Bagian Kulit dan Fungsinya Lengkap

Sebuah organ vital yang menutupi seluruh luar tubuh vertebrata. Ini membentuk penghalang pelindung terhadap patogen dan luka-luka dari lingkungan. Kulit adalah organ terbesar tubuh. Pada manusia, itu adalah sekitar 2 mm dan berat sekitar £ 6. Ini melindungi tubuh terhadap panas, cahaya, cedera, dan infeksi. Kulit juga membantu mengatur suhu tubuh, mengumpulkan informasi sensorik dari lingkungan, menyimpan air, lemak, dan vitamin D, dan berperan dalam sistem kekebalan tubuh melindungi kita dari penyakit.

Bagian-bagian kulit dan Fungsinya
Bagian-bagian kulit dan Fungsinya
Warna, ketebalan dan tekstur kulit bervariasi dari tubuh. Ada dua jenis umum kulit; tipis dan berbulu, yang lebih menonjol pada tubuh, dan tebal dan berbulu, yang ditemukan di bagian-bagian tubuh yang digunakan berat dan bertahan sejumlah besar gesekan, seperti telapak tangan atau telapak kaki.

Kulit vertebrata dapat menanggung berbagai struktur khusus, termasuk rambut, sisik, dan bulu. Kulit dan struktur terkait membentuk sistem organ yang disebut sistem yg menutupi.
Pada dasarnya, kulit terdiri dari dua lapisan yang menutupi lapisan lemak ketiga. Ketiga lapisan berbeda dalam fungsi, ketebalan, dan kekuatan. Lapisan luar disebut epidermis; itu adalah lapisan pelindung tangguh yang berisi melanosit memproduksi melanin. Lapisan kedua (terletak di bawah epidermis) disebut dermis; mengandung ujung saraf, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan folikel rambut. Di bawah dua lapisan kulit ini adalah lapisan lemak jaringan subkutan, yang dikenal sebagai subkutis atau hipodermis.

Kulit ari

Epidermis adalah lapisan atas kulit. Hal ini sebagian besar terbuat dari sel-sel datar yang dikenal sebagai sel skuamosa. Di bawah sel skuamosa di bagian terdalam dari epidermis adalah sel bulat yang disebut sel basal. Sel yang disebut melanosit membuat pigmen (warna) melanin yang ditemukan di kulit dan terletak di bagian bawah epidermis.

Dermis

Bagian-bagian kulit dan Fungsinya
Bagian-bagian kulit dan Fungsinya
Dermis terletak di bawah epidermis. Ini berisi pembuluh darah, pembuluh limfatik, dan kelenjar. Beberapa kelenjar ini membuat keringat, yang membantu mendinginkan tubuh. Kelenjar lain membuat sebum. Sebum adalah zat berminyak yang membantu menjaga kulit dari kekeringan. Keringat dan sebum mencapai permukaan kulit melalui lubang kecil yang disebut pori-pori.

Sel-sel khusus dan struktur kulit

Sel keranjang mengelilingi dasar folikel rambut dan dapat merasakan tekanan.
Pembuluh darah membawa nutrisi dan darah yang kaya oksigen ke sel-sel yang membentuk lapisan kulit dan membawa pergi produk limbah.
Otot arrector pili adalah otot kecil yang terhubung ke setiap folikel rambut dan kulit. Ketika kontrak itu menyebabkan rambut berdiri tegak, dan “merinding” bentuk pada kulit.
Folikel rambut adalah selubung berbentuk tabung yang mengelilingi bagian rambut yang berada di bawah kulit dan memelihara rambut. Hal ini terletak di epidermis dan dermis.
Batang rambut adalah bagian rambut yang berada di atas kulit.
Sel Langerhans menempel antigen yang menyerang kulit yang rusak dan waspada sistem kekebalan tubuh untuk kehadiran mereka.
Sebuah melanosit adalah sel yang memproduksi melanin, dan terletak di lapisan basal epidermis.
Sel Merkel adalah sel taktil dari neuroectodermal asal terletak di lapisan basal epidermis.
Sebuah sel darah pacinian adalah reseptor saraf yang terletak di jaringan lemak subkutan yang merespon tekanan dan getaran.
Kelenjar sebaceous kecil, kelenjar berbentuk karung yang melepaskan zat berminyak ke folikel rambut yang melapisi dan melindungi batang rambut dari menjadi rapuh. Kelenjar ini terletak di dermis.
Epidermis dipersarafi dengan saraf-saraf. Saraf ini merasakan dan mengirimkan panas, nyeri, dan sensasi berbahaya lainnya. Ketika mereka tidak berfungsi dengan baik sensasi seperti mati rasa, pin-dan-jarum, nyeri, kesemutan, atau pembakaran dapat dirasakan.
Para stratum korneum adalah lapisan terluar dari epidermis, dan terdiri dari sel-sel kulit mati. Ini melindungi sel-sel hidup di bawahnya dengan memberikan penghalang yang sulit antara lingkungan dan lapisan bawah kulit.
Kelenjar keringat (kelenjar sudoriferous) yang terletak di epidermis dan menghasilkan kelembaban (keringat) yang dikeluarkan melalui saluran kecil ke permukaan kulit (stratum korneum). Ketika keringat menguap, suhu kulit diturunkan.

Fungsi kulit

Kulit memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari cedera mekanik, kehilangan air, dan masuknya agen berbahaya, seperti bakteri penyebab penyakit. Ini juga merupakan alat indera, yang mengandung reseptor yang sensitif terhadap rasa sakit, suhu, dan tekanan. Pada hewan berdarah panas itu membantu mengatur suhu tubuh dengan cara rambut, bulu, atau bulu, dan kelenjar keringat.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kliksma.com/2015/04/bagian-bagian-kulit-dan-fungsinya.html
halaman utama website: http://kliksma.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog