Keterkaitan Fungsi Arteri dan Saraf

Karena otak memproses semua sinyal tubuh, merumahkan saraf utama untuk mengumpulkan informasi dan mendapatkannya ke bagian yang tepat dari otak.
Ada 12 pasang saraf besar yang disebut saraf kranial dan melayani kedua sisi tubuh. Semua kecuali dua pasang – penciuman dan optik muncul dari batang otak. Kedua pasang muncul dari batang otak.
Fungsi Arteri dan Saraf
Fungsi Arteri dan Saraf

Saraf kranial dan tanggung jawab mereka meliputi :

  1. Olfactory : bau
  2. Optic : sight
  3. Oculomotor : kontraksi otot mata
  4. Trochlear : satu otot mata
  5. Trigeminal : saraf sensorik besar wajah dan kepala
  6. Abducens : satu otot mata
  7. Ekspresi wajah : wajah
  8. Vestibulocochlear : pendengaran dan keseimbangan telinga bagian dalam
  9. Glossopharingeus : belakang lidah, termasuk indera rasa, dan otot sylopharyngeus di tenggorokan
  10. Vagus : rongga dada dan perut serta laring
  11. Aksesori: laring, leher, dan bawah otot leher
  12. Otot-otot lidah : hypoglossus
Suplai darah kepala berasal terutama dari arteri karotis eksternal dan internal. Ini adalah arteri Anda gunakan untuk memeriksa denyut nadi di leher Anda. Kerusakan arteri ini menimbulkan parah, risiko kesehatan langsung yang bisa berakibat fatal.
Arteri karotis interna perjalanan naik dari lengkung aorta di luar jantung. Ini perjalanan ke otak untuk menyediakan oksigen darah ke mata, bagian depan otak, dan bagian dari kulit kepala.
Arteri karotid eksternal membantu pasokan bagian dari otak melalui banyak cabang, dan juga memberikan darah ke kelenjar tiroid di leher. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh. Hormon dari kontrol kelenjar tiroid seberapa cepat tubuh menggunakan energi, ketika untuk membuat protein, dan bagaimana tubuh merespon hormon lainnya.
Di dalam otak, bidang penting mendapatkan darah dari lebih dari satu sumber, yang melibatkan komunikasi antara dua pembuluh darah. Ini disebut anastomosis. Proses ini juga terjadi di tangan, kaki, dan saluran pencernaan.
Di otak, lingkaran yang terdiri dari dua arteri untuk karotis dan arteri basilar bentuk lingkaran Willis. Ini memasok darah di pusat otak dan cabang ke otak, pons, medulla oblongata, serebelum, dan awal dari sumsum tulang belakang.
Terdeoksigenasi darah meninggalkan otak dan kembali ke jantung melalui pembuluh darah seperti vena superfisial sementara, vena frontal, oksipital vena, vena wajah anterior, dan lain-lain.
Sinus vena tengkorak juga membuang darah dari kepala. Tidak seperti pembuluh darah normal, ini adalah saluran besar yang mengalirkan darah. Mereka berjalan di berbagai tempat di otak, termasuk sepanjang punggung, melalui tengah, dan melalui membran terluar serta di belakang mata.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kartika.xyz/biologi-klas-xi/fungsi-arteri-dan-saraf/
halaman utama website: http://kartika.xyz/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog