Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Salah satu organ yang paling kompleks dan luar biasa dari tubuh manusia, otak tidak diragukan lagi komponen yang paling penting dari sistem saraf. Beratnya sekitar 1,4 kilogram, mengandung sekitar seratus miliar neuron, atau sel saraf. Hal ini dibagi menjadi dua belahan – otak kanan dan otak kiri, yang keduanya berbeda dalam hal fungsi kognitif yang mereka laksanakan.
Prinsip perbedaan antara kedua sisi otak adalah bahwa sisi kanan mengontrol sisi kiri tubuh, sedangkan sisi kiri mengendalikan sisi kanan. Meskipun wenangan kiri berhubungan dengan otak kanan, pusat bahasa lebih cenderung berada di sisi kanan atau di kedua sisi otak.
Perbedaan Ciri Otak Kiri dan Kanan
Perbedaan Ciri Otak Kiri dan Kanan
► Karakteristik Otak Kanan


intuitif
holistik
sintesis
subyektif
► Karakteristik Otak Kiri
logis
berurutan
rasional
analitis
obyektif

Otak Kiri Vs Kanan.

Ada banyak perbedaan antara kedua belahan otak. sifat Orang-orang sangat tergantung pada bagian mana dari otaknya mendominasi sistem saraf. Disebutkan di bawah ini adalah sepuluh poin, masing-masing menyoroti perbedaan antara otak kanan dan kiri.
  • Otak kanan adalah intuitif, berarti itu dipimpin oleh perasaan, sedangkan otak kiri adalah analitis, berarti itu dipimpin oleh pendekatan logis terhadap masalah.
  • Otak kanan cenderung membuat koneksi lateral yang dari informasi yang diturunkan, sedangkan otak kiri cenderung membuat kesimpulan logis dari informasi yang diperoleh.
  • Otak kanan bersifat visual, menekankan pada musik dan pola, sedangkan otak kiri adalah verbal, menekankan pada kata-kata, angka dan simbol.
  • Orang berotak kanan berjuang dengan rumus matematika dan kata-kata untuk mengekspresikan diri, sementara orang-orang berotak kiri yang sangat baik pada menghafal rumus matematika dan juga mengekspresikan mereka cukup baik.
  • Pada orang dengan dominasi otak kanan, keterampilan organisasi yang sangat miskin, di sisi lain orang dengan dominasi otak kiri sangat terorganisir.
  • Orang dengan otak kanan tidak memberikan perhatian terhadap rincian menit, tetapi orang-orang dengan otak kiri cenderung berfokus pada masing-masing dan setiap detail menit dan langkah yang diambil.
  • Ketika diberi tugas perakitan hal tertentu, orang-orang otak kanan akan mulai bekerja segera tanpa membaca instruksi, sementara orang-orang berotak kiri hati-hati akan melalui instruksi dan kemudian mulai bekerja.
  • Ketika orang-orang dengan hak berkomunikasi otak, mereka cenderung membuat banyak gerakan dengan tangan mereka, bertentangan dengan yang orang otak kiri tidak menggunakan gerakan saat berkomunikasi.
    Otak kanan dirancang untuk mendengarkan ‘bagaimana’ sesuatu yang dikatakan, sedangkan otak kiri dirancang untuk mendengarkan ‘apa’ yang dikatakan.
  • Walaupun orang-orang berotak kanan tidak merasionalisasi hal yang mereka lakukan memiliki kecenderungan untuk mempertanyakan aturan, di sisi lain meninggalkan orang berotak tidak pernah mempertanyakan aturan, sebaliknya mereka siap menerima mereka.
Orang dengan otak kanan dominan mengalami kesulitan dalam memprioritaskan hal-hal yang membuat mereka melaksanakan hal-hal terburu-buru pada saat terakhir, sedangkan orang-orang dengan otak kiri dominan berpengalaman dengan perencanaan masa depan yang membuat mereka harus dipersiapkan dengan baik sebelumnya.
Proses membagi otak manusia sesuai dengan lokalisasi struktural disebut sebagai spesialisasi belahan otak – dan studi spesialisasi belahan otak mengungkapkan bahwa orang dengan dominansi otak kanan unggul dalam bidang-bidang seperti atletik, kewirausahaan, musik, dll, sementara orang dengan dominasi otak kiri unggul dalam hukum, akuntansi, dll

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sridianti.com/perbedaan-ciri-otak-kiri-dan-kanan.html
halaman utama website: http://www.sridianti.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog