Pengertian Lengkap Bintang Neutron


Sebuah bintang neutron adalah bekas sebuah bintang yang mati. Bintang neutron tidak memiliki cahaya lagi setelah habis gas terbakar dan meledak. Tapi apakah bintang ini benar benar mati menjadi sebuah planet kembali. Atau berubah menjadi sebuah benda yang berbeda di ruang angkasa.

Bintang neutron di dominasi 2 tekanan yang seimbang. Antara gravitasinya sendiri dan tekanan radiasi di inti. Bentuknya sangat berbeda dibanding planet, yang memiliki bola raksasa sebagai inti besi, dan di bagian luar adalah bebatuan.

Bintang ketika hidup, berisikan hidrogen yang melakukan fusi ke helium. Bila ukuran bintang sangat besar, setelah hidrogen habis, sisa helium menjadi fusi komponen karbon. Lapisan bintang neutron seperti lapisan bawah bentuknya berlapis lapis, dan atom sangat berat membentuk inti bintang neutron



Carbon memfusikan kedalam neon. Dimana terjadi kebocoran menjadi oksigen atau silikon. Reaksi fusi ini juga membuat fusi ke bagian bahan besi. Ketika fusi nuklir disana berhenti, tekanan radiasi turun tajam. Akhirnya bahan di dalam bintang mulai tidak seimbang.

Bila masa bintang mencapai besar 1.4x dari ukuran matahari. Yang terjadi adalah keruntuhan, dan dilapisan paling luar akan mencapai kecepatan sampai 70 ribu km perjam. Dan berakhir sebuah bintang meledak, itulah akhir dari hidup sebuah bintang.

Setelah itu terjadi proses ledakan dimulai pembentukan bintang neutron. Bagaimana dengan sisa inti bintang disana, semua akan berubah menjadi sangat padat. Seukuran 1 cm kubik setara dengan berat besi sepanjang 700 meter. Gravitasi di bintang neutron sangat kuat, walau belum mencapai kekuatan Black Hole. Bila kita menjatuhkan benda di ketinggian 1 meter diatas permukaan bintang neutron. Benda akan jatuh dengan kecepatan sangat cepat atau benda akan lansung menyentuh permukaan dalam waktu 1 mikro detik

Bagaimana dengan permukaan bintang neutron. Permukaan disana sangat rata, benar benar seperti bola besi. Sisa atmosfer atau sisa gas hanya plasma yang tipis. Begitu panas permukaan bintang neutron, mencapai 999.800 derajat celcius. Bandingkan dengan panas di matahari hanya mencapai 5000 derajat celcius.

Mengapa begitu panas, karena bintang ini menjadi besi dan di dominasi dengan bahan besi. Intinya belum bisa diperkirakan. Diperkirakan seperti Quark plasma. Perubahan benda seperti ini hanya terjadi dalam kondisi lingkungan luar biasa ekstrim. Bila diperumpamakan sebuah bintang neutron adalah atom raksasa. Bedanya dengan atom kecil terkait dengan gaya tariknya sendiri. Di bintang neutron, yang terjadi karena gravitasi sangat kuat.



Hal aneh dari bintang neutron adalah putarannya yang amat sangat cepat. Bintang neutron muda dapat berputar beberapa kali setiap detik. Bila mendapatkan gas dari planet di sebelahnya, seperti memakan gas dari benda disekitar bintang neutron. Kecepatan bintang neutron akan semakin cepat dan naik menjadi beberapa ratus dan ribuan kali perdetik.



Contoh sebuah objek PSRJ1748-2446AD memiliki putaran 252 juta km perjam ditemukan tahun 2004. Benda tersebut adalah bintang neutron yang mengeluarkan radio menjadi bintang pulsar. Dahulunya memiliki ukuran seperti 2x dari matahari kita. Dengan putaran begitu cepat, bintang PSRJ1748-2446AD megeluarkan frekuensi 716hz. Menjadi bintang pulsar paling cepat yang ditemukan manusia, letaknya 28 ribu cahaya dari bumi.

Tunggu angkanya 252 juta km perjam. Artinya bintang ini memiliki putaran hampir 1/4 kecepatan cahaya. Bagaimana dengan bentuknya, kemungkinan tidak utuh bulat tapi sedikit gepeng.



Bagaimana dengan medan magnit dari bintang neutron, kemungkinan mencapai triliunan kali dari magnetik di bumi.



Walau bintang neutron mejadi benda paling ekstrim, bintang ini menjadi bintang paling menarik di alam semesta. Mungkin suatu hari manusia bisa mempelajari lebih lanjut tentang bintang neutron, dan dapat mengambil gambar lebih jelas. Tentu saja tidak boleh terlalu dekat, atau akan tertarik oleh gravitasi bintang ini.

Beberapa literatur tentang bintan neutron

Dari wikipedia perkiraan inti bintang neutron. Bentukna tidak besar, kecil saja tapi kekuatan gravitasi yang sangat luar biasa.



Gambar artis dari bintang  PSR B1257+12. Terletak di konstelasi Virgo. Bintang ini mengeluarkan sinyal pulsar dengan putran sekitar 9.650 per menit.



Bintang pulsar PSR B1509-58. Jaraknya sekitar 17 ribu tahun cahaya. Berada di konstelasi Circinus dan diabadikan dengan teleskop Einstin X-Ray pada tahun 1982. Umurnya diperkirana 1.700 tahun dan berada di sekitar nebula yang memiliki rentang 150 tahun cahaya. Bintang ini berputar dengan kecepatan 7 kali perdetik.



Bintang neutron PSR J0348+0432. Yang ini diperkirakan 1 bintang kembar. Tapi bintang neutron berada di bagian tengah dengan ukuran kecil. Ukuran bukan hal penting dari bintang neutron, tapi kekuatan masa yang sangat besar di dalamnya membuat gravitasi dengan bintang di sebelahnya dapat seimbang.



Seperti itulah keanehan di alam semesta. Bintang bercahaya, suatu hari akan kehabiasan bahann bakar dan meledak. Berubah menjadi White Drawf atau bintang kerdil. Tapi kecil cabe rawit, pedasnya adalah kekuatan gravitasi.

artikel ini disalin lengkap dari: http://obengplus.com/articles/4866/1/Bintang-Neutron-benda-apakah-ini.html#.Vff_5_nqROn
halaman utama website: http://obengplus.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog