Pengertian Lengkap Hewan Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)

Jenis hewan vertebrata adalah jenis hewan yang mempunyai sumbu penyokong tubuh dan sumbu penyokong tubuh ini biasa di sebut dengan sebutan Korda dorsalis atau notokordo atau juga di sebut juga penyokong tubuh primer, dimana penyokong tubuh primer ini akan berubah setelah hewan itu beranjak dewasa dan perubahan itu disebut dengan sebutan penyokong tubuh sekunder.

Hewan Vertebrata Atau Hewan Bertulang Belakang

Pengertian Hewan Vertebrata Atau Hewan Bertulang Belakang
Hewan Vertebrata
Menurut klasifikasi nya, hewan bertulang belakang ini berasal dari filum Chordata, dan ciri-ciri dari hewan ini antara lain yaitu :
  • Mempunyai celah faring,
  • Mempunyai ekor yang panjang,
  • Mempunyai tali syaraf tunggal, dan
  • Mempunyai notokord atau mempunyai kerangka batang yang lentur tapi keras.
Ciri lain dari hewan vertebrata yaitu mempunyai tubuh yang simetri bilateral khusus nya di bagian otak nya, selain itu hewan ini memiliki kulit yang tersusun di atas lapisan luar, dan kulit nya tertutupi oleh rambut atau bulu.
Sementara di bagian dalam nya, hewan ini mempunyai sistem yang unik yaitu sistem pencernaan nya itu memanjang dari mulut sampai ke lubang anus nya, dan alat pernapasan hewan ini ada yang menggunakan insang dan ada pula yang menggunakan paru-paru.
Hewan Vertebrata ini terbagi pada 5 kelas yaitu :
1. Pisces
Pisces ini adalah jenis hewan vertebrata yang menggunakan insang sebagai alat pernapasan nya dan juga mempunyai sirip yang berguna untuk memudahkan nya dalam berenang di dalam air. Misalnya ikan pari,  hiu, cucut, gurame, ikan mas dan ikan tongkol.
2. Amphibia
Kelas vertebrata yang satu ini yaitu adalah hewan yang dapat bertahan hidup di dua alam yaitu di air dan di daratan contoh nya yaitu katak caecilian dan salamander.
3. Reptilia
Reptilia ini adalah jenis hewan yang mempunyai sisik dan bernapas dengan paru-paru, dan selain itu hewan ini juga hanya mempunyai lima jari saja dan hewan ini mempunyai jantung yang beruang tiga atau lebih, misalnya sebangsa kura-kura dan buaya.
4. Aves
Hewan ini memiliki ciri yang sangat jelas yaitu hewan ini memiliki bulu atau rambut untuk menutupi seluruh tubuh nya sehingga hewan ini tidak akan terpengaruh terhadap suhu lingkungan nya misalnya kasuari, ayam, angsa, bebek dan pinguin.
5. Mammalia
Mungkin anda juga sudah mengetahui nya, hewan mammalia adalah jenis hewan yang mempunyai kelenjar susu dan berkembangbiak dengan cara beranak.

artikel ini disalin lengkap dari: http://hewan.co/pengertian-hewan-vertebrata-atau-hewan-bertulang-belakang.html
halaman utama website: http://hewan.co
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog