Pengertian Unsur Neodymium Lengkap

Nomor atom : 60
Massa atom : 144.2 g mol -1
Elektronegativitas menurut Pauling : 1.14
Massa Jenis : 7,0 g cm-3
Titik lebur : 1024 ° C

Titik didih : 3074 ° C
Vanderwaals radius : 0,181 nm
Isotop : 9
Shell elektronik : [Xe] 4f16s2
Energi ionisasi pertama : 533 kJ.mol -1
Energi ionisasi kedua : 1040 kJ.mol -1
Energi ionisasi ketiga : 2130 kJ.mol -1
Ditemukan oleh : Carl Auer von Welsbach pada 1885

Neodymium

Pengertian Unsur Neodymium dan Efeknya
Pengertian Unsur Neodymium dan Efeknya
Neodimium adalah logam perak-kuning berkilau. Hal ini sangat reaktif dan qickly turnishes di udara dan dilapisi terbentuk tidak melindungi logam dari oksidasi lebih lanjut, sehingga harus disimpan jauh dari kontak dengan udara. Bereaksi lambat dengan air dingin dan cepat dengan panas.

Aplikasi

Neodymium adalah salah satu bahan kimia yang langka, yang dapat ditemukan di rumah-rumah dalam peralatan seperti televisi berwarna, lampu neon, lampu hemat energi dan kacamata. Semua bahan kimia langka memiliki sifat sebanding. Nedymium adalah salah satu dari beberapa logam dalam paduan yang biasa digunakan dalam flints ringan. Paduan yang paling penting adalah neodybium, besi dan boron (NIB), ditemukan untuk membuat magnet permanen yang sangat baik. Magnet ini merupakan bagian dari komponen kendaraan modern, yang digunakan dalam penyimpanan data komputer dan pengeras suara. Neodymium digunakan dalam gelas mewarnai (kaca didymium) mampu menyerap natrium silau kuning nyala api. Jenis kaca digunakan untuk melindungi mata dari tukang las. Hal ini juga digunakan untuk kaca warna nuansa menarik ungu.

Neodymium di lingkungan

Neodymium adalah kedua yang paling melimpah dari unsur tanah jarang (setelah cerium) yang hampir melimpah seperti tembaga. Hal ini ditemukan dalam mineral yang mencakup semua mineral lantanida, seperti monasit dan bastnasite. Area utama adalah Brazil, China, Amerika Serikat, India, Sri Lanka dan Australia. Cadangan neodybium diperkirakan 8 juta ton, produksi dunia neodybium oksida adalah sekitar 7.000 ton per tahun.

Efek kesehatan dari neodymium

Jumlah neodymium pada manusia cukup kecil dan, meskipun logam tidak memiliki peran biologis, dapat efek pada bagian tubuh: debu neodybium dan garam sangat mengiritasi mata. Garam neodybium tertelan dianggap sebagai hanya sedikit beracun jika mereka larut dan tidak beracun jika mereka tidak larut.
Neodymium sebagian besar berbahaya di lingkungan kerja, karena fakta yang meredam dan gas dapat dihirup dengan udara. Hal ini dapat menyebabkan embolisme paru-paru, terutama selama paparan jangka panjang. Neodymium dapat menjadi ancaman bagi hati ketika terakumulasi dalam tubuh manusia.

Dampak lingkungan dari neodymium

Neodymium dibuang di lingkungan di berbagai tempat, terutama oleh industri bensin penghasil. Hal ini juga dapat memasukkan lingkungan bila peralatan rumah tangga dibuang. Neodymium secara bertahap akan menumpuk di tanah dan tanah air dan ini pada akhirnya akan menyebabkan peningkatan konsentrasi pada manusia, hewan dan partikel tanah.
Dengan hewan air neodymium menyebabkan kerusakan membran sel, yang memiliki beberapa pengaruh negatif pada reproduksi dan fungsi sistem saraf.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/04/pengertian-unsur-neodymium-dan-efeknya.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog