Pengertian Lengkap Akson

Akson berbentuk ramping, atau seperti kabel juluran yang memanjang dari tubuh sebuah neuron (sel saraf) yang berfungsi untuk menghantarkan impuls saraf. Biasanya, tapi tidak selalu, akson menghantarkan impuls saraf dari badan sel, menyebabkan pelepasan neurotransmitter di terminal akhiri mereka ke dalam ruang ekstraselular, di mana akson dapat merangsang atau menghambat neuron lain. Dalam beberapa neuron sensorik, impuls saraf berjalan sepanjang akson dari sisi ke badan sel.


Dalam banyak kasus, akson neuron bisa sangat panjang, dan dengan demikian dikenal sebagai serat saraf. Jerapah memiliki akson tunggal beberapa meter berjalan di sepanjang leher dan neuron motorik manusia dapat lebih dari satu meter panjangnya, mencapai dari daerah lumbar tulang belakang ke jari kaki. Namun, beberapa neuron memiliki akson yang sangat pendek dan bahkan tidak ada.
Sementara neuron tidak memiliki lebih dari satu akson, beberapa akson mungkin memiliki cabang dan cabang tersebut dapat cukup pendek di ujung panjang akson, termasuk dengan 10.000 cabang atau lebih di ujung.
Akson adalah salah satu dari dua jenis proses yang membentang dari badan sel neuron, yang menjadi dendrit lainnya. Dendrit yang bercabang (tidak seperti lengan) juluran yang biasanya menerima sinyal dari neuron lain dan mengirimkan sinyal ke badan sel. Akson memiliki sebagian besar organel yang sama dengan dendrit dan badan sel, tetapi tidak memiliki aparatus Golgi dan badan Nissl.
Akson adalah jalur transmisi utama sistem saraf. Koordinasi antara banyak bagian yang kompleks dan proses akson-simpul Ranvier, potensial aksi semua atau tidak sama sekali, saluran kalsium ion, vesikula diisi dengan neurotransmitter, reseptor, dan sebagainya-mencerminkan harmoni yang luar biasa di alam.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/06/pengertian-dan-fungsi-akson.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog