Pengertian Lengkap Kaki Seribu

Kelas ini berisi sekitar 10.000 spesies, 15 perintah dan 115 keluarga. Kaki seribu ditemukan di sebagian besar dunia dari belakang kebun untuk Hutan Tropis, di semua benua kecuali Antartika. Kelas Diplopoda dibagi menjadi tiga subclass.Subclass ‘Penicillata’ berisi 160 spesies kaki seribu yang exoskeleton tidak kalsifikasi (terdiri dari, atau mengandung, materi atau kapur garam berkapur) dan yang tercakup dalam setae (rambut kaku) atau bulu.
 
Kaki Seribu Arthropoda di Kelas ‘Diplopoda’.
 Subclass’ Pentazonia’ berisi kaki seribu pilber tubuh pendek, yang mampu bergulir diri menjadi bola .Subclass ‘Helminthomorpha’ berisi sebagian besar spesies. Kebanyakan kaki seribu memiliki distribusi kecil karena mereka bergerak sangat lambat.Namun, karena banyak spesies kaki seribu yang burrowers, mereka telah diangkut oleh manusia di seluruh dunia dalam tanah dan tanaman. Bahkan, setengah dari spesies yang asli Inggris telah diperkenalkan ke Amerika Utara dengan cara ini.

Karakteristik kaki seribu

Kaki seribu yang myriapods, yang berarti mereka memiliki tubuh panjang tersegmentasi, kepala pendek dan banyak pasang kaki, banyak kaki mereka menjadi fitur yang paling jelas mereka. Nama Kaki seribu berasal dari akar Latin, ‘mili’ yang berarti ‘seribu’ dan ‘PED’ yang berarti kaki. Namun, meskipun nama mereka, makhluk-makhluk ini tidak memiliki ribuan kaki.
Beberapa spesies langka dapat memiliki 750 kaki, namun, spesies umum memiliki antara 80 dan 400 kaki. Kaki seribu memiliki dua pasang kaki yang melekat pada setiap segmen tubuhnya, kecuali segmen pertama di belakang kepala dan beberapa segmen berikutnya yang hanya memiliki satu pasang kaki masing-masing. Setiap segmen yang memiliki dua pasang kaki adalah hasil dari dua segmen tunggal yang menyatu bersama sebagai satu. Ketika Kaki seribu berjalan, masing-masing sepasang kaki diangkat pada saat yang sama, bergerak sepanjang dalam gerakan gelombang.
Mata kaki seribu terdiri dari sejumlah ocellilensa datar sederhana diatur dalam kelompok di depan/sisi kepala. Kaki seribu memiliki penglihatan yang sangat Kurang yang kadang-kadang tidak ada. Mereka merasakan jalan mereka di sekitar dengan menggunakan antena mereka yang terus-menerus kerantanah sebagai kaki seribu bergerak bersama. Kepala berisi sepasang organsensorik yang ditemukan tepat di belakang antena mereka dan berbentuk oval. Mereka mungkin digunakan untuk mengukur kelembaban di sekitarnya.
Kaki seribu adalah makhluk yang sangat bersih dan menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan dan memoles berbagai bagian tubuh mereka. Mereka memiliki kelompok sikat seperti khusus rambut di 2 atau 3 pasang kaki mereka yang mereka gunakan untuk membersihkan antena mereka.
Kebanyakan kaki seribu memiliki sangat memanjang silinder berbentuk badan, meskipun beberapa diratakan dorsoventrally (memanjang dari bagian belakang ke perut), sedangkan Kaki seribu pil pendek dan dapat menggulung menjadi bola. The kaki seribu raksasa Afrika (Archispirostreptus gigas) adalah salah satu yang terbesar dari kaki seribu, tumbuh hingga 11 inci (28 cm) panjangnya. Ia hidup di daerah tropis dan subtropis Afrika, membusuk kehidupan tanaman atau tanah lembab dan biasanya menghindari cahaya. Hal ini berwarna hitam dan sering disimpan sebagai hewan peliharaan.

Makanan Kaki Seribu 

Kaki seribu yang detritivores (hewan yang mengkonsumsi membusuk bahan organik dan dengan berbuat demikian berkontribusi terhadap dekomposisi dan daur ulang nutrisi). Kebanyakan kaki seribu makan membusuk daun dan materi tanaman mati lainnya, melembabkan makanan dengan cairan dan kemudian mengorek dalam dengan rahang.
Beberapa spesies diketahui memakan sisa-sisa hewan atau fungi. Banyak spesies juga akan makan pelet kotoran mereka sendiri. Hal ini diyakini bahwa mereka mendapatkan nutrisi dari fungi yang tumbuh di dalam pelet dan bukan dari limbah itu sendiri.

Perilaku dan Pertahanan Kaki seribu

Memiliki sangat banyak kaki yang pendek membuat kaki seribu agak lambat, tetapi mereka burrowers kuat. Dengan kaki mereka dan panjang tubuh bergerak dalam pola seperti gelombang, mereka dengan mudah memaksa kepala bawah tanah jalan mereka pertama. Mereka mampu memperkuat terowongan mereka dengan menata ulang partikel di sekitarnya.
Kaki seribu memiliki exoskeleton keras membantu melindungi mereka terhadap predator. Ketika terancam, mereka koil seperti bola untuk melindungi bagian bawah lebih rentan. Banyak spesies juga memancarkan sekresi cairan beracun melalui pori-pori mikroskopis sepanjang sisi tubuh mereka sebagai pertahanan sekunder. Beberapa zat ini kaustik (zat yang menyebabkan korosi) dan dapat membakar exoskeleton semut dan predator serangga lainnya. Sejauh manusia prihatin, cairan ini cukup berbahaya, biasanya hanya menyebabkan efek kecil pada kulit, efek utama adalah perubahan warna tetapi efek lainnya juga dapat termasuk rasa sakit dan gatal.
Kebanyakan kaki seribu tidak memiliki lapisan lilin di luar exoskeletons mereka, atau penutup luar yang keras, yang membantu untuk mencegah hilangnya kelembaban tubuh. Seperti lipan-lipan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tempat-tempat basah dingin dan menjadi aktif hanya pada malam hari atau setelah telah hujan.

Reproduksi Kaki seribu 

Pria dan wanita biasanya harus kawin untuk menghasilkan keturunan, dengan laki-laki biasanya menyetorkan sperma langsung ke dalam organ reproduksi betina. Ada mungkin atau mungkin tidak ada perilaku pacaran. Laki-laki kaki seribu berbulu harus terlebih dahulu berputar web di mana mereka deposit sperma mereka. Perempuan kemudian mendekati web dan menempatkan sperma ke dalam organ reproduksi sendiri. Dalam beberapa kaki seribu pil laki-laki menarik perempuan untuk kawin dengan suara mencicit yang dibuat dengan menggosok basis kakinya terhadap tubuhnya. Dia kemudian menangkap betina tubuh dengan kakinya. Sebuah paket sperma dilepaskan di belakang kepala dan berlalu kembali dari satu pasang kaki ke depan, hingga mencapai organ reproduksi betina. Dalam kaki seribu pil lain laki-laki mencakup paket sperma di tanah sebelum melewati kembali dengan kakinya untuk teman-temannya organ reproduksi.
Kaki seribu bertelur di dalam tanah. Beberapa spesies membuat kasus-kasus individu untuk telur mereka dari daun dikunyah-up. Dalam beberapa spesies, perempuan, dan kadang-kadang laki-laki, menjaga telur sampai menetas. Meskipun kaki seribu muda menyerupai orang dewasa kecil, mereka biasanya tidak memiliki kaki ketika mereka pertama kali menetas dari telur.
Setelah mereka meranggas, atau menumpahkan exoskeleton mereka untuk pertama kalinya, mereka memiliki enam segmen tubuh dan tiga pasang kaki. Mereka menambahkan segmen tubuh tambahan dan pasang kaki dengan masing-masing meranggas sampai mereka mencapai jumlah maksimum dewasa. Kaki seribu meranggas di tempat-tempat terlindung di bawah tanah atau di celah-celah di tanah. Ini adalah tahap yang sangat halus kehidupan mereka. Kaki seribu mencapai dewasa dalam satu atau dua tahun, kadang-kadang lebih lama. Dewasa hidup selama 1-11 tahun, meskipun beberapa orang mungkin hidup lebih lama.

Sejarah Kaki Seribu 

Kelas ini arthropoda dianggap salah satu hewan pertama yang memiliki lahan dijajah selama periode geologi Silur (443 juta tahun yang lalu). Bentuk-bentuk awal mungkin makan lumut dan tumbuhan vaskular primitif. Tertua yang diketahui makhluk darat, Pneumodesmus newmani, adalah 1 sentimeter kaki seribu panjang.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2014/08/kaki-seribu-arthropoda-di-kelas-diplopoda.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog