Jenis Gerakan Gelombang Partikel

Gelombang adalah salah satu hal yang memegang peran penting dalam semua organisme hidup. Ada tanaman dan hewan di sekitar Anda, dan gelombang juga. Saya menjelaskan bagaimana Carolus Linnaeus diklasifikasikan semua makhluk hidup ke dalam 3 kelompok di posting sebelumnya. Demikian pula, Anda dapat menemukan banyak jenis gelombang jika Anda berkonsentrasi pada ini.
Anda memiliki seratus miliar kemampuan yang berguna, Anda dapat melihat dunia di sekitar Anda. Itu karena gelombang cahaya. Tidak ada gelombang cahaya berarti dunia gelap, melainkan apa yang Anda disebut malam!

Kemudian Anda dapat mendengarkan pikiran-meniup lagu, berbicara dengan ibu Anda. Semua berkat gelombang suara di sekitar Anda. Mungkin, Anda telah terkena api dari kompor gas dan merasakan panas itu. Gelombang panas menyebabkan panas yang Anda rasakan saat itu.
Hampir di semua rumah, ada radio yang lucu dan televisi tipis. Barang ini bekerja karena gelombang radio dan gelombang tv.
Tahun terakhir di mana-mana di dunia harus menghadapi bencana sialan, Tsunami. Penyebab Tsunami adalah gelombang air. Cuaca cerah adalah salah satu favorit saya. Mereka sinar matahari yang diperlukan untuk proses fotosintesis yang datang gelombang cahaya. Oke, manusia telah diidentifikasi berikut gelombang sejauh ini,
2 Jenis Gerakan Gelombang Partikel
2 Jenis Gerakan Gelombang Partikel
Gelombang cahaya
Gelombang air
Gelombang radio
Microwave
Gelombang bumi
UV Rays
Sinar Gamma
X Rays
dan masih banyak lagi!

Bentuk Gelombang

Yang suka bermain di kolam renang? Saya harap Anda lakukan! ? Apakah Anda pernah melihat gelombang di permukaan air di kolam renang? Jika Anda lupa untuk menempatkan perhatian pada itu, mengisi ember air sekarang. Kemudian menempatkan batu kecil untuk itu. Ketika batu hits permukaan air, itu membuat air partikel bergetar. Ini adalah apa yang Anda disebut sebagai gelombang air.

Pengertian Getaran

Getaran adalah gerakan dengan irama objek dari titik tetap untuk segala arah. Ketika Anda menyentuh permukaan air bergerak, partikel-partikel air akan mulai bergetar. Getaran ini menyebar di sekitar air sebagai riak melingkar.
Gelombang dapat dikenal sebagai gerakan periodik yang mengalir dari satu tempat ke tempat lain bersama media atau ruang.
Dalam definisi gelombang, itu menyebutkan perlunya media atau ruang. Oleh karena itu media di atas gelombang riak melingkar adalah air. Ini adalah media transmisi.
Aku cukup yakin Anda telah melihat mata air logam yang ditemukan dalam kandang musim semi. Ingat bahwa suara ‘Tik Tak’? Ambil satu dan kocok salah satu ujung untuk membuat gangguan. Hal ini dapat dilihat terbaik dengan Slinky akibat ketegangan rendah dari itu. Anda dapat melihat musim semi atau bergerak Slinky maju dan mundur untuk kadang-kadang a.
Mereka adalah gelombang! Slinky atau musim semi adalah media propagasi. Partikel medium bergerak secara berkala setelah gelombang mengalir melalui media. Partikel medium dapat bergerak ke segala arah maju, mundur, ke atas atau ke bawah.
Apakah Anda tahu gelombang air mengandung partikel bergerak naik dan turun.
Gelombang perjalanan di media. Partikel bergetar di 1 tempat transfer energi untuk partikel lainnya. Oleh karena itu energi yang merambat dari satu tempat ke tempat lain di seluruh gelombang.
Anda dapat mengklasifikasikan gelombang ke 2 jenis sesuai dengan pergerakan partikel dan arah gelombang.
Gelombang transversal
Gelombang Longitudinal
Saya akan menjelaskan apa yang masing-masing jenis gelombang ini berarti dan sifat mereka di bawah ini.

Gelombang transversal

Gelombang transversal menunjukkan getaran partikel tegak lurus terhadap arah gelombang. Anda dapat dengan mudah pengamat gelombang transversal dengan gemetar Slinky atau tali tegak lurus sumbu atau dengan menjatuhkan batu ke terpaku air.
Sekarang sebagai contoh, saya menggunakan batu jatuh ke air yang tenang. Batu yang jatuh ke air menciptakan gangguan. Yang mengakibatkan gelombang. Pernahkah Anda mendengar batu mengambang di atas air? Saya tidak berpikir begitu!

Batu tidak bisa mengapung di atas air karena kepadatan dan massa.

Ketika batu turun cepat, itu menciptakan Trough gelombang dengan mencelupkan partikel air. Kemudian hukum newton tentang setiap tindakan memiliki reaksi yang sama dan berlawanan terjadi oleh partikel air datang lagi. Itu di mana Crest gelombang terjadi.
Anda dapat melihat palung gelombang transversal ditransfer ke puncak ketika gelombang merambat. Yap! membalikkan itu juga terjadi sebagai lambang menjadi palung. Jadi dengan menciptakan puncak alternatif dan palung gelombang transversal merambat ke depan.
Anda ingin melihat melalui dan puncak ini hal? Oke, mengisi ukuran ember besar menengah dengan air. Buat kertas perahu bagus :) dan tetap di permukaan air. Biarkan hal yang harus tenang dan setelah air masih, buat diri Anda gangguan air itu. Lihat apa yang terjadi!
Kertas perahu bergerak naik dan turun setiap kali gelombang dilewatkan. Apakah saya benar? Itu karena adanya palung dan puncak. Namun perahu tidak bergerak ke arah gelombang.
Gelombang Longitudinal Dijelaskan …
Jenis lain dari gelombang bergerak tegak lurus terhadap arah gelombang, namun gelombang longitudinal menunjukkan gerakan partikel sejajar dengan arah gelombang. Slinky adalah hal terbaik untuk menjelaskan tentang gelombang dan di sini kita pergi dengan itu lagi. Ketika Slinky yang bergetar dari porosnya, hal itu menunjukkan gelombang longitudinal.
Gergaji besi pisau dan garpu tala 2 barang lainnya untuk membentuk gelombang longitudinal di udara. Sebagai gelombang transversal terdiri dari 2 bagian, gelombang longitudinal juga memiliki 2 bagian sebagai Kompresi dan rarefactions.
Kompresi adalah tempat di mana partikel-partikel udara berdekatan sementara rarefactions adalah tempat di mana partikel-partikel udara tersebar. Jika Anda mengamati gelombang longitudinal garpu tala ini, Anda mungkin melihat kompresi udara akan menyebar ketika lengan garpu mendekat.
Sama seperti gelombang transversal, kompresi menjadi penghalusan setelah sedikit waktu dan sebaliknya juga. Partikel udara bergerak maju sejak properti elastisitas udara.

Bagian Dari Gelombang

Manusia dan semua organisme hidup diciptakan dengan berbagai bagian tubuh atau organ seperti mata, hidung, kaki. Gelombang juga dibentuk dengan beberapa bagian atau hal-hal. Dalam fisika, matematika adalah penting untuk tingkat yang lebih besar. Dengan menggunakan bagian-bagian ini Anda dapat memprediksi ketinggian laut yang gelombang lebih pintar dari teman yang tidak belajar fisika.

Gelombang terdiri dari 4 bagian sebagai,

Panjang gelombang
Amplitudo
Kecepatan gelombang
Frekuensi
Lihatlah diagram untuk pemahaman yang lebih baik dari bagian-bagian ini. Saya akan menjelaskan setiap item secara rinci.

Gelombang Panjang

Panjang gelombang adalah jarak antara partikel apapun untuk partikel terdekat di level yang sama gerak. Ini berarti siklus lengkap gelombang. Biasanya gelombang dibangun dengan koleksi siklus tersebut. Panjang gelombang simbol sendiri untuk menunjukkan dalam operasi matematika.

Gelombang panjang → λ

Internasional Unit standar – SI Unit – untuk panjang gelombang m – Meter.
Amplitudo
Anda dapat membagi garis lurus 2 bagian dan ada pusat untuk itu garis lurus. Demikian pula, gelombang memiliki tingkat rata-rata juga. Amplitudo adalah ketinggian maksimum dari tingkat rata-rata gelombang. Anda tahu lagu-lagu Anda mendengarkan hanya sedikit gelombang suara. Benar?
Jika Anda tidak dapat mendengar lagu yang cukup baik, Anda dapat meningkatkan amplitudo gelombang suara. Kemudian lagu akan mendengar lebih keras.
Bagaimana jika amplitudo sangat tinggi untuk gelombang air yang datang dari laut? Ini akan menjadi gelombang tsunami! Ini berarti amplitudo tinggi berarti lebih banyak kekuatan untuk gelombang. Lagi unit SI untuk amplitudo meter.

Frekuensi

Anda ingat menangkap tahun FM radio favorit yang lalu? Setiap FM radio memiliki frekuensi sendiri dan itulah yang Anda mencoba untuk menangkap. Ini berarti setiap gelombang memiliki frekuensi.
Frekuensi berarti jumlah getaran atau siklus yang dilakukan oleh sebuah partikel dalam satu detik. Simbol frekuensi Hz karena unit standar untuk frekuensi adalah Hertz. Anda perlu menggunakan f ketika membangun persamaan yang disebutkan di bawah.

Gelombang Kecepatan

Kecepatan gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang selama 1 detik. Simbol dari kecepatan gelombang V. Ingat kecepatan gelombang yang diperlukan untuk menyelesaikan satu siklus gelombang sama dengan panjang gelombang. Misalkan jumlah ‘f’ siklus yang terjadi dalam 1 detik, maka jarak dalam 1 detik dapat didirikan dengan mengikuti persamaan.
V = fλ
Persamaan ini untuk kecepatan gelombang. Menggunakannya Anda dapat menemukan rincian tentang gelombang kehancuran untuk menemukan solusi yang mungkin.

Berikut ini adalah contoh dengan persamaan di atas.

Panjang gelombang gelombang air yang datang dari laut adalah 2m. Frekuensi adalah 800Hz. Oleh karena itu kecepatan gelombang ini adalah sebagai berikut,
V = fλ
V = 2m x 800Hz
V = 1600ms-1
Apa yang Anda pikirkan tentang gelombang di sekitar Anda? Ada beberapa fakta menyenangkan dan teknologi inspirasi dengan kekuatan gelombang untuk membangun pikiran-meniup gadget dan mereka cerita untuk lain waktu.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/08/2-jenis-gerakan-gelombang-partikel.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog