Ciri Umum dan Klasifikasi Tanaman Mangga

Mangga adalah salah satu jenis tanaman yang sangat populer di indonesia.Rasa buahnya yang manis membuat buah ini menjadi primadona dan disukai oleh hampir seluruh masyarakat.

Gambar pohon mangga, bagian-bagian tanaman mangga dai akar batang daun hingga buah
Tanaman yang termasuk kedalam marga Mangifera ini diduga berasal dari wilayah India yang kemudian meyebar ke wilayah asia tenggara tarmasuk ke wilayah Indonesia dan Malaysia. Adapun mangga yang tumbuh di indonesia termasuk kedalam jenis Mangifera indica L, seperti mangga golek, manalagi, arum manis, gedong dan jenis Mangifera foetita yaitu kweni dan kemang.

Pohon mangga tergolong kedalam tumbuhan tingkat tinggi dan tergolong kedalam kelompok arboreus, ini dikarenakan pohon mangga memiliki struktur batang yang memilik ketinggian lebih dari 5 meter.Ketinggian pohon mangga sendiri bisa mencapai 10 hingga 40 meter. Nama mangga sendiri berasal dari Malayam maanga.lalu dalam bahasa Indonesia di padankan menjadi mangga.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Mangga


Kerajaan:
Plantae
Filum:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Sapindales
Famili:
Anacardiaceae
Genus:
Mangifera
Spesies:
M. indica

Ciri umum tanaman mangga

Ciri Fisik yang bisa dikenali dari tanaman mangga antara lain :
  • Pohon mangga umumnya memiliki ukuran batang yang besar. Tumbuh hingga mencapai 40 meter/ lebih. Batang tegak, bercabang.
  • Daun tunggal dan tumbuh lebat yang tersebar disetiap batang. Panjang setiap tangkai daun berbeda antara 1,25 – 12,5 cm. Bagian pangkal daun membesar dan sisi sebelah atas memiliki alur daun. untuk letak daun pada batang biasanya berjarak 3/8, semakin mendekati bagian ujung batang letak daun makin berdekatan hingga menyerupai lingkaran yang tidak beraturan. Helai daun umumnya berbenjuk jorong sampai lnset, tekstur agak liat, warna daun hijau berkilap, untuk daun muda berwarna kemerahan, kekuningan atau keunguan. Pangkal daun berbentuk lancip, bagian tepi daun berbentuk gelombang dengan ujung meluncip.Untuk daun mangga sendiri memiliki bentuk yang bervariasi sesuai dengan varietasnya. Beberapa variasi bentuk daun mangga antara lain : lonjong dengan ujung seperti mata tombak, bulat telur dengan ujung daun meruncing, Segi empat dengan ujung daun runcing, segi empat dengan ujung membulat.
  • Kulit pada batang tebal dan memiliki tekstur kasar. Banyak terdapat celah-celah kecil dan sisik yang merupakan bekas tangkai daun. Kulit batang yang sudah tua umumnya berwarna coklat keabuan, kelabu tua, sampai warna hitam.
  • Akar tanaman mangga bercabang-cabang yang panjangnya bisa mencapai 6 meter. Pada kedalaman antara 30 -60 cm cabang akar tumbuh banyak. Lebih kedalam akar semakin sedikit.
  • Bunga mangga tergolong kedalam bunga majemuk, umumnya berwarna kuning kehijauan, tumbuh memanjang hingga 40 cm. Berkelamin campuran.
  • Buah mangga pada usia muda berwana hijau muda, dan akan berubah warna kuning kehijauan pada usia siap panen. Bentuk buah mangga sendiri beraneka ragam, ada yang bulat, bulat telur , hingga lonjong memanjang. Ukuran panjang buah antara 2,5 – 30cm.

artikel ini disalin lengkap dari: http://racikanobatku.blogspot.co.id/2012/09/klasifikasi-dan-ciri-umum-tanaman-mangga.html
halaman utama website: http://racikanobatku.blogspot.co.id/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog