Pengertian Lengkap Limpa

Limpa adalah organ, seukuran kepalan tangan, ditemukan dalam perut manusia. Fungsi limpa sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh dan memberikan kontribusi untuk produksi dan penyimpanan sel darah sebagai bagian dari sistem peredaran darah.
Fungsi Limpa
Fungsi Limpa

Fungsi Limpa

Sebagian besar fungsi limpa yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh atau suplai darah. Limpa menghilangkan sel darah merah tua, yang disebut eritrosit, dari suplai darah dan menghilangkan, menyimpan dan menghasilkan limfosit sel darah putih. Limfosit yang disimpan menghasilkan antibodi dan membantu dalam menghilangkan mikroba dan sampah lainnya dari suplai darah.

Karakteristik Limpa

Limpa adalah organ lembut, gelap-ungu yang ditemukan di bagian atas-kiri perut. Terletak antara perut dan diafragma di bawah tulang rusuk, limpa memiliki ukuran rata-rata dari 12 cm, tinggi 7 cm dan 4 cm. Berat dan ukuran limpa agak berbeda dalam kehidupan, dan dapat seberat 100-250 g pada orang dewasa.

Fitur Limpa

Limpa terdiri dari dua jenis jaringan: pulpa putih dan pulpa merah. Pulpa putih limpa berpartisipasi dalam sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi limfosit. Pulpa merah bertindak sebagai filter dan waduk untuk darah. Karena fungsinya dalam sistem kekebalan tubuh dan peredaran darah, limpa dikelilingi oleh banyak pembuluh darah dan getah bening.

Pertimbangan Setelah Penghapusan Bedah Limpa

Seorang individu dapat bertahan hidup tanpa limpa. Jika limpa rusak parah, dapat diangkat melalui pembedahan dengan prosedur yang disebut splenektomi. Sebagian besar fungsi limpa diambil alih oleh hati setelah splenektomi. Setelah limpa diangkat, bagaimanapun, seorang individu memiliki peningkatan kerentanan terhadap infeksi karena hilangnya fungsi kekebalan tubuh yang hati tidak dapat mengkompensasinya.

Limpa membesar

Limpa bisa membesar akibat infeksi, anemia atau kanker. Pembesaran ini adalah hasil dari kelebihan sel darah yang terperangkap yang dapat merusak fungsi limpa itu. Pembesaran limpa diobati dengan mengatasi penyakit yang mendasarinya. Pembesaran limpa dapat dideteksi dengan pemeriksaan dokter atau melalui pencitraan diagnostik.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/01/apakah-fungsi-limpa-pada-manusia.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog