Fungsi Bagian Tubuh Manusia

Tubuh manusia adalah struktur seluruh organisme manusia dan bagian utamanya adalah: kepala, leher, badan dan tungkai. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda dan mengandung organ-organ. Apakah kita berjalan, berbicara, tidur, bermain atau duduk, tubuh kita terus bekerja keras untuk membuat kita tetap dalam kesehatan penuh. Hal ini penting untuk mengetahui tubuh kita untuk mengurus dan hidup sehat panjang.
Bagian-bagian tubuh manusia dan fungsinya
Bagian-bagian tubuh manusia dan fungsinya

Kepala

Kepala manusia adalah ekstremitas atas tubuh, dihubungkan dengan leher ke badan. Ini memiliki bentuk oval dan rumah bagi otak. Di bagian depan disebut wajah, kepala berisi empat indra: hidung, mata, telinga dan mulut. Mereka semua mengirim pesan sensasi ke otak: hidung mengirimkan bau, mata mengirim foto, telinga mengirim suara dan mulut mengirimkan selera.

Kulit yang menutupi seluruh tubuh manusia adalah organ indera kelima dan mengirim pesan taktil ke otak. Dengan bantuan dari kulit kita bisa merasakan. Hidung juga merupakan bagian dari sistem pernapasan yang mendapat udara di dalam tubuh.
kepala

Otak

Otak adalah organ yang paling penting dari tubuh kita. Ini adalah zat seperti jelly yang terletak di dalam kepala. Otak dilindungi oleh cairan dan tengkorak (bagian tulang kepala). Dengan bantuan dari otak kita dapat bertahan hidup (melalui proses otomatis seperti pernapasan), berpikir, cinta, membuat dan ingat. Otak terhubung ke seluruh tubuh melalui saraf, menyusun bersama sistem saraf dan membuat organ tubuh lainnya bertindak. Sebagai contoh: ketika kita melihat sebuah objek yang datang cepat ke arah kita, mata mengirim foto ke otak. Setelah informasi tersebut diproses, otak mengirimkan perintah melalui saraf ke otot-otot kita, membuat tubuh kita menghindar.
bagian-bagian otak manusia
bagian-bagian otak manusia. Dalam gambar ini, anggap Anda sedang melihat sisi kiri kepala. Ini adalah bagaimana otak akan muncul jika Anda bisa melihat di bawah tengkorak.

Leher

Leher adalah bagian tubuh yang menghubungkan kepala ke badan. Hal ini juga menopang kepala dan membantu bergerak ke atas dan bawah, kiri dan kanan. Fungsi penting lainnya dari leher melindungi saraf yang mengirimkan informasi sensorik dan motorik dari otak ke seluruh tubuh.
leher

Badan

Badan adalah bagian tubuh yang menghubungkan semua bagian lain dan tempat banyak organ penting seperti: jantung, paru-paru, lambung, hati, ginjal dan organ reproduksi. Jantung dianggap bagian motorik tubuh manusia. Berdetak terus-menerus dan memompa darah ke seluruh tubuh, mendistribusikan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Paru-paru membantu kita bernapas, sementara lambung memecah makanan dan menyerap zat.
badan

Anggota Badan

Seorang manusia memiliki empat anggota badan: dua tangan dan dua kaki. Lengan adalah tungkai atas, terhubung ke badan di sisi superior, satu di kiri dan satu di sebelah kanan. Lengan terdiri dari: bahu, siku, lengan, pergelangan tangan, telapak tangan dan jari. Dengan bantuan dari tangan kita kita dapat menangkap, menyimpan dan membawa benda-benda. Kaki yang terhubung ke badan di sisi bawah. Kaki terdiri dari: pinggul, paha, lutut, pergelangan kaki, kaki dan jari kaki. Dengan bantuan kaki kita bisa berjalan, berlari dan melompat. Kaki mempertahankan seluruh berat tubuh dan membawanya di mana perlu pergi.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/01/bagian-bagian-tubuh-manusia-dan-fungsinya.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog