiliki energi yang cukup, insulin memberi sinyal hati untuk mengambil glukosa dan menyimpannya sebagai glikogen. Hati dapat menyimpan hingga sekitar 5% dari massa sebagai glikogen. Beberapa sel dalam tubuh dapat mengambil glukosa dari darah tanpa insulin, tetapi kebanyakan sel akan membutuhkan insulin untuk hadir.

Regulasi Glukosa

Ketika seseorang memiliki lebih banyak glukosa dalam darah nya daripada yang dibutuhkan pada saat itu, insulin merangsang sel-sel di hati, otot dan lemak. Hati dan otot sel menggabungkan glukosa menjadi senyawa yang disebut glikogen, pada dasarnya menyimpan energi untuk digunakan nanti. Insulin juga menghilangkan produk sampingan lainnya dari makanan dari tubuh dengan merangsang sel-sel lemak untuk membentuk lemak dari asam lemak dan dengan merangsang sel-sel hati dan ginjal untuk mengubah asam amino menjadi protein. Hormon ini juga mencegah hati dan ginjal dari memproduksi glukosa dari bahan dimetabolisme sebagian, sebuah proses yang dapat merusak organ-organ ini dari waktu ke waktu.

Glukagon

Insulin, yang terdiri dari 51 asam amino, berkaitan erat dengan glukagon , hormon lain yang disekresikan oleh pankreas. Glukagon mulai beraksi ketika tidak ada cukup glukosa dalam darah. Ini merangsang hati dan otot sehingga mereka akan memecah glikogen yang diciptakan melalui intervensi insulin. Insulin dan glukagon bekerja sama untuk mengontrol kadar glukosa darah tubuh, atau tingkat gula darah.

Diabetes

Ketika tubuh seseorang tidak memproduksi insulin, ia memiliki diabetes tipe 1. Seseorang yang telah diabetes tipe 1 harus menerima suntikan insulin untuk dapat mengatur kadar gula darah nya. Ketika tubuh seseorang memproduksi insulin tetapi tidak menggunakannya dengan benar, ia memiliki diabetes tipe 2, yang jauh lebih umum daripada Jenis Tipe 1. Orang yang memiliki diabetes tipe 2 biasanya memiliki kadar gula darah tinggi sehingga mereka harus mengaturnya melalui diet dan latihan. Insulin atau obat tertentu lainnya juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2 jika diet yang tepat dan olahraga tidak dapat mengatur kadar gula darah pasien.

Peran dalam Otak

Insulin juga memainkan peran penting dalam otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa insulin otak membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan untuk belajar seseorang. Ada juga studi yang menunjukkan bahwa insulin mungkin membantu melawan penyakit Alzheimer dengan menghalangi protein yang menyerang sel-sel otak korban, yang akan mengurangi atau mencegah kehilangan memori. Studi telah dilakukan di mana pasien Alzheimer menyemprotkan insulin melalui lubang hidung mereka, dan hasilnya telah mendorong para peneliti.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2014/10/pengertian-insulin.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog