Pengertian Lengkap

 Lichenes atau lumut kerak adalah tumbuhan hasil simbiosis mutualisme (hubungan yang saling menguntungkan) dari perpaduan antara fungus /jamur dengan ganggang hijau (umumnya Trebouxia sp) atau  cyanobacterium (umumnya Nostoc). Untuk mengklasifikasikan Lichenes atau lumut kerak ini sangat sulit karena ia merupakan gabungan dari dua jenis tumbuhan yang berbeda sejarah. lichenes atau lumut kerak
IMG0845A
lichenes atau lumut kerak yang cantik



Pada Lichenes atau lumut kerak, jenis jamurnya tidak dapat hidup sendiri di alam. Sehingga ia memerlukan mitra untuk berfotosintesis. Nah, yang jadi mitra fotosintesisnya ialah ganggang hijau tadi. Sementara itu, si jamur memberikan pasokan air dan garam mineral kepada ganggang.
Sebagian spesies dari Lichenes atau lumut kerak ini mampu hidup dalam lingkungan yang sangat ekstrim, namun sebagian lainnya sangat peka atau rentan terhadap pencemaran lingkungan. Oleh karena itu Lichenes atau lumut kerak ini dapat dijadikan oleh ilmuwan sebagai indikator untuk pencemaran udara, kontaminasi logam dan sebagainya.
Cara berkembangbiak pada Lichenes atau lumut kerak ada tiga macam, yaitu :
  1. Secara Vegetatif : Fragmentasi (pemisahan bagian tubuh yang sudah tua menjadi individu baru) , Isidia (lepasnya isidia dari thallus menjadi individu baru), Soredia (tersebarnya soredium dan tumbuh menjadi individu baru).
  2. secara aseksual : spora dari jamurnya menyebar, dan bila bertemu dengan ganggang yang cocok maka dia akan membentuk individu baru.
  3. secara seksual : ini terjadi hanya pada jamurnya saja.
Lichenes atau lumut kerak ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia. Beberapa manfaat Lichenes atau lumut kerak  antara lain adalah sebagai berikut :
  • obat-obatan, misalnya : lobaria pulmonaria
  • bahan makanan, missalnya : foliose lichenes
  • antibiotik, misalnya : cladonia
  • sabun, misalnya : palmeria, ramalina
  • bahan pewarna tekstil , misal : palmeria sulcata
  • parfum, misalnya : evernia prunastri

artikel ini disalin lengkap dari: https://amoraindonesia.wordpress.com/2013/03/17/lichenes-atau-lumut-kerak/
halaman utama website: https://amoraindonesia.wordpress.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog