Perbedaan Pembuluh Darah dengan Pembuluh Limfa

Bersama-sama dengan jantung, pembuluh darah merupakan komponen utama dari sistem peredaran darah, yang terdiri dari sebuah jaringan yang rumit dari tabung ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah melibatkan fungsi gabungan dari jantung, darah dan pembuluh darah untuk memberikan oksigen dan nutrisi ke sistem organ dan jaringan dan untuk mengeluarkan produk sampah yang dihasilkan dari metabolisme.



Sistem limfatik terdiri dari sistem yang rumit dari pembuluh limfatik dan jaringan limfatik, termasuk kelenjar getah bening, limpa dan timus. Tujuan utama dari pembuluh limfatik adalah untuk menyerap dan kembali cairan getah bening dari tubuh kembali ke darah, dan untuk membantu fungsi kekebalan tubuh.

Pembuluh darah

Tiga jenis pembuluh darah dapat dibedakan. Arteri membawa darah dari jantung, dan vena membawa darah menuju jantung. Kapiler adalah link terkecil antara arteri dan vena dan dibentuk oleh arteri kecil, yang disebut arteriol, bercabang menjadi semakin kecil diameter.
Dinding tipis kapiler memungkinkan pertukaran oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan penyerapan karbon dioksida dan produk limbah kembali ke dalam sistem peredaran darah.
Dalam rangka untuk menahan tekanan tinggi darah yang dipompa dari jantung, arteri memiliki dinding tebal dan sistem maju lebih baik dari otot polos di dinding pembuluh darah mereka daripada.
Tekanan darah dalam pembuluh darah yang jauh lebih rendah, dan otot-otot halus di dinding mereka tidak juga berkembang seperti di arteri.
Karena tekanan rendah, ada kemungkinan dari pengumpulan darah di sistem vena, yang dicegah oleh berfungsi katup satu arah di dalam pembuluh darah untuk mendukung aliran darah melawan gravitasi menuju jantung.

Pembuluh Limfa

Sistem limfatik sangat erat kaitannya dengan sistem darah dan merupakan rute aksesori dimana cairan getah bening dapat mengalir dari jaringan tubuh kembali ke dalam aliran darah. Pembuluh getah bening dapat dikategorikan ke dalam kapiler getah bening, pra-kolektor, kolektor getah bening dan batang limfatik.
Kapiler getah bening merupakan awal dari sistem drainase limfatik dan berasal di dekat kapiler darah. Kapiler getah bening menyerupai kapiler darah tetapi memiliki struktur sel yang lebih teratur dan lebih permeabel dari kapiler darah. Karena struktur mereka, kapiler limfe mampu menyerap partikel yang lebih besar dari jaringan, seperti protein, sel, bakteri dan zat besar lainnya, yang tidak dapat diserap oleh kapiler darah.
Partikel-partikel ini, bersama-sama dengan air, kemudian melakukan perjalanan melalui sebuah jaringan yang rumit dari pre-kolektor dan kolektor getah bening yang lebih besar dan batang kembali ke dalam sirkulasi darah melalui vena sudut.
Dalam perjalanan kembali ke darah, cairan limfatik perjalanan melalui sejumlah berturut kelenjar getah bening, yang menyaring kotoran dari getah bening.[

Perbedaan utama Pembuluh darah dan Pembuluh Limfa

Sistem peredaran darah merupakan sistem tertutup, dengan hati sebagai pusat motorik, dan darah dan pembuluh darah sebagai elemen struktural lainnya.
Tujuan utama dari pembuluh darah adalah pasokan tak terputus dari seluruh jaringan tubuh dengan nutrisi dan oksigen darah, dan penghapusan sisa metabolisme dan karbon dioksida dari sel-sel jaringan. Bagian dari sistem peredaran darah yang memberikan darah ke dan dari paru-paru dikenal sebagai sirkulasi paru, dan aliran darah ke seluruh bagian tubuh yang dikelola oleh sirkulasi sistemik.
Sistem limfatik dan pembuluh yang tidak membentuk sistem peredaran darah tertutup. Ini dimulai dengan pembuluh limfatik kecil, atau kapiler getah bening, dalam jaringan tubuh, dan berlanjut dengan pembuluh berturut-turut lebih besar limfatik, atau kolektor dan batang, yang akhirnya terhubung ke bagian vena dari sistem peredaran darah.
Tidak ada pompa sentral terkait dengan sistem limfatik; pembuluh getah bening menghasilkan sistem propulsi sendiri dengan jaringan otot halus yang terletak di dinding kolektor getah bening dan batang. Karena pembuluh getah bening bekerja sesuai dengan prinsip satu arah dan tidak sebagai sistem peredaran tertutup seperti darah, itu lebih tepat untuk berbicara tentang transportasi getah bening daripada sirkulasi getah bening. Sementara aliran darah melalui pembuluh darah terganggu, transportasi cairan getah bening melalui sistem pembuluh getah bening terganggu oleh kelenjar getah bening.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/09/perbedaan-antara-pembuluh-darah-dan-pembuluh-limfa.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog