Perbedaan transkripsi Eukariotik dan Prokariotik

Dalam sel, DNA membawa informasi dari generasi ke generasi mengendalikan kegiatan sel. DNA bertanggung jawab untuk sintesis protein, yang memiliki peran fungsional atau peran struktural dalam sel. Dengan sintesis protein, DNA mengendalikan kegiatan sel.

Dalam sintesis protein, dua langkah utama dapat dibedakan; mereka transkripsi dan translasi. Pada langkah pertama, yang merupakan transkripsi, ekspresi DNA dilakukan, membuat pelengkap untai RNA dari urutan DNA (gen). Pada langkah kedua, mRNA diubah menjadi rantai polipeptida.


Transkripsi dalam Prokariota

Transkripsi dalam sel prokariotik memiliki empat tahap: pengikatan, inisiasi, elongasi dan terminasi. Sintesis untai RNA dikatalisis oleh enzim yang disebut RNA polimerase. Pengikatan RNA polimerase ke urutan promotor adalah langkah pertama dalam transkripsi. Dalam sel bakteri, hanya ada satu jenis RNA polimerase yang mensintesis semua kelas RNA: mRNA, tRNA dan rRNA. RNA polimerase ditemukan pada Escherichia coli (E-coli) terdiri dari dua subunit α dan dua subunit β dan faktor sigma.
Ketika faktor sigma ini mengikat ke urutan promotor DNA mengakibatkan pembukaan untak DNA heliks ganda, inisiasi berlangsung. Menggunakan salah satu untai DNA sebagai template, RNA polimerase mensintesis untai RNA yang bergerak di sepanjang untai DNA heliks yang terbuka sedikit demi sedikit. Untai RNA ini tumbuh dari 5 ‘ke 3′ membentuk hibrida pendek dengan untai DNA, dan yang disebut elongasi. Pemanjangan ini berhenti dengan transkripsi urutan khusus yang disebut sinyal terminasi. Pada prokariota, ada dua jenis terminasi, faktor terminasi tergantung dan pemutusan intrinsik. Faktor terminasi tergantung kebutuhan faktor Rho, dan pemutusan intrinsik terjadi ketika template berisi urutan kaya GC pendek dekat ujung 3 ‘setelah beberapa basa Urasil.

Transkripsi pada Eukariota

Transkripsi dalam sel eukariot juga memiliki empat tahap yang sama seperti pada prokariota; yaitu pengikatan, inisiasi, elongasi dan terminasi. Namun, proses transkripsi lebih rumit dalam sel eukariotik. Dalam sel eukariotik, tiga jenis RNA polimerase terjadi untuk mengkatalisis sintesis untai RNA dari template DNA. Polimerase RNA ini dilambangkan sebagai I, II, III, dan berbeda dari lokasi dan jenis RNA yang mensintesis mereka. Polimerase ini kemudian mengikat promotor DNA dengan bantuan faktor transkripsi. Pembukaan heliks DNA menjadi untai tunggal, RNA polimerase mensintesis untai RNA.
Setelah RNA polimerase telah dibatasi dengan urutan promoter DNA mengakibatkan pembukaan heliks ganda DNA, inisiasi berlangsung. RNA polimerase mensintesis untai RNA bergerak di sepanjang untai heliks DNA yang terbuka. Untai RNA ini tumbuh dari 5 ‘ke 3′ membentuk hibrida pendek dengan untai DNA dan yang disebut elongasi. Pemanjangan ini berhenti dengan transkripsi urutan khusus yang disebut sinyal terminasi. Pemutusan dikendalikan oleh berbagai sinyal yang berbeda dengan enzim yang terlibat.
Perbedaan transkripsi Eukariotik dan Prokariotik
Perbedaan transkripsi Eukariotik dan Prokariotik

Apa perbedaan antara transkripsi di Eukariota dan Prokariota?

  1. Transkripsi dalam sel eukariotik jauh lebih rumit daripada di sel prokariotik.
  2. Dalam transkripsi prokariot, satu jenis RNA polimerase yang terlibat, sedangkan sel eukariotik memiliki tiga jenis RNA polimerase.
  3. transkripsi Eukariota membutuhkan paket tambahan protein yang disebut faktor transkripsi untuk mengikat RNA polimerase pada promotor, dan mereka bukan bagian dari RNA polimerase, sedangkan transkripsi prokariot membutuhkan faktor sigma untuk mengikat promotor.
  4. promotor eukariotik memiliki lebih banyak variasi daripada promotor prokariota.
  5. Penghentian transkripsi membutuhkan faktor Rho pada prokariota, sedangkan eukariota tidak perlu itu.
  6. Dalam prokariota, dua jenis transkripsi dapat terjadi; yaitu faktor terminasi tergantung dan pemutusan intrinsik, sedangkan transkripsi eukariotik dikendalikan oleh sinyal yang berbeda, yang berbeda dengan enzim yang terlibat.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/02/perbedaan-transkripsi-eukariotik-dan-prokariotik.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog