Suara yang dihasilkan Bintang

Bertahun tahun manusia hanya mengetahui bila suara tidak akan terdengar di ruang hampa. Bagaimana dengan bintang, apakah bersuara. Berbeda dengan cahaya, suara memerlukan medium untuk melintas. Misalnya suara seseorang berbicara akan terdengar karena adanya media udara. Sedangkan cahaya dapat melintas tanpa medium yang membantu sehingga bisa melintas di ruang hampa.

Bintang apakah berbunyi

Nasa mengatakan suara bintang mungkin tidak bisa terdengar di ruang hampa. Tapi denyut gelombang elektromagnetik bisa terdengar. Ketika Voyager 1 keluar melintas batas antar bintang, atau berada di tepian tata surya. Peralatan Voyager 1 menangkap suara dari gelombang plasma. Suara tersebut bukan berasal dari gelombang elektromagnetik matahari, tapi suara dari sisi lain.
Dengan suara plasma tersebut, ilmuwan bisa menyimpulkan bila di tepi tata surya yang sangat jauh berbeda. Disana sepeti di bombardir oleh radiasi atau hujan kosmik. Bahkan ilmuwan mengatakan mendengar suara tersebut seperti musik. Demikian juga sebuah lubang hitam akan menghasilkan suara.

Ilmuwan mengatakan penemuan pertama suara bintang. Hanya frekuensinya mencapai 1 triliun Hz. Suaranya mungkin tidak bisa dinikmati manusia karena manusia rata rata hanya mampu mendengar 20hz sampai 20.000Hz.

Penelitian oleh Dr Pasley yang bekerja untuk badan penelitian Tata dari Mumbai. Suara dari bintang sepertinya mirip seperti pengujian di laboratorium. Bisa disebut bintang juga berbunyi , tapi suaranya tidak keluar karena berada di ruang vakum. Jadi kita tidak bisa mendengar. Untuk melakukan test tersebut, Dr Pasley menembakan laser dengan intensitas sangat tinggi pada target kecil berbentuk plasma. Laser ditembakan dengan kecepatan 1/triliun detik. Dari efek tersebut dapat disimpulkan bintang memiliki suara mendekati 1 triliun Hz.

Suara di alam semesta bisa saja penting untuk menentukan batas seperti suara yang diterima oleh pesawat ruang angkasa Voyager 1. Beruntung alam semesta dibuat dimana bintang tidak mengambang di dalam ruangan berisi udara. Bila bintang memiliki medium udara, entah sebesar apa suara yang akan dihasilkan.

artikel ini disalin lengkap dari: http://obengplus.com/articles/5703/1/Suara-bintang-apakah-berbunyi.html#.Vff81fnqROn
halaman utama website: http://obengplus.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog