Pengertian Lengkap Polaris

Bagaimana menemukan Polaris?
Polaris terletak di rasi Ursa Minor, yang berisi sekelompok bintang yang membentuk "Little Dipper." Polaris adalah bintang di akhir pegangan Little Dipper. Seringkali, bagaimanapun, Little Dipper tidak sangat cerah dan dapat menantang untuk menemukan.
 
 
Polaris paling mudah untuk menemukan dengan menempatkan tujuh bintang Biduk di konstelasi Ursa Major, atau Big Bear.Bintang-bintang ini membentuk mangkuk kecil dengan gagang panjang. Ikuti bintang Biduk dari pegangan ke sisi mangkuk, ke bagian bawah mangkuk, dan sampai sisi lain, dua bintang yang membentuk sisi kedua, Dubhe dan Merak, arahkan ke Polaris. Ambil jarak antara Dubhe dan Merak, Polaris adalah bintang terang yang duduk sekitar lima kali jarak yang jauh.
Polaris sebenarnya adalah bagian dari biner (dua) sistem bintang. Dari bintang-bintang terdekat dengan Matahari kita, sekitar setengah diketahui dalam sistem beberapa (dua atau lebih bintang. Antara 5 dan 10 persen dari bintang-bintang dapat kita amati adalah "binari terlihat" - para sahabat bintang dapat diamati dengan teleskop. Sistem ini mengungkapkan banyak informasi. Karena interaksi mereka, para astronom dapat menentukan gaya tarik gravitasi yang diberikan oleh para sahabat dan menghitung massa bintang individu. Polaris sangat membantu untuk para astronom dengan cara lain, yang merupakan bintang variabel. 

Kenapa Polaris tetap dan tidak pernah berpindah?

Polaris sangat jauh dari Bumi, dan berada di posisi yang sangat dekat dengan Langit Bumi kutub utara. Bumi berputar sekali sehari pada porosnya, garis imajiner yang melewati bumi dari kutub utara ke kutub selatan nya. Jika garis imajiner - sumbu - diproyeksikan ke ruang di atas kutub utara, ini menunjuk ke langit utara bumi . Seperti Bumi berputar pada porosnya, hal itu juga "berputar"l angit kutub utara . Polaris, yang terletak hampir persis di langit sebelah utara , pusat spin, tetap di tempat yang sama, sementara bintang-bintang lebih jauh dari kutub utara langit dapat dilihat bergerak dalam lingkaran yang lebih luas sekitar Polaris seperti yang terlihat dari Bumi selama rotasi sehari-hari .
Polaris sebenarnya terletak tidak jauh dari tempat titik sumbu bumi. Polaris terletak sekitar 1 derajat ke sisi kutub langit utara, jadi Polaris tidak bergerak sedikit, melacak busur yang sangat kecil di langit malam, bintang-bintang sekitar yang terlihat lain membuat lingkaran yang lebih luas.

Langit malam di atas Hawaii
Ini gambar dari langit malam di atas Hawaii diambil dengan meninggalkan rana kamera terbuka untuk waktu yang lama.Gambar menangkap gerakan nyata dari bintang-bintang yang disebabkan oleh rotasi bumi pada porosnya. Polaris adalah bintang di pusat bintang lapangan, hal itu menunjukkan pada dasarnya tidak ada gerakan. Sumbu bumi poin hampir langsung ke Polaris, sehingga bintang ini diamati untuk menunjukkan gerakan sedikit. Bintang-bintang lain muncul untuk melacak gerakan busur karena putaran bumi pada porosnya.


Apakah Ada Bintang Selatan? Meskipun ada beberapa bintang-bintang jauh dekat dengan kutub langit selatan, tidak ada yang mudah diamati. Kutub selatan langit terletak pada konstelasi Octans, dan bintang-bintang terdekat dalam konstelasi yang sangat, sangat redup dengan mata telanjang manusia.

Mengapa Polaris Penting? Selama ribuan tahun, navigator telah menggunakan Polaris untuk membimbing mereka ke dan dari homeports mereka. Pelaut masih menggunakan Polaris untuk langit navigasi, dan astronom modern sering menggunakan Polaris untuk membantu mereka menyelaraskan teleskop mereka. Untuk setiap lokasi tertentu di Bumi melihat utara khatulistiwa, posisi Polaris 'tidak mengubah melalui malam hari atau tahun. Ini menandai bumi kutub utara langit.

Jika Anda berdiri di kutub utara Bumi, Polaris secara langsung di atas Anda. Jika Anda berdiri di khatulistiwa, Polaris di cakrawala.Jika Anda berada pada lokasi antara kutub utara dan khatulistiwa, Polaris menempati sebuah posisi perantara di atas cakrawala.Dengan kata lain, Polaris adalah penanda yang berguna untuk membantu Anda menentukan mana utara, dan pada apa yang lintang Anda berada. Posisi lintang Anda adalah sama dengan ketinggian di atas cakrawala. Di kutub utara (90 derajat lintang ) Polaris overhead pada ketinggian 90 derajat. Pada khatulistiwa (garis lintang nol derajat) Polaris pada ketinggian nol derajat. Hal yang sama berlaku untuk setiap lokasi di Bumi. Sebagai contoh, Cleveland, Ohio, adalah pada lintang dari sekitar 42 derajat utara khatulistiwa, Polaris dapat diamati pada ketinggian 42 derajat di atas cakrawala.

Polaris Akan Selalu Menjadi "Bintang Kutub?" Tidak Hari ini, sumbu bumi poin hanya agak jauh dari Polaris, Polaris terletak dekat dengan kutub utara langit dan dapat digunakan dalam konteks Namun, bergoyang sumbu bumi "Bintang Kutub.", Itu menunjuk ke tempat yang berbeda di langit. Goyangan ini kecil dan lambat, dengan siklus sekitar 23.000 tahun. Tiang bumi sebenarnya perlahan-lahan bergerak lebih dekat untuk menunjuk secara langsung di Polaris. Ini akan paling dekat dengan Polaris di sekitar 100 tahun dan kemudian akan mulai bergerak menjauh dari bintang. Sekitar 4500 tahun yang lalu, kutub utara surgawi terletak di konstelasi Draco. Perhitungan menunjukkan bahwa pada sekitar 10.000 tahun sumbu bumi akan mengarah ke Vega, dalam konstelasi Lyra.

Mengapa Kebanyakan Bintang dan Constellation Pindah? Bintang-bintang obyek yang jauh. Jarak mereka bervariasi, tetapi mereka semua sangat jauh. Tidak termasuk Matahari, bintang terdekat, Proxima Centauri, lebih dari 4 tahun cahaya, atau sekitar 23 triliun kilometer, jauh. Polaris dan pendamping sekitar 390 tahun cahaya jauhnya dari kami! Seperti Bumi berputar pada porosnya, kita, sebagai pengamat Bumi-terikat, berputar melewati ini latar belakang bintang-bintang jauh. Seperti Bumi berputar, bintang-bintang muncul untuk bergerak melintasi langit malam kita dari timur ke barat, untuk alasan yang sama bahwa Sun kami tampaknya "meningkat" di timur dan "set" di barat.
Bintang dekat dengan kutub langit, titik-titik imajiner di mana bumi utara dan selatan titik sumbu di ruang angkasa, memiliki lingkaran yang sangat kecil dari spin. Semakin jauh dari tiang surgawi, lebih luas lingkaran jejak bintang-bintang. Bintang yang membuat lingkaran penuh sekitar tiang langit, seperti yang di dippers Besar dan Kecil di belahan bumi utara, yang disebut "bintang sirkumpolar." Mereka melakukan perjalanan melintasi langit malam dan tidak ditetapkan. Pada khatulistiwa, bagaimanapun, tidak ada bintang sirkumpolar karena langit kutub terletak di cakrawala. Semua bintang yang diamati di khatulistiwa meningkat di timur dan terbenam di barat.

Mengapa Kita Lihat Constellation Berbeda Selama Tahun ini?
Jika diamati sepanjang tahun, pergeseran rasi bintang secara bertahap ke barat. Hal ini disebabkan oleh orbit Bumi mengelilingi Matahari. Di musim panas, malam pemirsa langit mencari di arah yang berbeda dalam ruang dari yang mereka lihat selama musim dingin.


artikel ini disalin lengkap dari: http://dhana-likeastar.blogspot.com/2011/10/about-polaris.html
halaman utama website: http://dhana-likeastar.blogspot.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog