Mengukur Kecepatan Lubang Hitam

Akhirnya pertanyaan yang satu ini bisa dijawab. Seberapa cepat black hole atau lubang hitam berputar. Black Hole adalah benda yang menjadi misteri di kalangan astronom dan ilmuwan lain.  Ukurannya sangat besar sekali, berada di tengah galaksi, cahaya tidak akan keluar karena tertarik gravitasi. Karena bentuknya yang besar dan nyaris tidak terlihat, akan sulit menentukan apakah black hole sebenarnya berputar dan seberapa cepat.

Bumi berputar 24 jam sehari, dari satu titik ke titik lain menjadi pagi, siang, malam dan kembali pagi.
Matahari berputar 24,47 hari satu putaran berdasarkan spot. Perhitungan lain lebih antara 27 hari berdasarkan sudut sumbu matahari.
Tata surya kita mengitari inti galaksi  setiap 200-250 juta tahun sekali.
Bagaimana dengan Black Hole, apakah berputar juga, dan berapa cepat benda ini berputar.

Bagaimana bisa menghitung kecepatan putaran Black Hole, cahayanya dari benda ini nyaris tidak kelihatan. Bentuknya diperkirakan gelap dan hitam. Dr Mark Morris dari astronomi UCLA telah mengabdikan sebagian waktunya untuk penelitian si lubang hitam. Mark mengatakan ada area yang disebut Ergosphere antara batas cakrawala dan batas diluar black hole. Bagian tersebut sering terlihat kejadian aneh di black hole. Itu loh bagian yang dekat titik tengah hitam, tapi agak keluar sedikit disebut Ergosphere.



Bentuk Ergosphere terkait dengan kecepatan putaran inti Black Hole. Semakin cepat putarannya, bentuk Ergosphere akan semakin mendatar



Mark menyebutkan inti galaksi berputar sampai batas tertentu. Bila putaran di black hole sangat cepat, bagian ergosphere akan lebih mendatar, itu saja. Ilmuwan mengukur kecepatan putaran Black Hole melalui penyebaran radiasi X-Ray dalam warna berbeda.



Intinya, putaran di lubang hitam di tengah galaksi ada batasnya. Jadi tidak berputar sampai tanpa batas kecepatan. Salah satu yang diteliti dari jantung galaksi NGC 1365, putaran lubang hitam disana mencapai 84% dari kecepatan cahaya. Dan batas tersebut sudah mencapai ambang batas kecepatan kosmik, tidak akan berputar lebih cepat lagi.

Tapi ukuran black hole yang besar akan membentuk putaran sangat cepat. Contoh inti galaksi Milky Way memiliki putaran 1.150 x perdetik (berdasarkan teori). Yang memplublikasikan berita diatas sampai menyebutkan. Penemuan di dunia astronomi terkadang membuat gila pembacanya. Walau astronomi menceritakan apa adanya. Bayangkan saja sebuah benda sangat besar mampu berputar mendekati kecepatan cahaya.

artikel ini disalin lengkap dari: http://obengplus.com/articles/3758/1/Berapa-kecepatan-putaran-Black-Hole-di-tengah-galaksi.html#.VfgIFfnqROk
halaman utama website: http://obengplus.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog