Struktur serta Fungsi Meninges Kranial

Fungsi utama dari meninges meliputi:

  • Melindungi otak dan sumsum bentuk cedera mekanik tulang belakang
  • Memberikan darah suply ke tengkorak dan belahan
  • Menyediakan ruang untuk aliran cairan serebrospinal.
Lapisan pelindung jaringan secara kolektif bernama ” meninges ” tapi sebenarnya terdiri dari 3 lapisan utama : The Dura mater, lapisan Arachnoid, dan Pia mater.
Struktur dan Fungsi Meninges Kranial
Struktur dan Fungsi Meninges Kranial

Dura Mater

Dura mater adalah lapisan paling sulit dan terluar meninges. Jika Anda memiliki kesempatan untuk membedah otak yang nyata, Anda akan melihat bahwa dura mater ini memang cukup kuat.

Dura mater dapat dibagi menjadi dua lapisan :

Lapisan endosteal : Ini adalah lapisan paling tebal dan garis tengkorak.
Lapisan meningeal : Lapisan ini garis lapisan endosteal sebagian besar waktu, kecuali di beberapa tempat seperti Falx cerebri dan tentorium cerebelli. Di tempat ini, lapisan meningeal sebenarnya memisahkan dari lapisan endosteal dan ” tenggelam ke bawah ” antara hemishpere kiri dan kanan untuk Falx cerebri, dan antara korteks oksipital dan cerebellum untuk tentorium cerebelli.
Berikut adalah petunjuk untuk mengingat apa yang ” tentorium cerebelli ” singkatan : Kata ” tentorium ” berasal dari kata Anda dapat memvisualisasikan orang tenda tua yang memiliki bentuk melengkung dari atap kuil Cina ” tenda. “. Jika Anda melihat otak dan otak kecil dari belakang, Anda akan melihat bahwa ruang di antara mereka agak terlihat seperti bentuk yang… demikian memberikan ” Kemah otak kecil “, atau ” tentorium cerebelli ” di latin.
Seperti ” tenggelam ke bawah ” lapisan meningeal menciptakan ruang antara lapisan endosteal. Ruang ini dapat rumah sinus.
Struktur dan Fungsi Meninges Kranial
Struktur dan Fungsi Meninges Kranial

Fakta Menarik Tentang Dura Mater :

Dura mater memiliki suplai darah itu sendiri yang berasal dari satu set yang arteri meningeal, yang utama adalah arteri meningeal tengah.
Dura mater sensitif nyeri. Ya, sisa otak tidak sensitif apa pun, tapi dura mater dipersarafi oleh saraf trigeminal ( kebanyakan).

Lapisan Arachnoid

Lapisan tepat di bawah dura mater disebut arachnoid. Jika ” arachnoid ” membuat Anda berpikir tentang laba-laba, Anda berada di arah yang benar. Lapisan arachnoid sebenarnya diisi dengan rumit ” web ” kolagen.
Saya suka berpikir tentang lapisan ini sebagai semacam kasur diisi dengan kolagen bukan mata air, yang menghambat sengatan lapisan dapat menerima.
Lapisan paling disebut pia mater. Tapi tepat di antara lapisan arachnoid dan pia mater, ada ” ruang ” bernama ” ruang subarachnoid. ” Subarachnoid ini rumah ruang waduk otak ( ” kolam ” dari Cerebro Spinal Fluid ) serta arteri dan vena serebral.

 Pia Mater

pia mater adalah lapisan terdalam lapisan otak. Bahkan, itu benar-benar garis setiap sulci dan gyri dari belahan, kontur batang otak, dan semua lipatan otak kecil. Hal ini sangat lembut ( ” pia ” berarti ” lembut ” dalam latin ) dan sangat mudah rusak ketika melakukan pembedahan.
The pia mater juga berperan dalam pembentukan pleksus koroid ( untuk lateral, 3 dan 4 ventrikel ).
Bersama lapisan arachnoid + pia mater disebut leptomeninges.

Minimum untuk diingat :

  • Ada 3 lapisan perlindungan dan dukungan antara otak dan tengkorak : The Dura mater, lapisan arachnoid, dan pia mater.
  • Dura mater adalah ” terberat ” lapisan, dan pia mater adalah ” lembut ” lapisan.
  • Lapisan arachnoid diisi dengan web kolagen.
  • Semua bersama-sama tiga lapisan disebut meninges.
  • The arachnoid Lapisan + pia mater Lapisan disebut leptomeninges.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kartika.xyz/biologi-klas-xi/struktur-dan-fungsi-meninges-kranial/
halaman utama website: http://kartika.xyz/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog