Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Tanaman anggur adalah salah satu tanaman terna yang diperkirakan mulai diberdayakan sekitar tahun 4000 masehi diwilayah timur tengah. Tanaman ini menghasilkan buah yang dikenal memiliki rasa enak dan menyegarkan. Selain itu buah anggur juga kaya akan kandungan nutrisi penting dan brmanfaat bagi kesehatan tubuh anda.
Dalam buah anggur terkandung beberapa senyawa seperti polifenil dan resveratol dimana kedua senyawa ini berperan penting dalam proses metebolisme tubuh anda. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa anti oksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang masuk dan merugikan tubuh. Terkandung juga sejumlah vitamin seperti vitamin A, C dan B6 dan juga sejumlah mineral seperti fosfor, kalsium, kalium dan sebagainya.
Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah anggur untuk tubuhm antara lain sebagai berikut.
1. Menjaga kesehatan mata dan melindunginy dari katarak 
Buah anggur mengandung flavonoid yang berperan dalam menjaga kesehatan mata dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.
2. Mengatasi migrain dan juga melindungi tubuh dari penayakit kanker payudara.
Buah anggur yang diubah menjadi jus anggur bermanfaat untuk membantu mengatasi sakit kepala sebelah atau migraine. Jus anggur juga dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker payudara.
3. Melancarkan saluran pembuluh darah dan mengurangi resiko penyakit jantung
Anti oksidan dalam buah anggur dapat membantu menghentikan oksidasi kolestterol LDL. Kolesterol jenis ini dapat menghambat pembuluh darah.. Jumlah kolesterol LDL dapat mengendap pada saluran pembuluh darah sehingga menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang pada akhirnya akan menjadikan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruha organ tubuh menjadi lebih berat.
4. Melancarkan pencernaan tubuh dan menjaga kesehatan ginjal 
Sejumlah kandungan nutrisidalam buah anggur dapat membantu melancarkan pencernaan tubuh dan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan. Mengkonsumsi buah anggur juga dapat membantu menghilangkan asam pada ginjal, sehingga kesehatan ginjal tetap terjaga.
5. Meringankan penyakit asma 
Buah anggur memiliki kekuatan assimiratory yang berperan meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Kondisi ini baik sekali bagi para penderita asma karena bisa menurunkan sesak napas.
6. Mengontrol tingkat kolesterol darah
Senyawa pterostilbene dalam buah anggur beperan penting dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi buah anggur beserta kulitnya juga dapat membantu penyerapan kolesterol dalam darah.
7. Melancarkan buang air besar
Kombinasi gula, selulosa dan asam organic dalam buah anggur berperan sebagai obat pencahar, sehingga mengkonsumsi buah anggur dapat membantu melancarkan poembuangan kotoran berupa peses.
8. Melindungi tubuh dari infeksi
Buah anggur bersifat antibakteri dan juga antivirus. Mengkonsumsi buah anggur dapat memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap infeksi.
Manfaat buah anggur untuk diet
Buah anggur juga merupakan salah satu buah-buahan yang dianjurkan untuk dimasukkan kedalam menu makanan anda.dalam buah anggur terkandung senyawa sejenis resveratol yang berperan dalam menghambat perkembangan sel-sel lemak mentah menjadi matang, sehingga jumlahnya dalam tubuh bisa dikurangi.
Terkandung juga senyawa piceatannol yang diyakini oleh para ilmuan berperan penting untuk mencegah terjadinya obesitas pada tubuh manusia.
Demikian sejumlah manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh anda, semoga dengan mengetahui begitu besarnya manfaat dari buah anggur ini, anda semakin menyukain untuk mengkonsumsi buah ini.

artikel ini disalin lengkap dari: http://racikanobatku.blogspot.co.id/2014/01/manfaat-anggur-bagi-kesehatan-dan-diet.html
halaman utama website: http://racikanobatku.blogspot.co.id/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog