Jenis dan Teknik Gelombang Elektromagnetik

Bumi penuh buah ilmu yang luar biasa. Manusia telah mengidentifikasi banyak fenomena setelah bertahun-tahun percobaan dan namun mereka belum mengidentifikasi semua dari mereka, tidak akan pernah mungkin. Bahkan Anda tidak melihat ilmu di sekitar Anda, hal itu terjadi setiap hari 24/7. Gelombang hanya salah satu dari mereka.

Saya telah menjelaskan Anda 2 jenis gelombang di posting sebelumnya. Itu tentang gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Hal yang menakjubkan adalah mereka 2 jenis gelombang milik sesuatu yang saya akan menjelaskan sekarang.
Ada jenis energi yang mentransfer sebagai gelombang cahaya dan gelombang suara. Anda sudah tahu pentingnya media untuk gelombang suara. Namun, gelombang cahaya tidak memerlukan media apapun untuk bepergian. Gelombang panas adalah contoh lain untuk jenis gelombang.
Gelombang ini yang tidak memerlukan media dapat melakukan perjalanan bahkan melalui ruang hampa. Apakah Anda tahu satelit dan stasiun ruang angkasa mengirimkan informasi sebagai jenis gelombang. Oke, akhirnya membiarkan saya mengatakan itu, mereka dikenal sebagai Gelombang Elektromagnetik.

Jenis Gelombang

Sebelumnya kami diklasifikasikan gelombang dengan mempertimbangkan pergerakan partikel. Dan sekarang Anda akan mengetahui 2 jenis gelombang menurut media propagasi.
Gelombang mekanik
Gelombang elektromagnetik
Lihat diagram alir berikut untuk menyadari jenis gelombang bagaimana sebelumnya yang berkaitan dengan klasifikasi ini gelombang.

Jenis Teknik Gelombang

Jenis dan Teknik Gelombang Elektromagnetik
Jenis dan Teknik Gelombang Elektromagnetik
Ada banyak jenis gelombang, tetapi ini jenis gelombang memerlukan media untuk perjalanan. Gelombang mekanik meliputi banyak gelombang seperti,
Gelombang suara
Gelombang air
Gelombang laut
Gelombang gempa bumi
Gelombang seismik

Gelombang suara

Gelombang suara dianggap sebagai gelombang mekanik di bawah sub tipe, gelombang longitudinal. Ketika berbicara tentang gelombang suara, ada seluruh banyak suara yang kita dengar sehari-hari dari lagu ke tanduk dan suara Anda untuk suara burung.
Apakah Anda tahu ada energi mengalir dengan gelombang? Ya, itu sebabnya partikel bergetar dan mengapa kita mendengar suara. Banyak hewan membuat suara dengan bergetar pita suara dari tenggorokan mereka. Komunikasi saat ini berkembang ke email, pesan dan teknologi serupa, tetapi metode yang umum adalah komunikasi suara.
Musisi telah melakukan hal-hal menakjubkan dengan memanipulasi suara untuk membangun lagu. Anda dapat menemukan alat bahkan gila juga.

Gelombang air

Apa yang terjadi ketika batu dijatuhkan ke ember air? Ini menghasilkan beberapa jenis gelombang. Ingat gelombang air selalu gelombang transversal di bawah gelombang mekanik jenis utama. Ini berarti partikel bergetar kanan miring ke arah gelombang. Tsunami, banjir yang kerusakan umum gelombang air.

 Gelombang Gempa Bumi

Bumi memiliki beberapa lapisan dan salah satunya adalah litosfer. Hal ini dipecah menjadi lempeng tektonik dan kadang-kadang lempeng-lempeng ini meluncur di dalam bumi. Kegiatan ini menyebabkan gempa bumi. Cepat melepaskan stres dan energi melalui retakan di bumi adalah alasan utama untuk gempa bumi.
Gempa bumi terjadi ketika dasar laut retak diatur lagi dengan satu sama lain karena pelepasan energi melalui proses. Gelombang kejut ini datang ke permukaan bumi gempa bumi.
Episenter adalah tempat di mana semuanya dimulai. Ada 2 jenis gelombang yang berasal dari pusat gempa.
Gelombang tubuh
Gelombang Permukaan
Jadi apa yang buruk dari atas 2? Apa yang menyebabkan kerusakan menyakitkan untuk hidup kita? Mereka adalah gelombang permukaan. Mereka adalah gelombang transversal.
Anda dapat menemukan 2 jenis gelombang untuk gelombang tubuh sebagai gelombang Dasar dan Menengah.
– Gelombang Primer → gelombang longitudinal
– Sekunder Gelombang transversal →
Gelombang tubuh sekunder mendapat kemampuan bepergian melalui dalam bumi. Gelombang gempa juga dikenal sebagai gelombang seismik dan mereka dapat diidentifikasi dengan seismometer.

Gelombang Air Dangkal

Jenis gelombang diciptakan di air dangkal. Gerakan melingkar mereka berubah menjadi gerakan elips sekali dekat pantai. Gelombang permukaan menjadi lebih curam dan tinggi. Namun yang lebih tinggi kedalaman berarti gelombang yang lemah yang memecah dengan cepat. Itu sebabnya ombak dibentuk oleh puncak dari jenis gelombang.
Tsunami juga jenis air dangkal tenun. Gelombang ini memiliki panjang gelombang yang lebih tinggi dan jumlah sedikit energi kehilangan ketika perjalanan. Di daerah dekat pantai panjang gelombang menjadi kecil dengan meningkatkan amplitudo gelombang. Jadi ternyata menjadi gelombang rakasa yang menyerang lahan.
Celah-celah dasar laut sering dapat terjadi karena tanah longsor, letusan gunung berapi, tes bom nuklir di bawah air dan meteor juga.

Jenis Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah jenis gelombang yang tidak memerlukan media apapun untuk bepergian. Gelombang ini dapat merambat bahkan dalam ruang juga. Ayunan dari medan listrik dan magnetik tegak lurus atau sudut yang tepat untuk masing-masing bentuk lain gelombang elektromagnetik.
Jika kita seorang menggambar gambar 3 dimensi untuk mewakili gelombang elektromagnetik. Maka akan memiliki 3 dimensi X, Y (Up atau Down) dan Z.
Listrik dan magnet bidang yang melebar ketika kecepatan bolak arah meningkat saat ini. Karena getaran frekuensi tinggi bidang ini melepaskan energi ke lingkungan sebagai gelombang. Tidak seperti gelombang mekanis lainnya jenis gelombang memiliki panjang gelombang yang berbeda dan frekuensi. Yang mengakibatkan berbagai properti untuk setiap gelombang elektromagnetik.
Dunia menjadi hari yang kreatif dan inovatif demi hari. Manusia telah menciptakan berbagai gadget dengan kemampuan menangani gelombang elektromagnetik individu. Ingin saya untuk menentukan beberapa contoh? Aku ingin melakukannya bahkan jika Anda tidak ingin mendengarnya.
Televisi, Oven, Radio, Radar, mesin X-ray dan banyak lagi. Sebelum memukul beberapa jenis gelombang, biarkan aku menggambarkan karakteristik umum dari gelombang elektromagnetik.
Gelombang elektromagnetik adalah jenis gelombang transversal.
Gelombang ini tidak memerlukan media untuk perjalanan.
Seperti nama menyiratkan gelombang, gelombang ini menunjukkan sifat listrik dan magnetik.
Tidak ada biaya apapun terjadi pada gelombang.
Gelombang elektromagnetik bekerja dengan hukum refleksi dan refraksi.
Mereka melakukan perjalanan garis lurus dalam ruang hampa dengan kecepatan 3 x 108 ms-1.
Intensitas gelombang elektromagnetik tergantung pada kekuatan medan listrik.
Jenis dan Teknik Gelombang Elektromagnetik
Jenis dan Teknik Gelombang Elektromagnetik

Microwave

Aku yakin ibumu akrab dengan oven microwave lebih baik dari Anda. Karena ada peralatan dapur menggunakan kekuatan microwave. Gelombang ini memiliki frekuensi tinggi bila dibandingkan dengan TV dan radio gelombang. Lihat gambar untuk pemahaman lebih dekat dari berbagai gelombang elektromagnetik.
Bahwa instrumen dapur oven microwave. Sihir adalah gelombang mikro dapat membentuk panas dalam makanan disimpan dalam oven microwave. Yang mengakibatkan memasak cepat dan efisien dari makanan lebih baik daripada kompor gas biasa.
Microwave juga digunakan dalam radar dan untuk tujuan komunikasi.

Gelombang Radio & Televisi

Gelombang ini memiliki frekuensi yang lebih rendah dari gelombang mikro dan menggunakan untuk tujuan komunikasi. Radio dan TV bekerja karena gelombang ini. FM – Frekuensi Modulation – dikenal sebagai gelombang milik kisaran gelombang MHz sedangkan AM – Amplitude Modulation – dikenal sebagai gelombang milik kisaran gelombang KHz.
Saya yakin Anda telah mendengar tentang nama pendek AM dan FM, tetapi apakah Anda tahu arti dari itu? Gelombang TV milik kisaran MHz di mana gelombang FM berada.

Sinar inframerah

Seperti yang Anda lihat pada gambar gelombang elektromagnetik, Infrared Rays terletak di tempat ke-3 setelah radio, gelombang TV dan oven microwave. Karena sinar inframerah memiliki frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan 2 jenis gelombang. Sinar infra merah yang mirip dengan oven microwave sedikit karena mereka adalah jenis sinar panas.
Sebagai soal fakta, setiap item panas atau gadget atau objek menjadi dingin setelah melepaskan panas sebagai radiasi inframerah. Yap! semua benda menjadi hangat karena penyerapan sinar inframerah.
Misalkan Anda ingin mengeringkan pakaian Anda dengan menggunakan energi dari sinar matahari. Anda tahu gelombang elektromagnetik yang datang sebagai cahaya. Sekarang menjaga faktor penguapan air ke samping dan berkonsentrasi pada pengeringan pakaian dengan sinar matahari. Berikut pakaian mendapatkan kering karena sinar inframerah. Ini alasan yang sama mengapa itu mendapat hangat juga!
Fotografi dan industri medis menggunakan sinar inframerah untuk berbagai pekerjaan.
Cahaya tampak
Anda dapat melihat dunia karena gelombang cahaya tampak dari gelombang elektromagnetik. Bintang dan matahari memancarkan cahaya tampak yang meliputi 7 warna. Anda tahu apa yang mereka memiliki berbagai panjang gelombang. Mari saya perkenalkan Anda yang 7 warna sekarang,
Merah
Jeruk
Kuning
Hijau
Biru
Violet
Magenta
Warna favorit saya adalah hitam, Bright Yellow, Dark Red. Apa Anda?

X-Rays

Sinar-X mengalahkan semua jenis gelombang dengan frekuensi tinggi pada akhirnya. Ya! Sinar-X yang benar-benar cukup untuk menembus tubuh kuat karena jumlah energi. Itu sebabnya dokter menyarankan banyak pasien untuk mengambil sinar-X untuk mendiagnosa berbagai penyakit seperti kanker. Oleh karena itu sinar-X secara luas digunakan dalam industri medis.
Foto-foto yang diambil dengan sinar-X menunjukkan hanya bayangan dari apa yang ditembus. Gelombang ini dapat mengidentifikasi hanya tulang dan jaringan berwarna hewan. Orang menggunakan sinar-X untuk menghadapi masalah apapun dengan pipa baja dan ilmuwan menggunakannya sebagai cara untuk melihat pola elektron dalam atom. Namun gelombang ini dapat menyebabkan mutasi gen beberapa kali.

Ultraviolet Rays

Apakah Anda menonton ‘The Saring’ serial TV bulan lalu? Ef di acara itu menggunakan sinar ultraviolet atau UV untuk melihat cacing putih. Harap Anda menyadari sinar ultraviolet yang digunakan dalam industri medis pada saat itu.
Oke katakan padaku, apakah Anda peduli tentang kulit Anda? Sinar ultraviolet membantu dalam penyamakan kulit Anda ditambah sintesis vitamin D. Setiap hal yang baik memiliki sisi jahat, paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet dapat berbahaya bagi kulit Anda dan retina mata. Ingat sinar UV bisa menjadi penyebab kanker.
Ada zat yang menyerap gelombang elektromagnetik seperti sinar ultraviolet. Kemudian zat ini memancarkan cahaya tampak untuk surround. Zat-zat ini dikenal sebagai kemekaran. Saya kira Anda telah melihat mereka kemekaran lampu tabung. Apakah Anda tahu bagaimana mereka bekerja? Mari saya jelaskan itu.
Lampu tabung yang terbuat dari kaca dengan zat kemekaran diterapkan pada permukaan dalam dari itu. Ada gas di dalam tabung cahaya yang menghasilkan sinar ultraviolet saat arus listrik melewati tabung. Begitu sinar ultraviolet terbentuk mereka diserap oleh zat kemekaran diterapkan pada permukaan bagian dalam kaca. Akhirnya keajaiban memberikan keluar cahaya tampak dari itu.
Jadi apa yang Anda pikirkan tentang bahan kemekaran? Mungkin Anda bisa mengintegrasikan mereka barang untuk melakukan sesuatu yang inovatif dan indah. Manusia telah dicampur zat mereka dengan cat, sehingga setelah diaplikasikan pada dinding, tampak cerah. Ada beberapa kegunaan dari sinar ultraviolet seperti menggunakan mereka untuk membunuh bakteri, penyamakan kulit, untuk menemukan celah-celah objek dan untuk mengidentifikasi mata uang palsu.
Ini bukan akhir dari dunia, tapi itu adalah akhir posting ini tentang jenis gelombang menurut media propagasi. Yang jenis gelombang yang Anda suka kebanyakan, mekanik atau elektromagnetik? Komentar pendapat indah Anda di bawah ini dan berbagi barang dengan teman.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/08/jenis-dan-teknik-gelombang-elektromagnetik.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog