Perbedaan Spora dan Serbuk Sari

Sel-sel spora dari induk diploid menimbulkan spora. Spora adalah struktur haploid. Mereka adalah penting untuk reproduksi serta untuk bertahan hidup dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Spora dilihat sebagai bagian dari siklus hidup banyak organisme termasuk tumbuhan, jamur, bakteri, ganggang dll tanaman, tergantung pada jenis spora, tanaman bisa homospora atau heterospora.
Jika tanaman hanya memiliki satu jenis spora, diketahui sebagai homospor. Jika tanaman memiliki dua jenis spora yang spora jantan dan betina, ini dikenal sebagai heterospor.

Perbedaan Spora dan Serbuk sari

Spora


Hampir semua tanaman memiliki benih yang heterospor. Mereka memiliki spora yang besar, yang disebut megaspora dalam megasporangium, dan spora kecil, yang disebut mikrospora pada mikrosporangium tersebut. Saat spora tumbuh mereka menjadi gametofit. Megaspora menjadi gametofit betina dan mikrospora menjadi gametofit jantan. Tidak seperti pada tanaman primitif, pada tanaman dengan benih, gametofit tidak pernah dilepaskan dari spora. Hal ini dapat dianggap sebagai kemajuan evolusi. Karena sifat ini gametofit baik terlidungi dari pengeringan. Tetapi sperma jantan yang dihasilkan dari gametofit jantan perlu mencapai sel telur betina. Hal ini dilakukan melalui penyebaran spora. Spora dapat disebarkan oleh angin, air, atau serangga.

Serbuk sari

Spora jantan disebut mikrospora. Mikrospora juga disebut serbuk sari. Dalam tanaman berbunga, mikrospora yang ditemukan di dalam kantung serbuk sari atau mikrosporangium. Mikrospora adalah struktur sangat kecil. Mereka hampir seperti partikel debu. Setiap mikrospora memiliki satu sel dan dua lapis.

Apa perbedaan antara Spora dan Serbuk sari?

  1. Spora adalah struktur reproduksi haploid dan yang dapat berupa spora besar betina, yang disebut megaspora, atau spora kecil jantan, yang disebut mikrospora (serbuk sari). Dengan kata lain, semua serbuk sari adalah spora, tetapi tidak semua spora serbuk sari.
  2. Serbuk sari yang dihasilkan dari sel-sel mikrospora ibu, namun spora betina diproduksi oleh sel-sel megaspora ibu.
  3. butir memiliki memiliki dua lapis luar extine dan intine dan spora betina tidak memiliki extine atau intine.
  4. Serbuk sari tersebar oleh berbagai mekanisme, tetapi spora betina dipertahankan dalam ovarium.
  5. Serbuk sari yang ditemukan di dalam kantung serbuk sari, dan spora betina ditemukan dalam ovula.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/03/perbedaan-spora-dan-serbuk-sari.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog