Pengertian Lengkap Antigen dalam Darah

Antigen golongan darah yang karbohidrat yang melekat pada protein atau lipid. Antigen adalah zat asing bagi tubuh yang menyebabkan reaksi kekebalan. Respon imun terjadi ketika antibodi, yang merupakan protein dalam sistem kekebalan tubuh, yang dipanggil untuk menyerang antigen. Ketika Anda mengatakan Anda adalah golongan darah A, apa yang Anda memberitahu orang-orang adalah bahwa sel-sel dalam tubuh Anda membuat antibodi hanya untuk mengetik antigen B. A-jenis antigen permukaan sel tidak diakui.

Antigen permukaan ini dapat menempel pada permukaan sel-sel darah (lebih spesifik pada membran plasma yang mengelilingi sel) atau protein atau lipid di mana saja di tubuh Anda.
Itu berarti bahwa tubuh Anda membuat antibodi terhadap antigen tipe B. (Jika golongan darah Anda adalah positif atau negatif, yang mengacu pada faktor Rh.) Jadi, pada dasarnya, tubuh Anda membunuh dari sel-sel yang mengandung antigen tipe B, yang memungkinkan tipe A menjadi dominan. Anda dapat menerima tipe A darah atau golongan darah O dan dapat menyumbangkan darah untuk orang-orang dengan tipe A atau tipe AB.
Jika Anda adalah tipe darah B, situasinya terbalik. Sel-sel Anda memiliki antigen tipe B terpasang, sehingga tubuh Anda membentuk antibodi melawan hanya tipe A.
Setelah antigen tipe A disimpan di teluk, sel-sel darah Anda “show” tipe B sebagai jenis yang dominan. Anda dapat menerima jenis B atau tipe darah O, dan Anda dapat menyumbang untuk orang-orang dengan tipe B atau tipe darah AB.
Jika Anda adalah tipe darah AB, sel-sel Anda tidak membuat antibodi terhadap tipe A atau tipe antigen permukaan B. Oleh karena itu, Anda dapat menerima darah dari donor dengan golongan darah (penerima universal), tetapi Anda dapat menyumbangkan darah hanya untuk orang lain dengan tipe darah AB.
Pengertian Antigen dalam Darah
Pengertian Antigen dalam Darah
Jika Anda adalah tipe darah O, sel-sel Anda membuat antibodi terhadap antigen kedua tipe A dan tipe B. Ini berarti bahwa jika Anda membutuhkan darah, Anda hanya dapat menerima lebih banyak golongan darah O. Tapi, Anda bisa menyumbangkan darah kepada siapa pun; dengan demikian, Anda adalah seorang donor universal. Tipe darah O adalah yang paling umum.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/03/pengertian-antigen-dalam-darah.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog