Pengertian Lengkap Proses Osmoregulasi

Ini adalah pengaturan jumlah air yang ada dalam tubuh manusia. Tubuh manusia adalah sekitar 70% air, dengan demikian, tingkat tertentu dari air harus dijaga. Jika cairan tubuh menjadi terlalu encer, air akan masuk sel dengan osmosis menyebabkan mereka membengkak atau bahkan meledak. Jika cairan tubuh menjadi terlalu terkonsentrasi, maka air diambil dari sel. Hal ini mirip dengan apa yang terjadi ketika sel-sel hewan ditempatkan dalam larutan hipotonik dan hipertonik.

Proses Osmoregulasi
Proses Osmoregulasi

Pada mamalia ginjal memastikan bahwa keseimbangan yang benar dipertahankan dengan mengatur jumlah air dan garam kembali diserap ke dalam darah dari cairan di proksimal dan tubulus distal berbelit-belit. Proses ini dikendalikan oleh hormon ADH (anti-diuretik hormon). ADH mempengaruhi permeabilitas dinding tubulus ginjal memungkinkan lebih banyak air yang akan kembali diserap dari tubulus ke dalam darah.

Hipotalamus mengontrol sekresi ADH. Hipotalamus memiliki sel sensitif terhadap konsentrasi darah dan akan mengirim sinyal ke kelenjar pituitari untuk sekresi ADH tergantung pada konsentrasi darah. Sebagai contoh, jika darah (air sangat sedikit) terlalu terkonsentrasi, kelenjar pituitari melepaskan ADH. ADH meningkatkan permeabilitas dinding tubulus ginjal, mengakibatkan sejumlah besar air yang diserap kembali ke dalam sistem peredaran darah, mengurangi konsentrasi darah (atau meningkatkan konsentrasi air darah). Akibatnya air kurang akan hilang melalui urin. Sebaliknya adalah benar jika darah terlalu encer; tidak ada ADH akan dilepaskan dari hipofisis dan tidak ada air akan kembali diserap dari tubulus ginjal.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/06/proses-osmoregulasi.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog